KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalHumas Indonesia Butuh Dewan Kehumasan oleh : Rohmah Sugiarti
10-Des-2017, 23:29 WIB


 
 
KabarIndonesia – Profesi Hubungan Masyarakat (Humas) atau Public Relations (PR) di Indonesia butuh sebuah lembaga independen yang bertugas membina pertumbuhan dan perkembangan kehumasan nasional. Kebutuhan ini semakin relevan dan mendesak dengan dibukanya keran Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang membuka akses
selengkapnya....


 


 
BERITA PROFIL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Jatuh Cinta Kepada Telaga 26 Nov 2017 11:31 WIB

Dunia Imitasi 23 Nov 2017 15:40 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Profil Redaktur Pelaksana HOKI 2017

 
PROFIL

Profil Redaktur Pelaksana HOKI 2017
Oleh : Redaksi-kabarindonesia | 04-Okt-2017, 03:56:48 WIB

KabarIndonesia - Pada 1 Oktober 2017, Yayasan Peduli Indonesia telah mengeluarkan surat pengangkatan kepada Bapak Melani Butarbutar sebagai Redaktur Pelaksana Harian Online KabarIndonesia (HOKI) 2017 yang baru menggantikan Sdr. Wahyu Ari Wicaksono yang tak lama lagi akan segera diangkat sebagai Pimpinan Redaksi.



Bapak Melani adalah anak pertama dari delapan orang laki-laki bersaudara, berasal dari keluarga sederhana. Ayahnya almarhum St. Enos Waldemar Butarbutar bekerja sebagai petani penggarap dan tukang jahit pakaian. Almarhum ibunya, Tiur Herdina br. Siahaan semasa hidupnya tinggal di desa Raja Maligas I, Kecamatan Hutabayu, Kabupaten Simalungun.  Hal yang tidak terlupakan dari kehidupan bersama orangtuanya adalah beliau terlahir tanpa saudara perempuan dan adiknya si bungsu lahir setelah ayahnya meninggal.



Ayahnya meninggal dunia di tahun 1980, saat Pak Melani baru masuk menjadi CPNS. Ibunya menjadi seorang single parent yang mencari nafkah untuk kebutuhan hidup bersama adik-adiknya yang masih bayi dan yang bersekolah di kota.  Puji Tuhan, dengan kekuatan dan ridha-Nya, beliau dan semua saudaranya dapat menyandang gelar sarjana. Ibunya meninggal dunia Agustus 2016, saat beliau akan mengikuti self-assessment dan fit propert test.



Dengan nama baptis Danny Melani Michler Hotpantolo Butarbutar, beliau lahir di Raja Maligas I, Simalungun pada bulan September tahun 1957. Pafa tahun 2017 ini purna bakti sebagai Aparatur Sipil Negara pada batas usia maksimum 60 tahun dengan masa kerja 40 tahun dan dengan pangkat (pensiun) Pembina Utama Madya (IV/d). Terakhir kalinya beliau bertugas sebagai Staf Ahli Bupati Samosir, sekaligus sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Samosir (November 2014-Januari 2017).



Awal bekerja sebagai CPNS tahun 1976 di kantor Camat Simanindo Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, dengan pangkat/golongan Juru Muda Tingkat I (I/b). Tahun 1991 beliau memperoleh pendidikan sarjana sebagai tugas belajar di USU Medan. Lalu beliau pindah bertugas di Tarutung hingga tahun 2006. Pada tahun 2007 beliau pindah tugas ke Pemkab Samosir hingga purna bakti.  Sebelumnya Pak Melani pernah mendapatkan kesempatan untuk tugas belajar di APDN Medan dan lulus tahun 1984. Lalu beliau melanjutkan pendidikan Sarjana dari Fisipol USU tahun 1990 dan Pasca Sarjana (MM) dari USU Medan tahun 2005.



Dari pernikahannya dengan Rusmida Sidabutar, pada bulan Juli 1980 mereka telah dikaruniai tiga orang putra dan dua orang putri.  Anak pertama telah menikah dan anak kedua telah menghadap sang Khalik tahun 2015. Kelima putra/putrinya telah lulus sarjana dan bekerja. Sedangkan anak pertama telah menikah dan mempunyai seorang putri, yang sekaligus menjadi cucu pertamanya.



Beberapa pengalaman beliau setelah pindah dari Samosir tahun 1991 dan bekerja di Kantor Bupati Tapanuli Utara di Tarutung adalah sebagai Kepala Bagian hingga jabatan Asisten Sekda tahun 2005-2006. Kemudian beliau pindah ke Samosir tahun 2007, menduduki jabatan sebagai Asisten Pemerintahan, Plt. Kepala Dinas Pendapatan/Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya, Staf Ahli Bupati dan terakhir Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Samosir.



Dengan kesadaran bahwa PNS adalah pelayan masyarakat, maka sejak awal menjadi pegawai negeri beliau berusaha melayani dan memberi yang terbaik, belajar dan belajar. Dengan motto bahwa persahabatan jangan pernah diukur dengan materi, maka beliau berusaha membangun komunikasi dan kebersamaan dengan para rekan staf dan masyarakat. Menurutnya jabatan itu adalah amanah dan tugas kewajiban sehingga tidak perlu terlalu dikejar dan dianggap sebagai kekuasaan.



Hubungan kerja dan pribadi untuk kalangan media maupun lembaga masyarakat juga selalu dibinanya dengan baik. Menurutnya, untuk menjadi seorang wartawan harus memahami diri sebagai seorang mediator dan komunikator yang baik, tulislah apa yang diketahui dan dipikirkan, belajarlah atas apa yang dialami dan rasakan, dan tetaplah bertindak sesuai  aturan, etika dan nilai-nilai budaya masyarakat.



Pemahamannya sebagai penulis sesungguhnya sudah dimulai sejak SMP yang lebih diperkuat lagi setelah menjadi mahasiswa. Beliau melengkapi dirinya dengan hobi membaca.  Saat duduk sebagai Kepala Bagian Humas dan Protokol di kantor Bupati Tapanuli Utara, Tarutung, beliau belajar memahami jurnalistik dari membaca koran, membaca artikel hingga meyusun berita rilis dari lembaga resmi.



Dengan status selaku public relation (humas) dan pejabat protokoler, beliau mengimplementasikan melalui tugas mengatur jalannya tata-upacara, sebagai pembawa acara, menulis pidato–arahan-sambutan Bupati selama 10 tahun, juga menerbitkan sebuah majalah internal Tapanuli Utara Membangun. Saat itu majalah tersebut menjadi satu-satunya majalah yang diterbitkan oleh kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara.



Pada tahun 2008 beliau bergabung dengan HOKI sebagai pewarta warga ketika menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata sebagai buah kesadaran atas tugas bahwa peningkatan pengembangan kepariwisataan di Samosir tidak terlepas dari berita dan promosi. Tahun itu juga beliau membuat sebuah blog dengan judul  www.scalatoba.blogspot.com (scala= Samosir culture and lake toba) yang masih aktif hingga saat ini.



Pada tahun 2015 beliau bergabung sebagai salah satu tim redaktur HOKI. Dalam menjalankan tugas sebagai pewarta warga dan tim redaktur HOKI, beliau membangun komunikasi dengan berbagai komunitas masyarakat, lembaga pendidikan dan mempromosikan HOKI ke rekan-rekannya yang masih bertugas di pemerintahan (bagian humas, kominfo). Beliau juga membangun hubungan melalui media sosial seperti facebook, whatsapp, atau media online lain. Hubungan komunikasi tersebut dirancang dengan sikap hati-hati, jangan sampai melanggar aturan, etika-moral-budaya yang berlaku.



Pasca purna bakti sebagai PNS, beliau menjadi koordinator divisi sosialisasi-edukasi  Geopark Kaldera Toba di geoarea Samosir, nara sumber pada pertemuan/rapat, bergabung di komunitas tokoh masyarakat, komunitas tata-kelola destinasi pariwisata, komunitas lembaga gereja/lembaga keagamaan, dan pembina di sekolah swasta milik Gereja di kawasan tempat tinggalnya.



Saat ini beliau tinggal bersama istri di kawasan wisata danau toba, yaitu desa Ambarita, Kecamatan Simanindo. Di sanalah beliau menjalankan tugasnya sebagai pewarta dan tim redaktur HOKI. Selama hampir sepuluh tahun bergabung dengan HOKI, beliau pernah terpilih sebagai Top Reporter sebanyak dua kali, yaitu di bulan Mei 2013 dan Mei 2017. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kemeriahan Konser Akhir Tahun JOOX Festival Hura Ceria 2017oleh : Rohmah Sugiarti
10-Des-2017, 23:02 WIB


 
  Kemeriahan Konser Akhir Tahun JOOX Festival Hura Ceria 2017 Kota Bandung sempat diguyur hujan deras sejak siang, rupanya animo kaum muda dan pecinta musik tidak ikut surut sesudah hujan. Sesuai jadwal, tepat pukul 16.00, panggung “JOOX Live Festival Hura Ceria”, yang diadakan pada Sabtu, 9 Desember 2017 di Lapangan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Mengenang Hari Juang Kartika 13 Des 2017 11:39 WIB

 

 

 

 

 

 
Hasapi dan Sarune Batak 05 Des 2017 02:46 WIB

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia