KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Top ReporterTop Reporter HOKI Juni 2017: Menulis Untuk Kebaikan Indonesia oleh : Redaksi HOKI
21-Jun-2017, 07:52 WIB


 
 
KabarIndonesia - Terlahir pada sebuah kota kecil di lereng kaki Gunung Slamet yang tenang, tenteram dan damai, di Kecamatan Bumiayu, Brebes Jawa Tengah, tidak membuat sosok Rohmah Sugiarti menjadi pribadi yang anteng, kalem dan cepat merasa puas. Digerakkan
selengkapnya....


 


 
BERITA PROFIL LAINNYA





 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Rahwana 15 Jun 2017 17:52 WIB

Luka Hati yang Tak Bertuan 08 Jun 2017 10:30 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Hikmah Nurida, Pustakawan yang Suka Menulis dan Aktif Bersukarelawan

 
PROFIL

Hikmah Nurida, Pustakawan yang Suka Menulis dan Aktif Bersukarelawan
Oleh : Redaksi-kabarindonesia | 14-Feb-2017, 09:34:50 WIB

KabarIndonesia - Hikmah Nurida adalah pemenang I Lomba Tulis HOKI 2016 bertema Aku Ingin Menjadi Penulis Cerita Anak-Anak. Ia berprofesi sebagai seorang pustakawan di layanan Koleksi Umum Perpustakaan Nasional RI yang membuat perempuan murah senyum ini banyak bergelut dengan dunia perbukuan dan pelayanan kepada masyarakat.  Ima, begitu panggilannya sehari-hari. Ia memiliki hobi membaca dan menulis. Kegemaran itu semakin menjadi karena di tempat pekerjaannya memiliki dan menyimpan berbagai koleksi buku yang banyak memberinya inspirasi. Pribadinya yang hangat, santun, ramah dan sangat penolong dalam melayani kebutuhan informasi pemustaka (pengunjung), membuatnya sering mendapat apresiasi positif berupa pujian. Hal itu menjadi kebahagiaan tersendiri baginya karena dapat memberi kontribusi bagi kepuasan pemustaka (pengunjung) terhadap layanan Perpustakaan Nasional RI.

Ibu dari seorang gadis cantik bernama Qonita Hadaya ini mempergunakan waktu libur dan luangnya aktif di dunia kerelawanan, suatu pekerjaan mulia yang biasanya diperankan oleh orang-orang yang kompeten dan kualitas tinggi. Ia menjadi pekerja sosial tanpa pamrih yang siap melayani masyarakat bila dibutuhkan. Banyak hal yang dilakukannya seperti mendongeng, kampanye literasi, membantu saat terjadi bencana alam, membantu membangun taman bacaan atau perpustakaan anak, mengumpulkan buku-buku dari donatur untuk disebarluaskan ke seluruh taman bacaan dan perpustakaan di Indonesia, dan sebagainya. Ia merupakan anggota Indorelawan dan membantu di beberapa kegiatan organisasi sosial/organisasi nirlaba seperti komunitas 1001Buku, Yayasan Taman Baca Inovator dalam kegiatan pelabelan buku, yayasan GNOTA dalam kegiatan sumbangan buku, dan lain-lainnya. Memang aktifitas kerelawanannya lebih banyak berhubungan dengan dunia perpustakaan, taman bacaan, dan perbukuan, khususnya terkait dengan dunia anak.   

Selama bekerja di Perpusnas RI dan menjadi relawan, ia menemukan kenyataan bahwa kondisi minat baca masyarakat memang memprihatinkan. Hal ini terjadi antara lain karena mahalnya harga buku. Sedangkan khusus pada anak-anak terjadi karena kurangnya ketersediaan akses atas bacaan anak dan sangat jarang penulis yang produktif menerbitkan buku bermutu khusus untuk pembaca anak-anak. Mungkin hal ini karena alasan komersial atau bisnis. Hal inilah yang membuatnya sangat prihatin dan berharap suatu saat bisa menjadi penulis bacaan anak khususnya cerita anak-anak.

 

Hobi menulis disalurkannya dengan bergabung menjadi penulis di Harian Online KabarIndonesia (HOKI) sedangkan kegiatan tulis-menulis telah dilakukannya sejak SD. Tulisan-tulisannya telah dimuat di beberapa majalah dan Koran, yaitu: majalah BoBo, majalah Ummi, koran Serantau Riau, majalah kreasi 39, dan Harian Online Kabar Indonesia (HOKI). 

 

Ia juga gemar mengikuti lomba-lomba. Itu adalah bagian dari pribadinya yang aktif dan kreatif, mulai dari lomba menyanyi, menari, membaca Quran, menulis puisi, membaca puisi, pidato  dan sebagainya. Beberapa lomba telah mengantarnya menjadi juara, seperti juara I penulisan tentang RA Kartini (SD), juara  I MTQ (SLTP), juara I  pencak silat (SLTP), juara I penulisan pidato agama Islam (SLTA), 10 penulis terbaik puisi untuk kemerdekaan Namibia (SLTA-Nasional) dan yang terbaru adalah juara I lomba tulis Harian Online Kabar Indonesia (HOKI) 2016 bertema Aku ingin menjadi penulis cerita anak-anak  dengan judul: Buku cerita anak, dunia anak yang dirindukan.  

 

Mengapa si penyuka pantai dan warna biru ini begitu antusias mengikuti lomba tulis HOKI?  Jawabannya, karena ia merindukan terbitnya buku cerita anak-anak yang bermutu sebanyak terbitnya buku orang dewasa, kesadarannya yang tinggi betapa buku cerita anak dibutuhkan untuk pemenuhan kebutuhan informasi anak, serta harapan yang besar untuk bisa menjadi penulis cerita anak-anak bermutu. Yang lebih utama adalah salah satu hadiah untuk Juara I Lomba Tulis HOKI 2016 adalah mendapatkan beasiswa pelatihan menulis untuk kelas menulis cerita anak-anak. Itulah yang ia sangat inginkan.

 

Pustakawan dan relawan yang pernah menjadi juara I Idol Perpusnas RI  tahun 2012 ini berharap selepas mengikuti pelatihan menulis online di www.pelatihanmenulis.com yang pendaftaran untuk umum berakhir pada 15 Februari 2017 tersebut, ia dapat berkarya menulis cerita anak-anak dan menerbitkannya sehingga memperkaya khasanah perbukuan anak di Indonesia. (*)


 

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
1.752 Mekanik Andal Untuk Mudik Aman dan Nyamanoleh : Rohmah Sugiarti
22-Jun-2017, 14:18 WIB


 
  1.752 Mekanik Andal Untuk Mudik Aman dan Nyaman Presdir PT Astra International Tbk, Prijono Sugiarto (tengah), memakaikan helm kepada mekanik Astra yang bertugas dalam Astra Holiday Campaign (AHC) 2017 didampingi Direktur Independen PT Astra International Tbk Paulus Bambang Widjanarko (kiri), Direktur PT Astra International Tbk Johannes Loman (ketiga
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Tentang Cinta 15 Jun 2017 18:49 WIB

Peran Teritorial dan Babinsa TNI 13 Jun 2017 12:37 WIB

 

 

 

 

 

 

 
Ramadhan 15 Jun 2017 05:55 WIB

 

 

 
Hari Media Social 2017 11 Jun 2017 04:40 WIB


 

 
  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia