KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalRektor Universitas Pendidikan Indonesia Tutup Usia oleh : Barnabas Subagio
23-Apr-2017, 20:52 WIB


 
 
KabarIndonesia - Bandung, Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Furqon, MA. Ph.D., menghembuskan nafas terakhirnya pada Sabtu (22/4/2017) pukul 10:25 WIB di Rumah Sakit Advent, Jl. Cihampelas No.161, Cipaganti, Coblong, Kota Bandung.
Menurut informasi yang dihimpun pewarta KabarIndonesia, awalnya beliau sedang
selengkapnya....


 


 
BERITA PROFIL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Dalam Diam... 12 Apr 2017 17:58 WIB

Jiwa-jiwa Penantang Zaman 04 Apr 2017 23:08 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
Ajak Warga Jakarta Bersatu 10 Apr 2017 22:11 WIB


 

 

Dekati Pers Demi Nabire

 
PROFIL

Dekati Pers Demi Nabire
Oleh : Frans Ign Bobii | 21-Des-2008, 04:47:23 WIB

KabarIndonesia - Bupati Nabire, Drs. Anselmus Petrus Youw, punya cara jitu untuk memperkenalkan daerah pemerintahan yang dipimpinnya ke dunia luas. Yaitu mendekati insan pers. 

Untuk itu, setiap hasil kerjanya selalu diinformasikan kepada pers. Seringkali dia mengundang wartawan untuk memperkenalkan berbagai program dalam upayanya untuk merubah ketertinggalan yang menimpa masyarakat Kabupaten Nabire.

Penjabarannya tentang visi dan misi gerakan pembangunan Nabire yang sering disingkat menjadi “Gerbang Nun Biru” pun sering menghiasi pemberitaan media cetak maupun elektronik sehari-hari. 

Tak jarang bahan berita yang berasal darinya kerap kali menjadi berita topik utama media massa. Tampaknya A.P Youw telah menjadikan para wartawan yang bekerja di daerah ini sebagai mitra.

Dalam hal pembangunan di Kabupaten Nabire, dia menempatkan wartawan di barisan terdepan. Pernah dia membatalkan beberapa agenda kegiatan karena wartawan tidak hadir dalam acara peresmian beberapa sarana pembangunan. Ini karena pers telah menjadi sarana/ medianya untuk mempromosikan hasil pembangunan, baik aspek pembangunan infrastruktur, pembangunan fisik, aspek pendidikan, kesehatan, aspek ekonomi, dan iman taqwa.  

Sejalan dengan pakar komunikasi Papua, Drs. Taufan Pamungkas, menurut A.P Youw, Pemerintah  tidak berarti  jika hasil  pembangunan tidak dieksepose atau tidak dipublikasikan ke permukaan melalui media. "Peranan media sangat besar. Media memiliki kekuatan untuk mempengaruhi opini publik.  Psikologis media akan memberikan kontribusi pemahaman dan pengertian serta pemberitahuansuatu hal yang baru," ujarnya.

Sejak pers mulai marak hadir di Kabupaten Nabire, pada tahun 1995 silam, hubungan mesra antara wartawan dan pejabat pemerintahan setempat agaknya baru terjadi di masa kepemimpinan Bupati A.P Youw ini.

Sebelumnya, di masa Orde Baru, sebut contoh ketika bupati Nabire masih dijabat oleh Yosoes Adipatah, ruang gerak wartawan untuk meliput berita di pemerintahan masih terbatas. Kerja wartawan di zaman orde baru  terbungkam rapi demi melanggengkan rezim kekuasaan Indonesia ketika itu. Kini Bupati A.P Youw telah merubahnya.

Adapun A.P Your mengaku telah gemar membaca Koran sejak kecil. "Membaca koran menjadi bagian dari hidup," ungkapnya. Hingga kini, ketika menjabat sebagai Bupati, dia masih merasa harus membaca koran sebelum  melakukan kegiatan kantor. Dia terlihat sangat  senang  membaca berbagai infiormasi dari semua media  yang ada di Indonesia, terlebih jika berita itu menyangkut tentang daerah yang kini sedang dipimpinnya.

Pun keberadaan pers lokal di Papua saat ini sedang berkembang bak jamur di musim hujan. Dulu, satu-satunya media lokal di Papua hanyalah Tabloid Tifa Irian yang saat ini berganti nama menjadi Tifa Papua. Tabloid Tifa Irian Jaya mulanya ketika itu adalah media antar petugas gereja Keuskupan Jayapura.  Namun sekitar tahun 1980-an dirubah menjadi tabloid yang bisa dikonsumsikan  untuk khalayak umum.    

Sejak tahun 2003, satu persatu media lokal bermunculan di Kabupaten Nabire. Diawali oleh Papuapos Nabire milik PT. Mediana Papuana. Bupati A.P Youw mengaku telah berlangganan koran-koran tersebut, selain juga Cenderawasih Pos, Papua Post dan media lainnya.

Demi memperkenalkan hasil pembangunan di Kabupaten Nabire ke masyarakat luas, dalam setahun terakhir, A.P Youw telah mengadakan kerjasama dengan sejumlah media lokal baik media cetak dan media elektronik yang ada di tanah Papua. Dia juga telah mengadakan kontrak kerja dengan RRI dan Metro TV. 

*Foto File: robertamsterdam.com via google   

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Koreografi Tari Kontemporeroleh : Zulkarnaen Syri Lokesywara
04-Apr-2017, 01:32 WIB


 
  Koreografi Tari Kontemporer Mahasiswa jurusan Seni Tari Semester IV ISI Surakarta melaksanakan ujian koreografi tari kontemporer menggunakan media benda keras di Teater Kecil ISI Surakarta, Senin, 3 April 2017. Berbagai benda keras digunakan sebagai media para mahasiswa mengeksplorasi gerak, mulai dari payung, kurungan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
MAKASSAR: Kota Plural dan Nyaman 19 Apr 2017 22:12 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia