KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Top ReporterTop Reporter HOKI Maret 2017 oleh : Redaksi-kabarindonesia
29-Mar-2017, 04:31 WIB


 
 
KabarIndonesia - Eliyah Acantha Manapa Sampetoding atau sering dipanggil Antha, lahir di Ujung Pandang (Kota Makassar), Sulawesi Selatan, 19 November 1991. Antha berdarah Toraja.
selengkapnya....


 


 
BERITA PROFIL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Langkah Menuju Pasti 23 Mar 2017 23:05 WIB

Walau Satu Detik Bersama Tuhan 10 Mar 2017 04:05 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
PROFIL

Atlet Master Senior Lari 100 meter, Koptu Mar (Purn) Soetiyo Masih Berkiprah
Oleh : Zikria Fikri | 01-Apr-2016, 03:22:23 WIB

KabarIndonesia - Bogor, Pensiunan Marinir yang satu ini setelah pensiun tahun 1980 mulai menggeluti bidang olah raga atletik. Dalam bidang atletik ini “Pak Marijo” sebutan akrab di kalangan Atlit Veteran, tercatat lebih dari 100 lomba dan kejuaraan atlet master yang diikutinya.
 
Dialah Koptu Mar (Purn) Soetiyo, yang lahir di Purwodadi pada 19 September 1938. Soetiyo bergabung menjadi prajurit KKO-AL pada tahun 1962 dan pensiun dini pada tahun 1980. Menurut Pak Tiyo, pensiun dini karena adanya perampingan Korps Marinir TNI AL pada saat itu. Namun dia berfikir bahwa dengan pensiun, dunia kerja belum berakhir. Justru itulah setelah pensiun, kakek 7 cucu ini semakin aktif mengikuti Kejuaraan Atletik Veteran baik ditingkat Nasional maupun Internasional.

”Saat itu saya berfikir. bagaimana saya harus meneruskan perjuangan hidup, anak saya ada lima orang dan perlu biaya, lalu saya langsung memutar otak hingga membuka usaha sampingan 'Barber Shop' alias tukang pangkas/cukur rambut" kenangnya.

"Rumah saya cukup strategis di pinggir jalan, berada di perempatan jalan Pondasi No.10, RT.02 RW.17 Kampung Ambon Pulo Mas(Pulo Gadung) Jakarta Timur. Selain itu Pak Marijo ini tidak tinggal diam, dia juga bekerja sebagai securty (satpam).

"Alhamdulillah dengan begitu saya bisa membesarkan ke lima anak saya dan menyekolahkan mereka. Sampai sekarang barber shop ”Tiyo” masih berjalan dan masih memperkerjakan beberapa karyawan, Di sela-sela kesibukannya itu, Pak Tiyo terus melakukan kesukaannya sejak kecil dan semasa berdinas di KKO AL yaitu berlari secara rutin dan teratur.

"Bapak dulu, kalau kerja pagi, dari rumah "berlari" ke markas, dan malamnya atau sorenya ketika pulang juga berusaha jalan dan lari" tutur Sudiyono putra pak Tiyo. Menurut penuturan Sudiyono,  dia menjemput ayahnya di sore hari, kadang kalau hujan justru beliau memilih lari dari pada di jemput. "Kasihan nanti saya kehujanan bisa sakit, kalau KKO kan biasa lari di bawah hujan. Kalau libur bapak pasti lari” tutur Sudiyono menirukan ayahnya Pak Tiyo.

Kepada para prajurit Marinir yang cukur rambut di "Tiyo” yang berada didepan rumahnya pak Tiyo bercerita “Setelah pensiun, baru tahun 1985 saya mulai aktif di PAVI(Persatuan Atlet Veteran Indonesia) dan PAMI(Persatuan Atlit Master Indonesia).

"Saya berusaha untuk mengikuti lomba dan kejuaraan. Dalam seminggu minimal tiga kali lari latihan. Dengan lari saya merasa sehat, lihat badan saya masih gagah to,” tutur pak Tiyo yang pernah berdinas di Detasemen Kawal Kehormatan Menpangal. sebagai Pengawal KASAL Laksamana TNI RE Martadinata sambil menunjukan badannya yang nampak begitu bugar.

Atlit Veteran atau Atlit Master adalah sebutan bagi para Atlit Atletik yang berusia di atas 35 tahun yang masih aktif melakukan olah raga Atletik, di tingkat dunia kejuaraan Atlet Master di bawah Word Master Athletic Champhionship(WMAC). WMAC adalah kejuaraan Atletik dunia yang di ikuti Atlet-atlet berusia minimal 35 tahun dari berbagai Negara dan terbagi dalam sejumlah katagori usia. Kejuaraan itu berlangsung setiap dua tahun sekali sejak 1975, sedang di tingkat Asia ada Asia Masters Athletic Champhionship.

Hingga usia 78 tahun Pak Tiyo atau Marijo menuturkan resepnya kepada Marinir. Ada tiga hal yang menjadi pedomannya agar tetap sehat. Pertama, berpikirlah positif dalam arti jangan terlalu memikirkan masalah yang kita hadapi. Masalah hidup yang ada dihadapi dengan positif”.  Yang kedua, mengatur pola makan, makanan yang bagus adalah yang rebus-rebusan atau makanan "ndeso” seperti singkong,talas,pisang yang direbus jangan digoreng”. Yang terakhir adalah tetap membina fisik dengan berolah raga yang murah yaitu lari.*)


Blog: http://www.pewarta.kabarindonesia.blogspot.com/ 
Alamat ratron (surat elektronik): 
redaksi@kabarindonesia.com 
Berita besar hari ini..!!!.  Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Cara Membangun TNI AD Yang Kuat 26 Mar 2017 21:53 WIB

 
Presiden Kagumi Dalihan Natolu 28 Mar 2017 12:23 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Berdoa untuk Perdamaian Dunia 11 Mar 2017 19:07 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia