KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalRudiantara: 4,6 Juta UMKM Sudah Online oleh : Sesmon Toberius Butarbutar
15-Nov-2017, 21:01 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan berdasarkan data terdapat 4,6 juta UMKM dari target delapan juta UKM hingga 2019 telah masuk akses online.

"Kami punya target mengonlinekan delapan juta UMKM hingga tahun 2019, namun sekarang baru
selengkapnya....


 


 
BERITA PROFIL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Hujan Tak Pernah Sendiri 13 Nov 2017 20:13 WIB

Ada Saat 08 Nov 2017 13:32 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Abdul Rahim, Pesulap Edukatif untuk Tingkatkan Kegemaran Membaca

 
PROFIL

Abdul Rahim, Pesulap Edukatif untuk Tingkatkan Kegemaran Membaca
Oleh : Hikmah Nurida | 03-Mar-2017, 08:31:38 WIB

KabarIndonesia - Kalimat bijak mengatakan: "membaca laksana berada di atas permadani indah yang terbang tinggi, yang dapat menerbangkan kita ke suatu negeri yang tidak kita tahu sebelumnya".  Banyak kalimat bijak tentang membaca yang pada dasarnya berupaya memotivasi, membangkitkan, menumbuh- kembangkan minat dan kegemaran membaca.

Berbagai cara telah dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan kegemaran membaca. Sebagaimana dengan arah kebijakan pemerintah dalam UU no.43 tahun 2007 tentang perpustakaan, dapat dilakukan langkah kongkrit pembudayaan kegemaran membaca melalui keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat.

Layanan Koleksi Umum (LKU) Perpustakaan Nasional RI dalam upaya promosi dan peningkatan kegemaran membaca telah melakukan berbagai cara dan kegiatan. Salah satu di antaranya dengan melibatkan seorang pustakawan bernama Abdul Rahim yang  bermain sulap secara kreatif dan unik, sulap ini dinamai sulap edukatif (magic attraction for education ).

Atraksi sulap edukatif ini memberikan hiburan yang mendidik, inovatif dan aspiratif  bagi pengunjung Perpustakaan Nasional. Biasanya atraksi dilakukan saat menerima kunjungan dari berbagai kalangan dan rombongan, kegiatan bimbingan pemustaka dan kegiatan lainnya. Sedangkan sulap edukatif dilakukan di masyarakat, biasanya akan bekerjasama dengan team story telling dan pusteling (perpustakaan elektronik keliling ).

Abdul Rahim, membuat sebuah konsep atraksi sulap yang unik. Sulapnya dikaitkan dengan unsur-unsur pembelajaran, hakekat membaca, slogan membaca, promosi perpustakaan dan kegemaran membaca. Saat Abdul Rahim melakukan atraksi sulap, semuanya bertema tentang perpustakaan dan kegemaran membaca.

Contoh tema yang disampaikannya: Selangkah ke perpustakaan segudang ilmu di dapat, membaca adalah cakrawala jendela dunia, perpustakaan ada dan selalu dekat dengan anda, perpustakaan adalah wahana rekreasi dan belajar sepanjang hayat, dan sebagainya. Uniknya, "sim salabin abrakadabra " yang biasa diucapkan oleh seorang pesulap saat atraksi diganti menjadi "semua pasti bisa asalkan mau membaca".

Jika masih penasaran seperti apa sulap edukatif yang dilakukan Abdul Rahim  terkait meningkatkan kegemaran membaca, datanglah ke Perpustakaan Nasional RI, Jalan Salemba Raya 28A Jakarta.*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Aksi Demo Sopir Angkot di Depan Kantor Walikotaoleh : Syaiful Anwar
08-Nov-2017, 05:18 WIB


 
  Aksi Demo Sopir Angkot di Depan Kantor Walikota Hari ini (8-11-2017) sopir angkot sekota Jambi menggelar aksi demo di depan kantor walikota Jambi. Dalam aksinya para sopir menuntut kepada bapak walikota Jambi, SY FASHA agar menghentikan aktifitas angkutan taxi online dan perbaikan terhadap terminal Rawasari dan terminal bayangan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Menjadi Guru Yang Baik 15 Nov 2017 07:00 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Beriman dan Bijaksana 12 Nov 2017 06:45 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia