KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKapolri Terbitkan Maklumat Cegah Klaster Baru Covid-19 Terutama di Pilkada 2020 oleh : Danny Melani Butarbutar
21-Sep-2020, 15:35 WIB


 
  KabarIndonesia - Jakarta, Kapolri Jenderal Idham Azis menerbitkan Maklumat untuk mencegah terjadinya klaster baru penyebaran Covid-19 di masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Maklumat Kapolri bernomor Mak/3/IX/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Pemilihan Tahun 2020.

"Jadi
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
OPINI

WU-WEI - SOLUSI TOKCER UNTUK PANDEMI CORONA
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 22-Jun-2020, 03:54:00 WIB

KabarIndonesia - Konsep ‘Wu Wei’ (wúwéi, 無為 / 无为) adalah aktivitas yang berfokus pada faktor “pembiaran” atau “do less achieve more”.

WU WEI = NON ACTION adalah hal yang paling baik yang bisa dilakukan saat Pandemi Corona ini

Wu Wei berarti kita tunduk pasrah dan menyerahkan segala-galanya kepada Tuhan!

Biarlah semuanya berjalan dan mengalir secara alami tanpa harus adanya campur tangan dari manusia ataupun melawan arus

Di Amerika maupun di Indonesia mereka berusaha dengan bermacam-macam teori untuk mengatasi Pandemi Corona, apakah kita berhasil?

Kenapa tidak dibiarkan saja semuanya mengalir dan berjalan secara alami dgn motto: “Apa yang harus terjadi terjadilah”

Masalahnya masa depan kita bukannya untuk diprediksi NAMUN dijalani sesuai dgn KEHENDAK-NYA

Apabila saya berada dalam posisi Jokowi; maka mulai besok akan dijalankan NEW NORMAL dengan cara WU-WEI alias Do Nothing. Kita serahkan dan percayakan semuanya kepada Tuhan! - Sambil bernyanyi What ever Will Be – Will Be aja lah!

Misalnya Anda terjebak dalam kemacetan total di jalan Tol? Apa yang bisa Anda lakukan? Apakah Anda akan berusaha untuk menerobos melawan arus sambil membahayakan diri sendiri maupun keluarga?

Kenapa kita tidak lebih baik duduk manis dan PASRAH saja sambil duduk dgn tenang (WU-WEI), bahkan berdoa mesyukuri, karena Tuhan telah mengajak kita untuk berisitirahat sejenak!

Karena, bisa dijamin seribu persen, bahwa kemacetan ini PASTI akan berakhir dengan sendirinya!

Begitu juga dengan kehidupan Anda saat sekarang ini yang mungkin terasa sangat berat bahkan udah MENTOK ABIS, maka cara terbaik untuk mengatasi ialah WU WEI alias BERSABAR & DO NOTHING !? Dengan demikian akan bisa mengurangi rasa stress Anda !

Wu Wei = berarti Hening & Diam Sejenak, namun setelah itu PASTI akan bisa berjalan kembali seperti sediakala atau dalam istilah kerennya sekarang NEW NORMAL

Tidak bisa dipungkiri dalam dunia ini, segala sesuatu yang dilakukan dengan keterpaksaan, maka hasil dan akibatnya pun jadi kurang baik.

Misalnya: LOCKDOWN, kenapa tidak dari awal mula dibiarkan saja semuanya mengalir secara alami apa adanya?

Kenapa kebanyakan orang tidak bisa ataupun ingin melakukan WU WEI? Karena mereka menilai dirinya SUPERIOR dimana seakan-akan TANPA KEHADIRAN DIRINYA, perusahaan/ usaha tidak akan bisa jalan? Tanpa kehadiran saya KELUARGA akan berantakan !

Ini pandangan yang TIDAK benar, sebab kalaupun Anda hadir ataupun tidak hadir; perusahaan akan tetap bisa berjalan terus begitu juga dengan keluarga

Bahkan dimana Anda mempraktekkan WU-WEI dan cara diam dirumah, Anda tidak akan ketularan virus Corona maupun sebaliknya.

Oleh sebab itu janganlah dipaksakan terus seakan-akan Anda ini HARUS TETAP ACTION dan hadir terus menerus tiada hentinya.

Yuk berhentilah sejenak – Wu Wei; sambil mencharge energi, pikiran maupun tenaga anda sehingga bisa pulih dan kuat kembali seperti sediakala; dan serahkan semuanya kepada Tuhan

Percayalah walaupun Anda bersifat PASIF dengan konsep Wu-Wei sekalipun, semua persoalan pasti akan terselesaikan dgn sendirinya sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku dalam alam ini.

Konsep Wu-Wei ini berdasarkan ajaran dari filosofi Lao Zi tentang konsep ‘Dao/Tao’ tercantum dalam kitab ajarannya Tao Te Ching: “Bertindak tanpa aksi, dan berbuat tanpa gaduh”.

Dengan begitu banyaknya peraturan baru yang dibuat saat pandemi Corona ini; akhirnya banyak perusahaan menjadi bangkrut karenanya; begitu juga dengan banyaknya buruh yang di PHK.

Di Indonesia saja sudah ada lebih dari dua juta orang buruh yang di PHK sedangkan di Amerika lebih dari 30 juta orang!

Pertanyaan: Apakah Anda setuju mulai besok semua peraturan yang berkaitan dengan Corona sebaiknya dihapus dan diganti dengan WU WEI saja? Terkecuali dgn BANSOS tentunya!(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembalioleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
10-Jun-2020, 09:39 WIB


 
  Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembali Obyek wisata rohani Salib Kasih di pegunungan Siatas Barita, Tapanuli Utara dibuka kembali sejak Jumat (5/6), setelah dua bulan lebih ditutup akibat wabah Covid-19. Lokasi wisata ini salah satu destinasi unggulan yang dibangun bupati Lundu Panjaitan tahun 1993. Puluhan ribu
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia