KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahPemprov Jateng Keliru Tafsirkan UU Kebudayaan oleh : Gunoto Saparie
16-Jan-2018, 22:54 WIB


 
 
KabarIndonesia - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dinilai keliru dalam menafsirkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Undang-undang tersebut mengamanatkan pembentukan Lembaga Wali Amanat (LWA), namun pemprov justru memfasilitasi pendirian Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN).  
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
 
Sekeping hati 06 Jan 2018 16:05 WIB

 

 
BERITA LAINNYA
 
 

 
 
OPINI

Teori Pertukaran Sosial
Oleh : Lusia Gayatri Yosef | 03-Jan-2018, 13:04:07 WIB

KabarIndonesia - Beberapa dari kita, mungkin pernah memberikan sesuatu kepada seseorang, begitu juga dengan orang lain pernah memberikan sesuatu kepada kita. Hal tersebut merupakan hubungan timbal balik atau reciprocity dalam teori pertukaran sosial.
Selanjutnya terdapat beberapa prinsip dari teori pertukaran sosial (Homans, n.d dalam Shinta, 2002):

1. Semakin suatu perilaku itu diberi rewardatau respon positif, maka semakin individu cenderung untuk mengulangi perilaku itu kembali. Penulis memberikan contoh sebagai berikut: Ketika kehadiran seseorang diterima di sebuah tempat maka ia akan cenderung mengunjungi tempat tersebut kedua kalinya atau ketiga  kalinya.2. Individu berhadapan dengan stimulus (rangsang) kedua, yang mana rangsang tersebut sama dengan rangsang pertama. Individu sudah mempunyai pengalaman bahwa berperilaku tertentu yang sesuai dengan rangsang pertama adalah menyenangkan atau menguntungkan. Penulis memberikan contoh sebagai berikut: Seorang individu berkunjung ke sebuah tempat untuk keduakalinya, individu itu merasa senang karena ia diberi sambutan sama seperti saat pertama kali berkunjung ke sebuah tempat.3. Prinsip kepuasan artinya semakin individu sering menerima rewardtertentu maka reward tersebut itu menjadi kurang berharga dimatanya. Penulis memberikan contoh sebagai berikut: Karena seorang individu sering pergi ke sebuah tempat yang menyambutnya, ia menjadi merasa biasa berkunjung ke tempat tersebut.4. Prinsip keadilan. Ini adalah prinsip yang sangat penting dalam hubungan sosial, yakni tentang persepsi seberapa banyak reward yang diterima dan seberapa banyak cost (modal) yang sudah dikeluarkan. Penulis memberikan contoh sebagai berikut: Individu merasa senang berkunjung ke sebuah tempat karena selain diberi sambutan, individu sering juga diberi hasil panen dari suatu desa.5. Rewards adalah penguat perilaku dalam hubungan sosial. Penulis memberikan contoh sebagai berikut: Sebuah desa merasa senang dikunjungi oleh seseorang, karena setiap berkunjung ke desa tersebut selalu ada liputan di surat kabar atau televisi tentang kunjungan seseorang atau individu. Begitu juga sebaliknya seorang individu merasa senang berkunjung ke sebuah desa karena kedatangannya diterima dengan baik atau disambut dengan baik.

Berdasarkan penjelasan di atas semoga dapat dimengerti bahwa pada setiap hubungan sosial mengandung teori pertukaran sosial. Oleh karena itu maka para individu perlu peka dalam memberi dan menerima sebuah hubungan sosial. Artinya, peka terhadap perilaku memberi dan menerima suatu hal atau banyak hal. Sebagai contoh sederhana: Apabila diberi sesuatu kemudian kita mengucapkan "terima kasih." (*)

Daftar Pustaka: Shinta, A. (2002). Pengantar psikologi sosial. Edisi ke-2.    

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017oleh : Rohmah Sugiarti
16-Des-2017, 22:18 WIB


 
  Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama main dealer di 36 kota Indonesia gelar kembali Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki (KAWIR). KAWIR pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya diadakan pada tahun 2014 dan 2015 lalu. Kali ini
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 
 

 

 
Kereta Kehidupan 03 Jan 2018 03:08 WIB

Kemarin Hari Ini dan Esok 03 Jan 2018 02:04 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia