KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
OpiniICTUS Kalung Emas Menjalani Waktu Kehidupan Tahun 2019 oleh : Danny Melani Butarbutar
19-Jan-2019, 15:38 WIB


 
 
KabarIndonesia - Kemarin adalah kenangan, hari ini adalah kenyataan, esok adalah harapan. Ketiganya akan berjalan terus menerus tanpa dapat dihentikanm bergulir seiring perjalanan hidup jagad raya. Manusia menyebut ketiganya sebagai zona waktu, kemarin telah berlalu, hari ini sedang bergerak dan
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA






 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Filosofi Kopi 20 Jan 2019 01:57 WIB

Senja Kan Berlalu 19 Jan 2019 14:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
 

 
 
OPINI

Tahun Baru Momentum Instrospeksi Diri
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 07-Jan-2019, 05:58:38 WIB

KabarIndonesia - Tahun Baru 2019 telah berlalu enam hari lalu, tepatnya 01 Januari 2019, akan tetapi perayaan tahun baru 2019 tentu tidak berlalu begitu saja tanpa menganalisis apa makna terkandung di dalamnya. Hal itu sangat diperlukan agar perayaan tahun baru tidak sekadar acara seremonial tahunan yang berulang setiap tahun tanpa menyadari esensi fundamental.

Tahun Baru yang menguras energi, waktu, finansial, dan lain sebagainya sesungguhnya adalah tradisi budaya bagi seluruh umat manusia diatas planet, tanpa membedakan sekat-sekat apapun karena tahun baru sesungguhnya bukan didasarkan pada doktrin agama dan kepercayaan tertentu. Melainkan tahun kelender dari satu tahun ke tahun berikutnya setelah satu tahun penuh melaksanakan aktivitas dengan aneka dinamika dan romantika kehidupan.

Kesuksesan atau kegagalan, senang atau susah, gembira atau sedih, pola tingkah laku dan lain-lain selama satu tahun lalu menjadi kenangan, permenungan, memori indah yang tak bisa terulang kembali walau dengan cara apapun, sebab satu detik waktu berlalu berjuta ekor kuda pun menarik kembali tak akan bisa.

Tahun Baru sesungguhnya sebuah momentum Instrospeksi diri pada tahun berlalu sehingga amat sangat penting untuk merubah mindset atau perilaku kurang baik dan benar pada tahun berikutnya. Sebagai momentum Instrospeksi diri menjadi sangat istimewa bagi setiap orang yang mengetahui makna paripurna perayaan Tahun Baru.

Berkunjung ke rumah orang tua, bertemu keluarga dan kerabat menjadi kerinduan setiap orang walau dengan berbagai aneka kesulitan merayakannya. Aneka kesulitan itu tidak menyurutkan keinginan merayakan Tahun Baru setiap tahun. Bahkan bila seorang anak dari perantauan tidak bisa pulang kampung atau menemui orang tua, keluarga, kerabat bersedih dan menangis di perantauannya.

Tahun Baru sebagai wadah mempertemukan seluruh anggota keluarga, kerabat telah menjadi tradisi budaya terutama bagi seorang anak dan orang tua selama hidupnya. Dan bagi seorang orang tua merupakan kebahagiaan tersendiri bila seluruh anak-anaknya dan keturunannya bisa berkumpul bersama pada detik-detik pergantian tahun sekaligus momentum maaf-maafan satu sama lain.

Jika perayaan Tahun Baru benar-benar bisa digunakan momentum Instrospeksi diri maka perayaan Tahun Baru memiliki makna strategis perubahan pola pikir, karakter mental, moral ke arah lebih baik dan berkualitas seiring pertambahan usia dari tahun ke tahun. Jika hal itu bisa dilakukan sebagai momentum Instrospeksi diri maka kualitas berpikir, perilaku, tindakan akan semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Sebagai permenungan Tahun Baru juga bermakna evaluasi diri, apa yang telah ditorehkan satu tahun penuh, terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa maupun negara. Karena itu, Tahun Barus adalah momentum Instrospeksi diri sangat penting bagi setiap orang agar berupaya keras memperbaiki diri pada tahun berikutnya.

Segala kelemahan, kekeliruan, kesalahan pada tahun lalu tidak akan terulang kembali. Segala sesuatu yang tak sepantasnya dilakukan akan diperbaiki ke arah lebih baik dan berkualitas supaya Tahun Baru momentum Instrospeksi diri sesungguhnya, bukan sekadar seremonial tahunan belaka tanpa arti dan makna paripurna.(penulis: Drs. Thomson Hutasoit).(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australiaoleh : Rohmah S
10-Des-2018, 22:14 WIB


 
  Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia 20 pelari dari 6 negara: Indonesia, Australia, Amerika, Inggris, New Zealand dan Swedia ikuti swimrun di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan jarak lari 20km dan berenang 3km. Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (kiri)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Muallaf Zaman "Now"! 07 Jan 2019 18:38 WIB

 
 
 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB

 

 

 
Haruskah Beragama? 18 Jan 2019 16:17 WIB

Adakah Sorga Dan Neraka 17 Jan 2019 17:30 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia