KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalWUPID - 2017 Ajang Debat Menantang! oleh : Johanes Krisnomo
20-Okt-2017, 16:38 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, 20 Oktober 2017 - Gaduhnya para mahasiswa saat istirahat makan siang, mengikuti ajang debat WUPID - 2017, tak sejalan dengan keseriusannya berkompetisi. Mereka berdebat mempertahankan argumentasinya, baik pro dan kontra, berdasarkan data akurat dan pola pikir kritis.
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sabar dan Syukur 12 Okt 2017 01:07 WIB

Di Padepokan Om Jin 12 Okt 2017 01:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
"Tangisan" Ridho Irama 12 Okt 2017 10:00 WIB


 

 
 
OPINI

TNI Membangun Pelosok Desa di Tidore
Oleh : Iin Suwandi | 03-Okt-2017, 11:24:59 WIB

KabarIndonesia - Ketertinggalan pembangunan yang ada di Desa membuat TNI AD harus ektra kerja keras untuk membantu Desa yang masih tersisih. Tentunya kehadiran TNI dalam pembangunan tidak akan begitu saja dapat selesai jika hanya memerintah saja. TNI ikut bekerja bersama rakyat  dengan membuat suatu program yang namanya "Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD)".

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa  program TMMD ini sudah sejak lama dilaksanakan. Dapat dibayangkan ribuan mungkin jutaan kilometer jalan yang sudah di bangun oleh TNI selama ini program ini berjalan. Dulu program ini namanya AMD (ABRI Masuk Desa) yang dimulai tahun 1980. Seiring dengan perjalanan waktu kegiatan ini dianggap sangat bermanfaat, hingga tanpa terasa program TMMD sudah memasuki periode ke-100 pada tahun 2017 ini.
Saat ini program TMMD ke 100 sedang berlangsung di sejumlah daerah yang dianggap membutuhkan.  Di daerah Tidore misalnya,  Satuan Tugas (Satgas) TMMD ke-100 Kodim 1505/Tidore bersama masyarakat membangun jalan setapak, akses penghubung antara perumahan warga di desa Talagamori, kecamatan Oba, Tidore Kepulauan, Maluku Utara, pada Minggu (1/10/2017) lalu.
Jalan akses desa yang mulai dikerjakan, direncanakan sepanjang 210 x 4 meter unuk menghubungkan antara perumahan di desa Talagamori dengan jalan raya. Jalan penghubung ini sebelumnya saat hujan turun selalu becek dan licin. Hal tersebut sangat mengganggu warga terutama anak-anak sekolah yang harus berjalan kaki dan rela bergelut dengan lumpur tanah agar bisa mencapai sekolah.
Sebagaimana yang telah dilansir oleh wesite TNI AD, Dandim 1505/Tidore Letkol Inf Harrisal membeberkan bahwa pengerjaan jalan setapak ini dilakukan oleh para personel Satgas TMMD bersama-sama dengan masyarakat setempat dari mulai perataan jalan, pemasangan batu pondasi hingga pemlesteran. "Diperkirakan dalam 2 (dua) minggu ke depan, jalan tersebut sudah dapat dipergunakan oleh masyarakat. 
Sasaran TMMD ini tentunya sudah pasti adalah membantu masyarakat desa  dalam pembangunan fisik dan non fisik yang merupakan hasil survei dan permintaan masyarakat. Sesuai dengan konsep TMMD yaitu akselerasi pembangunan, sehingga setiap pembangunan sasaran fisik langsung menyentuh kepada masyarakat. 
Jufri misalnya, salah seorang warga masyarakat Tidore mengungkapkan bahwa  selama ini kendala yang dihadapi masyarakat terutama di musim penghujan adalah soal jalan.
"Tanah disini merupakan tanah lempung dan lengket, sehingga menjadi kendala tersendiri bagi masyarakat, terutama anak-anak sekolah yang berangkat dari rumah berseragam bersih harus rela berkotor-kotor karena tidak ada akses jalan lain selain jalan ini. Dengan dikerjakannya jalan ini, kami berharap anak-anak tidak lagi kesulitan untuk bersekolah. Warga mengucapkan terima kasih kepada TNI atas bantuannya mengerjakan jalan setapak ini, sehingga mempermudah akses jalan penghubung antar desa." ungkapnya.
Oleh karena itu kita berharap program TMMD ini akan berlangsung secara terus menerus untuk membantu pemerintah dalam pemerataan pembangunan di desa. Artinya dengan adanya program ini masyarakat terbantu.  TNI bukan hanya hadir secara fisik tapi mereka datang bagaikan malaikat penolong dalam membantu kesulitan rakyat pedesaan.(*)     

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
WUPID - 2017 Berfoto Bersamaoleh : Johanes Krisnomo
20-Okt-2017, 00:06 WIB


 
  WUPID - 2017 Berfoto Bersama Para peserta, juri dan panitia WUPID Indonesia 2017, Jakarta (14-15/10/17), berfoto bersama di akhir acara. Dua dari 30 tim (berhak mewakili Indonesia di QUIP WUPID (World Universities Peace Invitational Debate) Global 2017, Malaysia (8-12/12/17). Aldwin & Ibrahim - Universitas
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi JK 20 Okt 2017 15:13 WIB


 

 

 

 

 
Pimpinan Redaksi HOKI 2017 09 Okt 2017 20:02 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia