KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalRudiantara: 4,6 Juta UMKM Sudah Online oleh : Sesmon Toberius Butarbutar
15-Nov-2017, 21:01 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan berdasarkan data terdapat 4,6 juta UMKM dari target delapan juta UKM hingga 2019 telah masuk akses online.

"Kami punya target mengonlinekan delapan juta UMKM hingga tahun 2019, namun sekarang baru
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Hujan Tak Pernah Sendiri 13 Nov 2017 20:13 WIB

Ada Saat 08 Nov 2017 13:32 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
OPINI

TMMD Hadir, Bukti Cinta TNI Kepada Rakyat
Oleh : Iin Suwandi | 08-Sep-2017, 13:31:49 WIB

KabarIndonesia - Awal bulan Sepember 2017, Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman dan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono membuka program TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa) ke-100. Program TMMD yang secara fisik melakukan pengerjaan sasaran proyek yang diprioritaskan pada peningkatan prasarana wilayah berupa infrastruktur, fasilitas umum dan sosial yang menyentuh langsung pada kehidupan masyarakat.

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 Tahun 2017 merupakan wujud menyatunya (manunggal) TNI dan rakyat lewat semangat gotong-royong. Semangat gotong-royong ini merupakan warisan leluhur bangsa yang diaplikasikan dalam program TMMD. Program TMMD ini digulirkan pemerintah sekarang tiga kali dalam setahun secara serentak di seluruh Indonesia. Tujuan program ini untuk mewujudkan pemerataan pembangunan terutama wilayah yang masih tertinggal demi kesejahteraan rakyat.
Dalam mengejar sebuah ketertinggalan itu, tentu butuh kesadaran dan partisipasi semua komponen bangsa untuk saling bahu-membahu membantu tugas negara dan pemerintah dalam mewujudkan pemerataan pembangunan. TNI sebagai bagian dari elemen bangsa yang mempunyai fungsi khusus sebagai alat pertahanan. Dalam Undang-Undang No. 34 tahun 2004 tentang TNI, menyebutkan dua pola operasi  pokok TNI, yakni Operasi Militer untuk Perang  (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang terbagi dalam beberapa bentuk kegiatan. 

TNI Berorientasi Kepada Kepentingan Rakyat 
Keterlibatan TNI dalam bentuk partisipasi aktif terhadap sensitifitas persoalan masyarakat yang dikemas dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) dan lain sebagainya secara hukum memang telah dipayungi, namun lebih dari itu sebenarnya TNI tidak boleh tinggal diam terhadap persoalan masyarakat. Dengan segenap kemampuan yang dipunyai, TNI bisa memberikan kontribusi positif dalam membantu persoalan masyarakat. 

 

Bagaimanapun TNI tidak boleh mengingkari proses kelahirannya. TNI yang lahir dari rakyat dan dibesarkan oleh rakyat, artinya apa yang dilakukan TNI harus berorentasi kepada kepentingan rakyat. Dalam visi dan misinya, keprofesionalan TNI dalam melakukan tugas pokoknya harus terbangun semangat untuk dicintai dan mencintai rakyat.

 

TMMD dijadikan bentuk pola komunikasi yang sehat dalam membangun kemanunggalan TNI dengan rakyat. Hasilnya sudah beragam bentuk proyek yang telah dilakukan TNI. Suatu hal yang menggembirakan, ungkapan terima kasih dan permintaan dari warga agar wilayahnya dijadikan sasaran proyek TMMD terus bertambah tiap tahun.

 

Walaupun ini belum bisa dijadikan indikator sepenuhnya, terhadap keberhasilan kegiatan teritorial TNI, namun sebenarnya ini sudah memberi gambaran bahwa TMMD tidak memunculkan persinggungan yang merugikan bagi rakyat dan TNI.  Bagi sebagian kalangan yang antipati dengan TNI, seolah-olah dianggap sebagai upaya politisasi masyarakat untuk kepentingan tertentu. 

 

Manfaat TMMD Itu Luar Biasa 
Sebuah berita menarik, mungkin perlu untuk diulas, tak jarang  prajurit selama TMMD berlangsung ternyata malah mendapatkan berkah dengan menemukan tambatan hatinya dan sampai akhirnya mempersunting gadis desa tersebut. Artinya kalau ini bisa juga dilihat sebagai indikator, maka proses sosial komunikasi TNI dan rakyat secara alami berjalan dengan baik. Mustahil kalau tidak terbangun suasana yang baik beberapa prajurit, pada akhirnya menemukan jodoh di lokasi TMMD. Dampak lainnya tentu hubungan tidak terhenti seiring dengan berakhirnya TMMD di wilayah tersebut, buktinya ada prajurit yang mesti harus melawat kesana. 

 

Dari beberapa fakta lapangan dapat ditangkap, sebenarnya telah memberi gambaran TMMD sampai saat ini masih memberikan nilai manfaat, niat baik dari awal ini tentu bagi TNI ini bisa menjadi wadah positif untuk membangun citra positif dan sekaligus komitmen TNI sebagai bentuk pengimplementasian Delapan wajib TNI.

 

Di sisi rakyat atau warga, yang paling kasat mata adalah mengangkat keterpurukan warga untuk segera bangkit dan maju, karena persoalan minimnya sarana dan prasarana terkadang itu menjadi sebab kemajuan menjadi lamban. Tetapi dengan adanya TMMD yang lebih dikonsentrasikan pada pengerjaan-pengerjaan yang menyentuh kepentingan warga, seperti jalan dengan perlahan kemajuan itu bisa dirasakan, transportasi semakin mudah, aksespun semakin terbuka. 

 

Sisi yang lain konsep pertahanan rakyat semesta, TNI sebagai komponen inti dan rakyat sebagai komponen pendukung akan semakin mudah untuk dilakukan, karena telah terbangunnya suasana interaksi yang positif antara TNI dan rakyat. Tugas pokok TNI dalam menjaga kedaulatan NKRI tidak akan terbantu kalau tidak ada kebersamaan dan kesatupaduan. Semoga saja semangat kemanunggalan TNI rakyat ini terus terjaga. (*)  

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Aksi Demo Sopir Angkot di Depan Kantor Walikotaoleh : Syaiful Anwar
08-Nov-2017, 05:18 WIB


 
  Aksi Demo Sopir Angkot di Depan Kantor Walikota Hari ini (8-11-2017) sopir angkot sekota Jambi menggelar aksi demo di depan kantor walikota Jambi. Dalam aksinya para sopir menuntut kepada bapak walikota Jambi, SY FASHA agar menghentikan aktifitas angkutan taxi online dan perbaikan terhadap terminal Rawasari dan terminal bayangan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Beriman dan Bijaksana 12 Nov 2017 06:45 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia