KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Serba SerbiKapal dan Ratusan Penumpang Tenggelam di Perairan Simanindo-Tigaras, Danau Toba oleh : Danny Melani Butarbutar
19-Jun-2018, 04:08 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Pemerintah Kabupaten Samosir mengucapkan belasungkawa yang sedalam dalamnya atas tenggelamnya kapal penumpang bernama KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba tepatnya 500 meter menuju dermaga Tiga Ras, Simalungun, Senin (18/6) sore sekitar pukul 17.30 wib.
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

Surat Untuk Wakil Rakyat 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
OPINI

Sumpah Pemuda Sebagai Semangat Penggerak Masa Depan Bangsa
Oleh : Nining Islamiyah | 31-Okt-2017, 02:32:40 WIB

KabarIndonesia - Pada dasarnya perjuangan rakyat Indonesia dalam usaha mengusir penjajah terbagi dalam dua fase, yaitu fase sebelum tahun 1908 dan setelah tahun 1908. Sebelum tahun 1908, perjuangan rakyat Indonesia masih bersifat kedaerahan dengan mengandalkan kekuatan fisik. Kemudian pada awal tahun 1908, perjuangan mulai bergeser pada arah organisasi dan politik.  

Perjuangan ini diprakarsai oleh para pemuda yang tergabung dalam organisasi seperti Budi Utomo dan Sarekat Islam. Fase ini menjadi awal perjuangan rakyat Indonesia dengan langkah yang lebih terstruktur guna mencapai kemerdekaan Indonesia. "Beri aku sepuluh pemuda maka akan kuguncangkan dunia", itulah perkataan Presiden Soekarno yang menegaskan pentingnya peran pemuda dalam usaha memajukan negara.


Sejak masa penjajahan hingga setelah kemerdekaan, tidak dapat kita pungkiri bahwa pemuda menjadi penggerak utama dalam mencapai tujuan suatu negara. Peran penting pemuda juga terlihat pada peristiwa pergerakan Budi Utomo pada tahun 1908, Sumpah Pemuda tahun 1928, proklamasi kemerdekaan tahun 1945, pergerakan pemuda 1966, hingga demonstrasi para pemuda yang akhirnya bisa melengserkan Presiden Soeharto dari kekuasaannya pada tahun 1998. 
Keberhasilan suatu negara bisa dilihat dari kondisi pemudanya. Momentum Sumpah Pemuda yang telah diikrarkan pada 89 tahun yang lalu menjadi bukti nyata bahwa begitu kuatnya pengaruh pemuda dalam mencapai kemerdekaan. Ikrar dari Sumpah Pemuda juga menjadi pengingat bagi setiap pergerakan di Indonesia.
Berdasarkan proyeksi Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2015, jumlah pemuda mencapai 25% dari proporsi penduduk Indonesia, yaitu mencapai 62,4 juta jiwa. Hal ini menandakan bahwa pemuda memiliki pengaruh yang signifikan dalam pembangunan negara. Hingga saat ini sudah sangat banyak organisasi yang berkembang di Indonesia, baik yang bersifat kepemudaan maupun politik. 
Melalui organisasi ini, pemuda dan masyarakat dapat mengembangkan pemikiran, kreativitas dan menyalurkan aspirasinya. Aspirasi inilah yang kemudian dijadikan bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan. Selain itu, nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda juga merupakan landasan pergerakan bagi setiap organisasi di Indonesia.
Nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda seharusnya menjadi acuan dari setiap pergerakan. Nilai-nilai ini tetap memiliki relevansi dari waktu ke waktu. Ketika setiap nilai tersebut diaplikasikan dengan baik, maka cita-cita persatuan akan mudah untuk diwujudkan. Peristiwa-peristiwa negatif seperti kerusuhan yang marak terjadi juga dapat dicegah dan tidak akan terulang.
Peran pemuda sebagai social control sekaligus agent of change berada pada posisi yang sangat sentral dalam proses pembangunan. Kreativitas dan pemikiran kritisnya sangat dibutuhkan dalam setiap sendi pembangunan. Momentum peringatan Sumpah Pemuda diharapkan dapat menumbuhkan kembali semangat para pemuda untuk terus berusaha memberikan persembahan terbaik kepada bangsa ini.  

Semangat untuk menumbuhkan dan melakukan kegiatan-kegiatan positif yang dapat membawa negara ini menjadi lebih baik, karena pemuda adalah penggerak masa depan bangsa.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Indonesia Idol Guncang Tarutungoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
02-Jun-2018, 13:11 WIB


 
  Indonesia Idol Guncang Tarutung Maria Simorangkir juara Indonesia Idol 2018 mengguncang ribuan massa yang menghadiri kampanye akbar pasangan cabup/cawabup Tapanuli Utara JTP Hutabarat/Frengky Simanjuntak Kamis (31/5). Dua pasangan lainnya Nikson Nababan/Sarlandy Hutabarat dan Chrismanto Tobing/Hotman Hutasoit sudah melaksanakan kampanye akbar sesuai urutan yang
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 
Jadwal Piala Dunia 2018 13 Jun 2018 04:50 WIB

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia