KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahUsulan Pembentukan Wartawan Unit DPRD Tidak Dijawab Pemkab Serdang Bedagai oleh : Agus Suriadi
21-Nov-2017, 20:36 WIB


 
 
Kabar Indonesia - Serdang Bedagai, Sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sergai terkait pembahasan R-APBD Sergai TA 2018, Kamis (16/11)  di gedung DPRD Sergai, Dusun II Desa Firdaus, Sei Rampah.Sambil menyampaikan pandangan umum Fraksi, tiga fraksi antara lain
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Dunia Imitasi 23 Nov 2017 15:40 WIB

Kontemplasi (تفكر) 23 Nov 2017 09:41 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
OPINI

Sumpah Pemuda Sebagai Semangat Penggerak Masa Depan Bangsa
Oleh : Nining Islamiyah | 31-Okt-2017, 02:32:40 WIB

KabarIndonesia - Pada dasarnya perjuangan rakyat Indonesia dalam usaha mengusir penjajah terbagi dalam dua fase, yaitu fase sebelum tahun 1908 dan setelah tahun 1908. Sebelum tahun 1908, perjuangan rakyat Indonesia masih bersifat kedaerahan dengan mengandalkan kekuatan fisik. Kemudian pada awal tahun 1908, perjuangan mulai bergeser pada arah organisasi dan politik.  

Perjuangan ini diprakarsai oleh para pemuda yang tergabung dalam organisasi seperti Budi Utomo dan Sarekat Islam. Fase ini menjadi awal perjuangan rakyat Indonesia dengan langkah yang lebih terstruktur guna mencapai kemerdekaan Indonesia. "Beri aku sepuluh pemuda maka akan kuguncangkan dunia", itulah perkataan Presiden Soekarno yang menegaskan pentingnya peran pemuda dalam usaha memajukan negara.


Sejak masa penjajahan hingga setelah kemerdekaan, tidak dapat kita pungkiri bahwa pemuda menjadi penggerak utama dalam mencapai tujuan suatu negara. Peran penting pemuda juga terlihat pada peristiwa pergerakan Budi Utomo pada tahun 1908, Sumpah Pemuda tahun 1928, proklamasi kemerdekaan tahun 1945, pergerakan pemuda 1966, hingga demonstrasi para pemuda yang akhirnya bisa melengserkan Presiden Soeharto dari kekuasaannya pada tahun 1998. 
Keberhasilan suatu negara bisa dilihat dari kondisi pemudanya. Momentum Sumpah Pemuda yang telah diikrarkan pada 89 tahun yang lalu menjadi bukti nyata bahwa begitu kuatnya pengaruh pemuda dalam mencapai kemerdekaan. Ikrar dari Sumpah Pemuda juga menjadi pengingat bagi setiap pergerakan di Indonesia.
Berdasarkan proyeksi Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2015, jumlah pemuda mencapai 25% dari proporsi penduduk Indonesia, yaitu mencapai 62,4 juta jiwa. Hal ini menandakan bahwa pemuda memiliki pengaruh yang signifikan dalam pembangunan negara. Hingga saat ini sudah sangat banyak organisasi yang berkembang di Indonesia, baik yang bersifat kepemudaan maupun politik. 
Melalui organisasi ini, pemuda dan masyarakat dapat mengembangkan pemikiran, kreativitas dan menyalurkan aspirasinya. Aspirasi inilah yang kemudian dijadikan bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan. Selain itu, nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda juga merupakan landasan pergerakan bagi setiap organisasi di Indonesia.
Nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda seharusnya menjadi acuan dari setiap pergerakan. Nilai-nilai ini tetap memiliki relevansi dari waktu ke waktu. Ketika setiap nilai tersebut diaplikasikan dengan baik, maka cita-cita persatuan akan mudah untuk diwujudkan. Peristiwa-peristiwa negatif seperti kerusuhan yang marak terjadi juga dapat dicegah dan tidak akan terulang.
Peran pemuda sebagai social control sekaligus agent of change berada pada posisi yang sangat sentral dalam proses pembangunan. Kreativitas dan pemikiran kritisnya sangat dibutuhkan dalam setiap sendi pembangunan. Momentum peringatan Sumpah Pemuda diharapkan dapat menumbuhkan kembali semangat para pemuda untuk terus berusaha memberikan persembahan terbaik kepada bangsa ini.  

Semangat untuk menumbuhkan dan melakukan kegiatan-kegiatan positif yang dapat membawa negara ini menjadi lebih baik, karena pemuda adalah penggerak masa depan bangsa.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Mendes PDTT Ajak Astra Lanjutkan Membangun Indonesia dari Wilayah Terluar Mendes PDTT Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo melakukan pemeriksaan darah di booth pengobatan gratis yang disediakan dalam acara Festival Kesehatan Inspirasi 60 Tahun Astra di Hotel Rinra Makassar hari ini (18/11). Acara Festival Kesehatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Beriman dan Bijaksana 12 Nov 2017 06:45 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia