KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Dipimpin langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, pemerintah melalui Kementerian Ketenagakeraan secara resmi meluncurkan pembentukan  Satgas Pengawasan Tenaga Kerja Asing (TKA).

Diharapkan mampu menjadi penyeimbang atas kebijakan sebelumnya yang dianggap mempermudah masuknya TKA, maka pembentukan Satgas TKA
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Laju 10 Kilometer 22 Mei 2018 14:44 WIB

Ranting Putih 22 Mei 2018 14:41 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
OPINI

Setelah Survey Ekonomi 2016 BPS Segera Siapkan Survey Biaya Hidup 2018
Oleh : Rahma Nurhamidah | 14-Nov-2017, 10:42:07 WIB

KabarIndonesia - Sensus Ekonomi 2016 (SE 2016) baru selesai dilaksanakan. SE 2016 merupakan sebuah sensus ekonomi yang diharapkan dapat memberikan potret kondisi perekonomian di Indonesia.

Meskipun SE 2016 telah selesai, BPS tidak berdiam diri dan segera menyiapkan sensus atau suvei selanjutnya yaitu Survei Biaya Hidup 2018 atau yang lebih dikenal dengan sebutan SBH 2018. Berbicara mengenai SBH, berkaitan langsung dengan inflasi atau deflasi yang lebih diketahui oleh masyarakat awam sebagai kenaikan atau penurunan harga. Berbicara mengenai kedua istilah ekonomi tersebut, ternyata kedua nilai tersebut dihasilkan dari penghitungan IHK.

Tahukah Anda apa kaitannya IHK dengan SBH 2018 dan kenapa harus SBH 2018? Menilik kedua hal tersebut, Anda harus mengetahui tujuan dilaksanakannya SBH 2018. SBH 2018 adalah survey pengeluaran konsumsi rumah tangga di daerah perkotaan (urban area). Kepala BPS RI, I Kecuk Suhariyanto dalam sambutan pembukaan Pelatihan Innas SBH 2018 (Bandung, 23/10/2017), menyebutkan bahwa, Urban area dipilih karena pada umumnya pola konsumsi daerah perkotaan lebih bervariasi, yang mana non makanan lebih diprioritaskan dibandingkan makanan.

Rumah tangga di daerah perkotaan menganggap kebutuhan konsumsi non makanan dapat diperoleh dengan mudah tanpa harus takut memikirkan tercukupi atau tidaknya konsumsi makanan, yang secara tidak langsung menunjukkan tingkat kesejahteraan dan kemampuan ekonominya lebih baik dibandingkan pedesaan.

Salah satu bahan dasar penghitungan IHK adalah SBH. SBH dilaksanakan 5 tahun sekali. Saat ini IHK dihitung berdasarkan SBH tahun 2012, yang merupakan survey yang ke-6 sejak pertama kali dilaksanakan. Perkembangan teknologi informasi, perubahan pendapatan masyakat, perubahan pola penawaran dan permintaan barang/jasa, perubahan kualitas dan kuantitas barang/jasa serta perubahan sikap dan perilaku masyarakat dapat mengubah pola konsumsi masyarakat, misalnya pada tahun 2012 masih tersedia tape recorder namun pada tahun 2017 tidak tersedia lagi komoditi tersebut. 

Dulu untuk berbelanja, kita terlebih dahulu harus mengunjungi pasar atau took untuk memperoleh barang tersebut. Namun sekarang sudah berkembang dan semakin marak pemesanan barang lewat aplikasi online seperti shopee, lazada, gojek, gocar, dll seiring perkembangan teknologi. Perubahan tersebut mengakibatkan paket komoditas dan diagram timbang hasil SBH 2012 sudah tidak sesuai lagi untuk menggambarkan pola konsumsi rumah tangga saat ini secara tepat. 

Oleh karena itu, dibutuhkan SBH 2018 untuk menghasilkan paket komoditas dan diagram timbang terbaru dalam penghitungan IHK. Dengan adanya SBH 2018, nantinya akan diperoleh IHK dengan tahun dasar baru untuk dapat menggambarkan pola konsumsi rumah tangga saat ini yang lebih tepat.

SBH 2018 dilaksanakan di 90 kota, salah satunya adalah kota Pangkalpinang yang terletak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. SBH 2018 direncanakan akan dilaksanakan di salah satu hotel di Pangkalpinang pada tanggal 27-30 November 2017. Dengan adanya SBH 2018 diharapkan dapat diperoleh paket komoditas dan diagram timbang untuk memperbaharui IHK tahun dasar 2012.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Rayakan Ramadhan, Shopee Ajak Pengguna Berbelanja dan Beramal di Bulan Suci Rezki Yanuar, Brand Manager Shopee Indonesia memaparkan kampanye Ramadhan Shopee dalam menyambut bulan suci Ramadhan tahun 2018.
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 
Tempat Sampah Pintar 17 Mei 2018 22:48 WIB


 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia