KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

Tentang Dia 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB

 
 
OPINI

Semangat Luar Biasa Penjaga Perbatasan Negara
Oleh : Iin Suwandi | 02-Apr-2018, 08:31:44 WIB

KabarIndonesia - Pelaksanaan penjaga perbatasan di berbagai tempat menuai apresiasi dari pejabat TNI.  Sebagaimana yang telah dilansir oleh website TNI AD pada beberapa hari terakhir ini bahwa Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menyatakan rasa bangga kepada warga masyarakat perbatasan yang memiliki semangat luar biasa, yaitu semangat Merah Putih yang membara demi menjaga dan mempertahankan wilayah yang paling jauh dari Ibukota Provinsi Kalimantan Utara.

Panglima TNI yang didampingi Kasad Jenderal TNI Mulyono, dan  Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian pada saat bertatap muka dengan masyarakat dan Tokoh Adat Dayak Krayan, bertempat di Markas Koramil 0911-06/Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (29/3) beberapa hari yang lalu.
  
Sebagaimana kita pahami bersama bahwa Provinsi Kalimantan Utara merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia, namun masyarakatnya memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi dan tetap terjaga dengan baik. Hal ini patut menjadi contoh bersama bahwa dengan adanya keberadaan aparat TNI AD di perbatasan akan menjadi kebanggaan dan rasa aman tersendiri dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan bangsa kita terhadap kemungkinan ancaman yang datang dari luar
   
Kita berharap ke depan dengan berbagai persoalan yang dihadapi TNI dalam menjaga perbatasan, pemerintah dapat  memenuhi kebutuhan masyarakat perbatasan berupa fasilitas umum seperti  jalan harus segera dibenahi. 

Sebagaimana terungkap pada saat sesi  dialog antara masyarakat dengan Panglima TNI, tokoh masyarakat wilayah Krayan menyampaikan bahwa salah satu permasalahan utama yang dihadapi adalah susahnya alat transportasi, sehingga harga kebutuhan bahan pokok sehari-hari mahal.    Dapat  dibayangkan, susahnya alat transportasi di wilayah Krayan mengakibatkan harga komoditi menjadi mahal.
Patutlah kita salut dengan kehadiran Panglima TNI yang akan  mendukung berupa  pesawat TNI untuk mengangkut kebutuhan pokok masyarakat. Sehingga harga bisa ditekan. Tentunya kata Panglima akan melihat kesiapan landasan pesawat yang ada di Krayan, untuk menentukan jenis pesawat apa yang bisa digunakan.  
Jika dilihat dari  potensi geografis wilayah Krayan cukup bagus untuk pengembangan pariwisata, selain itu Krayan juga merupakan wilayah yang strategis karena merupakan pintu masuk lintas batas negara.  "Diharapkan dengan dukungan alat transportasi yang lebih baik, ke depan Krayan bisa berkembang menjadi lebih maju, jelas Panglima.
   
Diakhir pertemuan Panglima TNI berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan terkait sarana transportasi di wilayah ini. Panglima mengatakan, " saya yakin dengan tersedianya alat transportasi akan membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomiannya. Diharapkan turis dari berbagai bangsa akan datang."

Sementara, pada kesempatan yang sama, Kapolri juga menuturkan  bahwa Polri dengan TNI sepakat untuk memperkuat daerah perbatasan, khususnya perbatasan di Kalimantan yang mempunyai garis perbatasan cukup panjang.  "Ini tidak bisa dikerjakan sendiri oleh salah satu instansi, perlu kerja sama antara aparat keamanan dengan Pemda, Imigrasi, Bea Cukai serta masyarakat untuk mengamankan daerah perbatasan dari ancaman lintas batas illegal dan kejahatan transnasional." sebut Kapolri.   
Dengan demikian wilayah perbatasan adalah merupakan pintu gerbang kedaulatan bangsa yang harus dijaga. TNI AD sudah lama menjadi pengabdi negara untuk menjaga perbatasan Indonesia di berbagai tempat patutlah diapresiasi sebesar-besarnya. Karena bukan hanya menjaga perbatasan tapi juga harus siap terpencil dan terkucil dari keramaian hiruk pikuk. 

Fasilitas seperti jalan yang tidak memadai ditambah lagi dengan tidak lancarnya distribusi kebutuhan pokok sehari-hari menjadi  tambahan keterbatasan dalam mengawal perbatasan bagi aparat TNI. Hanya TNI AD yang konsisten menjaga perbatasan  akan tercatat dalam tinta emas dalam sejarah perjalanan bangsa dalam mengawal  dan menjaga kedaulatan negara dari setiap ancaman yang datang dari luar.(*) 

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia