KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
ProfilMelani Butarbutar: Tekad Putra Samosir, Melayani Aspirasi Rakyat Sepenuh Hati oleh : Wahyu Ari Wicaksono
05-Nov-2018, 09:11 WIB


 
 
KabarIndonesia - Mengawali karir sebagai CPNS tahun 1976 di kantor Camat Simanindo Ambarita (Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara) dengan pangkat/golongan Juru Muda Tingkat I (I/b), pada Februari tahun 2017 lalu, Danny Melani Michler Hotpantolo Butarbutar atau biasa disebut Melani Butarbutar
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sepertiga Malam 05 Nov 2018 15:57 WIB

Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Menjadi Wartawan Pilihan Hidupku 09 Nov 2018 15:39 WIB


 

Salah Kaprah Orang Tua Soal Dana Pendidikan Anak

 
OPINI

Salah Kaprah Orang Tua Soal Dana Pendidikan Anak
Oleh : Setyo Sudirman | 22-Jun-2018, 15:06:07 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, Ada kesalahan umum yang sering dilakukan orang tua dalam mempersiapkan biaya pendidikan anak. Banyak orang tua menyepelekan biaya pendidikan. Akibatnya, ketika si buah hati masuk tahun ajaran baru, mereka kelimpungan dan ngutang sana-sini untuk membayar biaya sekolah anak.

Kondisi seperti ini marak terjadi pada tahun ajaran baru 2018/2019 ini. Banyak orang tua kaget saat memasukkan si buah hatinya di sekolah atau universitas favorit. Mereka tidak menyangka biaya yang harus dikeluarkan begitu banyak.

Begitulah, kesalahan konkret yang terkadang tidak disadari dan kerap dilakukan para orang tua yaitu tidak menyisihkan uang dalam jumlah yang cukup untuk pendidikan anak. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya saja keterlambatan dalam memulai penyiapan dana pendidikan itu sendiri atau bisa jadi kesalahan dalam melakukan perhitungan mengenai seberapa besar biaya yang harus disisihkan setiap bulannya.

Idealnya, biaya pendidikan anak mulai dari TK-Perguruan Tinggi mulai saat anak dalam kandungan. Dengan begitu, biaya yang dikumpulkan benar-benar bakal meringankan biaya yang harus ditanggung begitu si buah hati lahir dan masuk sekolah.

Selain itu, memiliki angka kasar untuk biaya anak di masa depan sejak dini sangat diperlukan agar tidak terkejut begitu disodori nominal biaya sekolah anak begitu masuk sekolah atau universitas.

Nah, untuk mengalkulasi biaya pendidikan anak di masa depan bisa dilakukan dengan mudah. Rumus sederhananya yaitu dengan menggunakan patokan rata-rata inflasi. Namun karena biaya pendidikan itu kenaikannya jauh di atas angka inflasi, demi gampangnya ambillah angka 10%.

Dengan angka kenaikan 10% per tahun ini, misalkan biaya pendidikan saat ini Rp. 2.000.000,- maka perkiraan biaya pendidikannya akan naik sekitar 200 ribu rupiah setiap tahunnya dan pada 10 tahun yang akan datang naik menjadi sekitar Rp. 4.000.000,- per tahunnya.

Tak hanya biaya pendidikan, biaya hidup selama menyelesaikan pendidikan juga perlu diperhitungkan. Yang termasuk biaya hidup ini bisa mencakup biaya makan sehari-hari, biaya kos, baju baru, biaya ekstrakurikuler dan berbagai biaya lainnya. Nah, untuk biaya hidup ini sebaiknya kenaikkannya dikalkulasi berdasarkan rerata tingkat inflasi.

Dengan menjumlahkan biaya pendidikan dan biaya hidup anak selama menempuh pendidikan anak di masa depan maka akan didapatkan angka kasar untuk biaya pendidikan dan hidup anak di masa depan. Setelah mendapatkan angka kasar ini, saatnya kita menyiapkannya dengam rajin menyisihkan dana pendidikan anak dari pendapatan atau gaji bulanan dan mengembangkannya di instrumen yang tepat.

Menurut para pakar keuangan, ada banyak alternatif untuk mengembangkan dana pendidikan anak mulai dari tabungan biasa, tabungan pendidikan, deposito, asuransi dan investasi. Pilihan yang direkomendasikan para pakar keuangan tersebut biasanya investasi. Ada banyak investasi yang saat ini tersedia mulai dari emas, properti, bisnis, koleksi barang antik, reksadana, obligasi hingga saham. Dari kesemuanya ini, investasi reksadana lah yang kerap di anjurkan para perencana keuangan.

Mereka berpandangan investasi reksadana ini instrumen investasi yang paling cocok untuk menyiapkan dana pendidikan anak. Karena dana pendidikan ini biasanya untuk durasi jangka panjang, reksadana tentu lebih menguntungkan karena menawarkan keuntungan yang jauh di atas atas inflasi. Dengan melakukan investasi di reksadana, biaya pendidikan anak di masa depan tentu tidak akan begitu membebani dan membuat terkejut.

Ada banyak pilihan jenis reksadana yang bisa disesuaikan dengan jangka waktunya mulai dari reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, dan reksadana pasar saham.

Kesemua pilihan reksadana ini pun kini mudah diakses secara online, seperti melalui platform IPOTFUND milik PT Indo Premier Sekuritas. Supermarket reksadana online pertama di Indonesia ini memudahkan masyarakat untuk menyiapkan pemenuhan kebutuhan dana tahun ajaran baru. Di IPOTFUND dijajakan lebih dari 200 produk reksadana dari 35 Manajer Investasi.

Investasi reksadana di IPOTFUND banyak untungnya karena transaksi pembelian atau penjulan reksadana di IPOTFUND benar-benar gratis dan keuntungan yang didapatkan benar-benar bersih tanpa dipotong pajak.

Satu hal yang menggembirakan, investasi di platform ini akan mendatangkan return yang lebih dari inflasi, berbeda halnya dengan tabungan dan deposito yang memberikan bunga di bawah inflasi. Karena itu, dana pendidikan anak pun bisa lebih ringan bebannya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Astra Dukung Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawaoleh : Rohmah S
12-Nov-2018, 10:18 WIB


 
  Astra Dukung Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Rini Soemarno (kedua kiri) didampingi Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas (kedua kanan) saat flag off Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa di Surabaya (12/11).
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia