KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
HukumRUU Omnibus Law Inskonstitusional Buruh Minta Stop Pembahasan Sidang Paripurna DPR RI oleh :
05-Okt-2020, 04:26 WIB


 
 
KabarIndonesia - Berbagai serikat pekerja yang merupakan afiliasi global unions federations menyatakan kekecewaannya terhadap hasil pembahasan Omnibus Law RUU Cipta Kerja tingkat pertama pada Sabtu malam (3/10). Mayoritas fraksi di DPR RI dan pemerintah sepakat untuk melanjutkan pembahasan ke tingkat
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Refleksi 15 Tahun Tsunami Aceh

 
OPINI

Refleksi 15 Tahun Tsunami Aceh
Oleh : Bang Rachmad | 29-Des-2019, 09:46:57 WIB

KabarIndonesia - Banda Aceh, Tidak terasa sudah 15 tahun berlalunya peristiwa yang sangat tragis yaitu gempa bumi dan Tsunami Aceh.

Peristiwa itu terjadi pada hari Minggu, 26 Desember 2004. Dan puncaknya pada hari Kamis 26 Desember 2019 telah diadakan peringatan mengenang Tsunami Aceh atau yang terkenal dengan Peristiwa 15 Tahun Tsunami.

Kali ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh mengambil tempat puncak peringatan 15 tahun Tsunami Aceh di PCC-Sigli dan turut dihadiri oleh Plt Gubernur Aceh Ir.Nova Iriansyah, MT; Kepala BNPB Letjen Doni Monardo, Ust Syauqi Zainuddin MZ sebagai penceramah dan Ust Zamhuri Ramli sebagai pimpinan zikir, para duta besar negara sahabat, tamu VIP, unsur Forkopimda Aceh serta puluhan jurnalis cetak, online dan elektronik.

Selain itu juga ada pemutaran film dokumenter "Bangkit Bersama Pasca Bencana", Launching Buku Tsunami, santunan anak yatim, tausiyah & doa bersama, juga dilakukan penyerahan sertifikat kepada Duta Besar Negara Sahabat.

Ada 150 negara asing yang turut membantu Aceh, untuk itulah perlunya apresiasi dan penghargaan kepada dunia internasional dan negara sahabat, yang telah membantu proses rekonstruksi dan rehabilitasi, Aceh pasca gempa dan Tsunami 2004 silam.

Dalam Sambutannya Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah,MT; mengingatkan bahwa, "Peringatan Tsunami Aceh bukan untuk membuka luka lama, melainkan sebagai sarana meningkatkan keimanan dan media pembelajaran dan membangun kesadaran kita agar peduli dengan pelestarian lingkungan dan selalu waspada terhadap segala jenis bencana, sesuai dengan tema peringatan Tsunami Aceh kali ini, "Melawan Lupa, Membangun Siaga."

Di Banda Aceh sendiri masyarakat memperingati 15 tahun Tsunami Aceh dengan doa dan zikir di masjid-masjid dan mushala.

Ada yang dimulai sejak paska Shalat Shubuh, ada yang telah dimulai sejak 3 hari sebelum hari H. Ada juga doa dan zikir setelah Shalat Dhuzur dan Shalat Mahgrib.

Pada hari Kamis, 26 Desember 2019, aktivitas masyarakat banyak diisi dengan doa dan zikir bersama. Disusul juga Shalat Gerhana Matahari Cincin pada jam 11:00-14:00 WIB.

Kuburan Massal di Ulee Lheue dan kuburan massal di Siron ramai juga orang melakukan zikir dan doa bersama. Kali ini di kompleks kapal Apung/PLTD Apung di Punge tidak ada zikir dan doa bersama tetapi dipusatkan di masjid yang baru dibangun di depan kompleks kapal Apung/PLTD Apung. Dan dilanjutkan Shalat Gerhana Matahari paska Shalat Dzuhur.

Museum Tsunami Aceh juga mengadakan beragam acara seperti pembagian buku gratis untuk 300 anak, pembagian gratis 1.500 cup kopi sanger, serta malam renungan bencana.
Sebagian lagi masyarakat fokus di pulau Simeuleu untuk memantau langsung jalannya Gerhana matahari Cincin (GMC) yang melanda Aceh tepat pada hari peringatan 15 tahun Tsunami Aceh, Kamis, 26 Desember 2019.(*)

Untuk semua muslimin dan muslimat korban gempa bumi dan Tsunami Aceh yang telah meninggal dunia marilah Kita membaca Alfatihah 7 X... Amin.

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembalioleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
10-Jun-2020, 09:39 WIB


 
  Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembali Obyek wisata rohani Salib Kasih di pegunungan Siatas Barita, Tapanuli Utara dibuka kembali sejak Jumat (5/6), setelah dua bulan lebih ditutup akibat wabah Covid-19. Lokasi wisata ini salah satu destinasi unggulan yang dibangun bupati Lundu Panjaitan tahun 1993. Puluhan ribu
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia