KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalRudiantara: 4,6 Juta UMKM Sudah Online oleh : Sesmon Toberius Butarbutar
15-Nov-2017, 21:01 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan berdasarkan data terdapat 4,6 juta UMKM dari target delapan juta UKM hingga 2019 telah masuk akses online.

"Kami punya target mengonlinekan delapan juta UMKM hingga tahun 2019, namun sekarang baru
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Hujan Tak Pernah Sendiri 13 Nov 2017 20:13 WIB

Ada Saat 08 Nov 2017 13:32 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
OPINI

Peran Babinsa Mengatasi Buta Aksara di Provinsi Sulawesi Tenggara
Oleh : Iin Suwandi | 04-Mei-2017, 22:17:42 WIB

KabarIndonesia - Salah satu peran TNI adalah memberikan bantuan dalam wujud nyata guna menyejahterakan masyarakat dan kegiatan tersebut sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab moral bagi anggota TNI. Tanggung jawab tersebut berada di pundak Babinsa yang selalu berhubungan dengan masyarakat dan sebagai pelaksana satuan komando kewilayahan dalam melaksanakan tugas pembinaan teritorial.

Disamping itu juga sebagai sarana untuk menjalin kedekatan antara TNI dengan masyarakat yang sangat memerlukan uluran tangan, sehingga masyarakat akan semakin merasakan peran TNI dalam mengatasi berbagai kesulitan yang terjadi di masyarakat.

Babinsa di Holimombo, Desa Koholimombona dan Desa Bajo Bahari Kec. Wabula Kab. Buton merupakan daerah pesisir kepulauan dan terpencil yang berada di Propinsi Sulawesi Tenggara berhasil membantu masyarakat. Kondisi sosial ekonomi maupun infrastruktur kedua desa tersebut sangat memprihatinkan dan terbatas, termasuk taraf pendidikan masyarakatnya pun sangat rendah. Ini dapat dilihat dengan masyarakat di desa itu pada umumnya belum bisa baca tulis (buta aksara).
   
Kondisi tersebut membuat para Babinsa di daerah tersebut berusaha untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sesuai dengan perintah Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bhakti setahun yang lalu, agar seluruh satuan terutama Kodim, Koramil maupun Babinsa mendirikan rumah baca serta perpustakaan keliling. Hal ini dilakukan dalam rangka membantu Pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya mengentaskan masalah buta aksara di daerah.

Seorang Babinsa atas nama Kopka Sutardi NRP 31960260520876 dengan bersinergi bersama Babinkamtibmas dan aparat Desa setempat berhasil mendirikan rumah baca dan perpustakaan keliling serta menggiatkan warganya untuk belajar membaca dan menulis. Dalam kurun waktu kurang lebih satu tahun mampu mengurangi tingkat buta aksara penduduk setempat dari 90 % menjadi 55 %.

Sebagai penghargaan atas prestasi di bidang pendidikan yang dilakukan seorang Babinsa berpangkat Kopral tersebut, dia diundang makan siang bersama Bapak Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta pada tanggal 2 Mei 2017. Acara digelar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, dengan thema "Percepat Pendidikan Yang Merata dan Berkualitas".   
Kita sangat bersyukur atas kreatifitas TNI AD dan ketangguhan melintasi beberapa pulau. Anggota Koramil Pasar Wajo Kodim 1413/Buton itu, tidak hanya mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat, tetapi juga mendapatkan tempat di hati masyarakat di ketiga perkampungan tersebut. Babinsa ini mendapatkan banyak pujian dari para petinggi Pemerintah Kab. Buton dan Pemerintah Propinsi Sulawesi Tenggara serta Dinas terkaitnya.     
Semua itu demi mewujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat dan menjaga hubungan yang harmonis antara Babinsa dengan masyarakat binaannya. Seiring dengan itu, maka Babinsa memiliki kewajiban untuk melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) sebagai tugas rutin. Selain itu,untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan dari Babinsa tersebut dan akan lebih mempererat hubungan antara TNI dan Masyarakat. Dengan adanya Babinsa melakukan perpustakaan keliling di Desa binaannya secara tidak langsung Babinsa akan tahu permasalahan yang terjadi dalam masyarakat.   
Ketidakberdayaan sebagian masyarakat memenuhi kebutuhan pendidikan dan pengetahuan tentang kualitas sumber daya manusia merupakan  salah satu  persoalan  yang  dapat menghambat tercapainya kesejahteraan suatu komunitas dalam masyarakat. Namun kegiatan Babinsa dalam mengadakan perpustakaan keliling secara nyata dapat mengatasi kesulitan masyarakat yang belum bisa baca tulis sehingga dapat meningkatkan taraf kecerdasan untuk menjadi manusia yang berkualitas di masa yang akan datang. (*)  

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Mendes PDTT Ajak Astra Lanjutkan Membangun Indonesia dari Wilayah Terluar Mendes PDTT Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo melakukan pemeriksaan darah di booth pengobatan gratis yang disediakan dalam acara Festival Kesehatan Inspirasi 60 Tahun Astra di Hotel Rinra Makassar hari ini (18/11). Acara Festival Kesehatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Memahami Inflasi Lebih Dalam 21 Nov 2017 03:39 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Beriman dan Bijaksana 12 Nov 2017 06:45 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia