KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKota Pintar akan Ciptakan Peluang Besar, Bagaimana dengan Indonesia? oleh : Rohmah Sugiarti
20-Mei-2017, 05:04 WIB


 
 
KabarIndonesia - Sejumlah negara di dunia, menerapkan kemajuan teknologi informasi pada proses adaptasi untuk melahirkan model pendekatan pembangunan yang relatif baru yang disebut Kota Pintar (Smart City).

Kota Pintar didesain mampu meningkatkan produktivitas manusia yang tinggal di dalamnya,
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Nantikanlah Kedatanganku 25 Apr 2017 23:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
OPINI

Pengaruh Media Sosial Dalam Kehidupan
Oleh : Iin Suwandi | 23-Feb-2017, 06:56:25 WIB

KabarIndonesia - Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat berpengaruh besar terhadap perkembangan situasi global saat ini. Pada kenyataannya, teknologi informasi selalu memberikan feedback, baik secara positif maupun negatif terhadap setiap aspek kehidupan. Kita boleh membuka diri kepada siapa saja yang jelasnya tidak boleh juga terlalu telanjang dan perlu filter.

Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat populer di lingkungan masyarakat saat ini adalah Media Sosial (Medsos). Di zaman sekarang, media sosial sudah menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang. Jejaring media sosial yang digunakan oleh masyarakat banyak jenisnya diantaranya facebook, twitter, telegram, instagram, whatsapp dan lain-lain.

Perkembangan media sosial tentunya akan berdampak secara positif jika ia dikelola secara cermat. Bahkan salah satu pejabat teras TNI AD Mayor Jenderal TNI  Rudy Yulius Huliselan dalam salah satu forum resmi pada Jumat (10/2) menyoroti dampak media sosial. Mereka mengungkapkan bahwa ada beberapa sisi positif  dan sisi negatif dari penggunaan media sosial dalam kehidupan kita. Menurut Mayjen TNI Rudy Yulius Huliselan bahwa sisi positif media sosial yaitu: Pertama, media sosial menyediakan informasi yang cepat dan akurat.  Beragam informasi bisa diperoleh dengan mudah dan cepat, baik itu informasi layanan publik, gangguan keamanan, kemacetan, kecelakaan dan sebagainya. Itulah yang membuat instansi-instansi saat ini mulai bersosialisasi lewat sosial media, sehingga informasi seputar organisasi dapat kita ketahui sesegera mungkin. 

Kedua, Menyediakan ruang untuk berpesan positif. Jangan heran, penggunaan sosial media saat ini sudah banyak digunakan oleh pengusaha, politikus, tokoh agama, ulama, motivator, mahasiswa, pelajar dan lainnya sebagai sarana untuk mempublish berbagai kepentingan mereka. Ada hal-hal positif yang bisa dipetik dari ulasan mereka, tinggal memilah baik buruknya sesuai kebenaran dan nurani. 

Ketiga, Mengakrabkan hubungan pertemanan. Kesibukan adalah salah satu yang membelenggu kita untuk saling kenal satu sama lainnya, padahal nyata-nyata kita berasal dari daerah atau alumni yang sama. Survey membuktikan bahwa solidaritas kedaerahan, satu alumni atau satu instansi masih cukup tinggi. media sosial saat ini telah menjembatani lewat group-group yang dibangun dengan beragam komunitasnya. Saling kenal, saling share dan saling berbagi informasi akan membuat cakrawala berpikir kita semakin luas. 

Keempat, Mempererat silaturahmi. Indonesia adalah Negara Kepulauan dan tersebar diseluruh Nusantara, dalam hal bersilaturahmi dengan keluarga, sahabat dan lainnya yang cukup berjauhan membutuhkan biaya, waktu dan tenaga, berkat layanan sosial media saat ini semuanya menjadi mudah dan praktis. 

Kelima, Menambah wawasan dan pengetahuan. Sesuatu hal yang tidak diketahui dan anda butuh jawaban secepatnya, tidak harus bertanya kesana kemari, cukup browsing di google dan ketik pertanyaan anda maka dalam sekejab muncul jawabannya. 

Lalu bagiamana dengan dampak negatif media sosial terhadap kehidupan kita sehari-hari?. Mayor Jenderal TNI  Rudy Yulius Huliselan berpesan kepada para prajurit  TNI AD agar hati-hati menggunakan Media Sosial. Berikut  dampak  sisi negatif penggunaan media sosial yang dapat membahayakan jika: Pertama, Pengguna media sosial susah bersosialisasi secara langsung serta menjadi tidak peduli dengan keadaan sekitar. Hal ini disebabkan karena pengguna media sosial menjadi malas belajar berkomunikasi secara  nyata, hanya berbagi dan berinteraksi di dunia maya. Pengguna media sosial juga menjadi terbiasa dengan bahasa yang tidak formal yang digunakan di Media sosial sehingga sulit untuk menggunakan bahasa baku. 

Kedua, Kejahatan yang dikenal dengan sebutan cyber crime yang terjadi di dunia maya seperti hacking, cracking, phising, spamming, dan lain-lain. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun dengan mudah diakses oleh siapapun sehingga mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal serta banyaknya penipuan yang dilakukan menggunakan media sosial, seperti online shop yang tidak benar-benar menjual suatu produk. 

Ketiga, Perkembangan teknologi dalam media informasi seperti media sosial, dapat juga digunakan sebagai media propaganda dalam suatu konflik antar pihak yang sedang bertikai. Dalam propaganda yang dilakukan melalui media sosial yang ada, dapat mengeksploitasi kelemahan-kelemahan dan menyebarkan isu-isu negatif kedua belah pihak yang berseteru. 

Keempat, Perkembangan Media Sosial yang begitu pesat juga mempengaruhi pada perubahan tatanan kehidupan masyarakat, dengan cara mempengaruhi pola pikir dan perilaku masyarakat dalam menerima serta menganalisis informasi yang sifatnya menghasut sehingga menimbulkan keresahan. 

Oleh karena itu dengan adanya dampak positif dan negatif yang diungkapkan Mayor Jenderal TNI Rudy Yulius Huliselan tersebut, kita selaku warga negara harus dapat memanfaatkan media sosial untuk kemaslahatan bersama. Jangan sampai media sosial sebagai pengembangan teknologi yang makin maju justru akan menjeremuskan kita pada hal-hal merugikan diri sendiri dan keluarga. Kita patut bersyukur kepada pejabat TNI AD yang  dapat memberikan pencerahan  kepada kita untuk dapat dijadikan pedoman dalam memanfaatkan media sosial. (*)   


 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babeloleh : Rohmah Sugiarti
17-Mei-2017, 12:26 WIB


 
  Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babel Gubernur Babel Erzaldi Rosman (berdiri) menyemangati peserta Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2017 didampingi Dosen Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana UI Emil Salim (kedua kiri) dan Wamen Diknas RI 2010-2012 Fasli Jalal (ketiga kanan), Penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2013 Hardinisa
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia