KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiPerpanjangan Masa Pendaftaran PMOH oleh : Redaksi-kabarindonesia
23-Feb-2018, 06:20 WIB


 
 
KabarIndonesia - Untuk memberikan kesempatan kepada mereka yang baru saja mengetahui mengenai pendaftaran PMOH Tahun Ajaran X, 2018, maka manajemen PMOH akan memperpanjang masa pendaftaran hingga 26 Februari 2018. Harapan manajemen PMOH agar mereka memiliki waktu cukup untuk melengkapi persyaratan pendaftaran.
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Penghianat 22 Feb 2018 12:07 WIB

Dengarkan Kami 22 Feb 2018 12:05 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
OPINI

Pangkalpinang Kota SBH Dengan Taraf Rumah Tangga Sejahtera
Oleh : Rahma Nurhamidah | 02-Des-2017, 05:55:05 WIB

KabarIndonesia - Berdasarkan hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional Kor, Maret 2016 didapatkan hasil bahwa sebanyak 16,9 persen penduduk dari Kota Pangkalpinang termasuk dalam golongan yang memiliki pengeluaran Rp. 500.000-Rp. 1.200.000 per kapita sebulan.

Pengeluaran rata-rata perkapita sebulan untuk kelompok makanan di kota Pang- kalpinang adalah Rp. 682.567 dimana proporsi terbesar adalah pengeluaran untuk makanan dan minuman jadi. Proporsi terbesar kedua adalah untuk konsumsi rokok, yaitu Rp.93.486. Sedangkan untuk kelompok non-makanan, lebih dari 50 persen pengeluaran di alokasikan untuk perumahan, bahan bakar, penerangan dan air. 

Secara umum pengeluaran kelompok non-makanan lebih tinggi daripada pengeluaran untuk kelompok makanan. Pengeluaran non makanan yang lebih besar dibandingkan makanan secara tidak langsung menunjukkan perubahan tingkat kesejahteraan rumah tangga. Rumah tangga sudah terlepas dari kategori miskin, karena sudah merasa cukup untuk pengeluaran kelompok makanan dan lebih memprioritaskan untuk pengeluaran kelompok non makanan.

Apabila dilihat dari pengeluaran per kapita sebulan untuk kelompok makanan, kelompok makanan "makanan dan minuman jadi" mendominasi pengeluaran terbesar pada tahun 2016. Bahkan kelompok pengeluaran tersebut lebih besar dibandingkan kelompok makanan "padi-padian". Hal ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa meskipun mengkonsumsi beras, rumah tangga  masih tetap mengkonsumsi makanan dan minuman jadi dengan utilitas yang lebih tinggi.
 
Berdasarkan bahasan di atas, secara tidak langsung menyimpulkan bahwa Pangkalpinang merupakan kota SBH dengan taraf rumah tangga sejahtera. Rumah tangga di Pangkalpinang dianggap terlepas dari miskin, karena adanya peralihan pola konsumsi masyarakat untuk memperbanyak konsumsi non makanan dibandingkan makanan. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan ketercukupan kebutuhan rumah tangga terhadap konsumsi makanan.(*)    

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Astra International Investasi USD150 Juta di GO-JEKoleh : Rohmah Sugiarti
12-Feb-2018, 22:21 WIB


 
  Astra International Investasi USD150 Juta di GO-JEK Menteri Komunikasi & Informasi RI Rudiantara (kedua kiri) bersama Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (kedua kanan), Chief Executive Officer & Founder Go-Jek Nadiem Makarim (kiri) dan President & Co-Founder Go-Jek Andre Soelistyo berswafoto bersama seusai konferensi pers
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Nasehat Mengelola Amarah 04 Feb 2018 11:15 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia