KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahBupati Samosir Sampaikan Surat Protes Tentang Annual Fee kepada Gubernur Sumut oleh : Danny Melani Butarbutar
15-Des-2018, 14:30 WIB


 
 
KabarIndonesia - Samosir, Sebagaimana dilansir berbagai media cetak dan online di Sumatera Utara, juga telah diberitakan media ini, dua kepala daerah yakni bupati Samosir dan bupati Tapanuli Utara menyampaikan protes keras kepada Gubernur Sumatera Utara. Protes tersebut terkait SK Gubsu
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sepertiga Malam 05 Nov 2018 15:57 WIB

Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Ucup Kecil, Sang Penantang Takdir 15 Des 2018 11:22 WIB

 
 
OPINI

Pangkalpinang Kota SBH Dengan Taraf Rumah Tangga Sejahtera
Oleh : Rahma Nurhamidah | 02-Des-2017, 05:55:05 WIB

KabarIndonesia - Berdasarkan hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional Kor, Maret 2016 didapatkan hasil bahwa sebanyak 16,9 persen penduduk dari Kota Pangkalpinang termasuk dalam golongan yang memiliki pengeluaran Rp. 500.000-Rp. 1.200.000 per kapita sebulan.

Pengeluaran rata-rata perkapita sebulan untuk kelompok makanan di kota Pang- kalpinang adalah Rp. 682.567 dimana proporsi terbesar adalah pengeluaran untuk makanan dan minuman jadi. Proporsi terbesar kedua adalah untuk konsumsi rokok, yaitu Rp.93.486. Sedangkan untuk kelompok non-makanan, lebih dari 50 persen pengeluaran di alokasikan untuk perumahan, bahan bakar, penerangan dan air. 

Secara umum pengeluaran kelompok non-makanan lebih tinggi daripada pengeluaran untuk kelompok makanan. Pengeluaran non makanan yang lebih besar dibandingkan makanan secara tidak langsung menunjukkan perubahan tingkat kesejahteraan rumah tangga. Rumah tangga sudah terlepas dari kategori miskin, karena sudah merasa cukup untuk pengeluaran kelompok makanan dan lebih memprioritaskan untuk pengeluaran kelompok non makanan.

Apabila dilihat dari pengeluaran per kapita sebulan untuk kelompok makanan, kelompok makanan "makanan dan minuman jadi" mendominasi pengeluaran terbesar pada tahun 2016. Bahkan kelompok pengeluaran tersebut lebih besar dibandingkan kelompok makanan "padi-padian". Hal ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa meskipun mengkonsumsi beras, rumah tangga  masih tetap mengkonsumsi makanan dan minuman jadi dengan utilitas yang lebih tinggi.
 
Berdasarkan bahasan di atas, secara tidak langsung menyimpulkan bahwa Pangkalpinang merupakan kota SBH dengan taraf rumah tangga sejahtera. Rumah tangga di Pangkalpinang dianggap terlepas dari miskin, karena adanya peralihan pola konsumsi masyarakat untuk memperbanyak konsumsi non makanan dibandingkan makanan. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan ketercukupan kebutuhan rumah tangga terhadap konsumsi makanan.(*)    

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australiaoleh : Rohmah S
10-Des-2018, 22:14 WIB


 
  Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia 20 pelari dari 6 negara: Indonesia, Australia, Amerika, Inggris, New Zealand dan Swedia ikuti swimrun di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan jarak lari 20km dan berenang 3km. Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (kiri)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia