KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Serba SerbiBerkat di Balik Wabah Corona oleh : Fida Abbott
09-Apr-2020, 01:17 WIB


 
 
KabarIndonesia - Tahun 2020 ini merupakan tahun bersejarah bagi dunia. Siapa yang tak kenal Covid-19? Makhluk kasat mata ini menjadi populer di mana-mana saat ini. Dia bukan pahlawan dunia yang umumnya dikenang sepanjang masa melainkan sebuah musuh yang dikenal oleh masyarakat
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pemunafik 05 Apr 2020 16:00 WIB

Rembulan di Celah Matamu 07 Mar 2020 15:27 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
OPINI

Memahami Lock Down dan Pandemi Terkait Virus Corona
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 13-Mar-2020, 18:56:11 WIB

KabarIndonesia - Virus corona COVID-19 sebagai virus yang mematikan telah ditetapkan sebagai pandemi oleh organisasi kesehatan dunia (WHO). Secara global, total kasus adalah 134.448. Dengan angka kematian 4.970 dan 68.915 orang sembuh. Negara dengan kasus terbanyak antara lain, China (80.796), Italia (15.113), Iran (10.075), Korsel (7.869), dan Spanyol (3.146).

Beberapa negara pun telah menerapkan kebijakan lockdown atau isolasi massal bagi aktivitas warganya demi mencegah semakin meluasnya penularan virus corona (Covid-19). Sebut saja misalnya, negara Italia, Denmark, juga Filippina telah melakukannya.

Sebuah video viral di media sosial menunjukkan kondisi yang dihadapi warga Italia di tengah lockdown karena virus corona COVID-19. Italia menjadi salah satu negara yang terdampak parah oleh wabah virus yang hingga Jumat (13/3/2020) telah memakan lebih dari 1.000 korban jiwa.

Dikutip dari Reuters, Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengumumkan penghentian sementara lalu lintas darat, laut dan udara domestik, ke dan dari ibu kota Manila. Bukan hanya itu, karantina masyarakat juga dilakukan. Ia menyebut upaya ini sebagai "lockdown" atau dikunci alias isolasi. Menurutnya ini berguna untuk membendung virus corona di negeri itu.

Duterte juga menyetujui resolusi lain soal penanganan wabah. Seperti larangan pertemuan warga dalam skala besar, penutupan sekolah selama satu bulan dan karantina komunitas tertentu di mana kasus ditemukan. Berdasarkan data Worldometer Jumat (13/3/2020), ada 52 kasus corona di Filipina dengan total korban tewas tiga orang. Sementara pasien sembuh baru satu kasus.

Sejak virus corona menjadi pembicaraan dunia, tidak hanya mendengar Covid-19 yang membuat warga masyarakat ketakutan, malah Istilah lock down, isolasi, karantina, wabah, endemi dan pandemi, mengundang pro kontra dan kekuatiran

Berikut ini dirangkum dari berbagai sumber, penjelasan dan perbedaan antara istilah lockdown, isolasi dan karantina (cara pencegahan penyebaran), dan juga wabah, endemi dan pandemi (penyakit).

Lockdown artinya apa?

Lockdown merupakan tindakan darurat atau kondisi saat orang-orang untuk sementara waktu dicegah memasuki atau meninggalkan area atau bangunan yang telah ditentukan selama ancaman bahaya berlangsung.
Beberapa negara yang telah menerapkan lockdown adalah Italia dan Denmark. Contoh dari kebijakan ini seperti meliburkan sekolah, dilarang bepergian, dan tidak boleh beraktivitas di area publik demi mencegah penyebaran virus.

Juru Bicara Pemerintah RI untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan beberapa negara sudah melakukan lock down. Menurutnya, cara ini dalam rangka menyikapi pengendalian sebaran virus corona, tapi cara ini punya kelemahan.

"Di-lock down ditempatkan agar tidak ada pergerakan orang sakit keluar. Konsekuensinya dengan lock down, kasus di tempat itu naik dengan cepat," kata Yuri dengan mencontohkan pada awak Kapal Pesiar Diamond Princess. Saat dilakukan lock down, justru yang terjadi lonjakan korban positif Covid-19.

Biasanya orang-orang yang berada pada lockdown, selain tingkat kesehatannya sudah menurun karena sakit, juga bertambah sakit karena stress (psikologi). Di Italia, untuk menghilangkan kejenuhan, rasa takut dan keterpisahan, dan untuk menambah semangat mereka memutar lagu bersama namun tetap berada di rumah masing masing

Isolasi itu bagaimana?

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) isolasi berarti pemisahan. Artinya pemisahan yang dilakukan pada pasien infeksi penyakit dari orang-orang sehat di sekitarnya untuk menghindari terjadinya penularan.
Contohnya adalah pasien yang terbukti terinfeksi virus corona akan diisolasi di dalam rumah sakit. Selain dapat mencegah penularan penyakit, pasien yang diisolasi juga akan ditangani dengan baik oleh tenaga medis yang andal hingga sembuh.

Kalau karantina itu artinya apa?

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) karantina adalah memisahkan dan membatasi pergerakan seseorang yang terpapar penyakit, tetapi tidak memiliki gejala. Tujuannya untuk mencegah kemungkinan adanya penyebaran penyakit. Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyarankan bagi yang merasa terpapar virus corona untuk melakukan karantina selama 14 hari. Salah satu karantina yang pernah dilakukan adalah karantina pemulangan 237 warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan ke Natuna.


Wabah, Epidemi dan Pandemi

Ahli Epidemiologi dari Texas A&M University, Rebecca Fischer mengatakan, istilah pandemi seringkali dicampuradukan dengan istilah penting lainnya seperti wabah, dan epidemi. “Secara sederhana, perbedaan antara ketiga skenario penyebaran penyakit tersebut adalah persoalan skala,” kata Rebecca dalam opini yang ditulisnya di Conversation.com.

Secara sederhana, wabah merupakan peningkatan kasus penyakit yang dapat terlihat jelas pada periode, tempat dan populasi tertentu. Persebaran penyakit juga masih kecil, di bawah jumlah normal yang dapat diantisipasi.
Jika peningkatan kasus penyakit tersebut berlangsung dalam wilayah geografis yang lebih luas dari sebuah desa atau kota, maka wabah tersebut menjadi epidemi.

Selanjutnya, jika epidemi tersebut menjadi peristiwa berskala internasional, maka bisa disebut sebagai pandemi. Pandemi ditetapkan apabila memenuhi tiga kondisi: menculnya penyakit baru pada penduduk, menginfeksi manusia dan berdampak fatal. Virus corona atau yang kini dikenal dengan Covid-19 bukan satu-satunya pandemi global yang pernah terjadi.

Menuru WHO, pandemi adalah skala penyebaran penyakit yang terjadi secara global di seluruh dunia. Namun, ini tidak memiliki sangkut paut dengan perubahan pada karakteristik penyakitnya, sebagaimana dilaporkan The Guardian.

Pandemi juga memiliki level yang lebih tinggi dibanding epidemi atau keadaan ketika suatu penyakit menyebar dengan cepat di antara banyak orang dan dalam jumlah lebih banyak dibanding yang normal terjadi.

Menyatakan suatu wabah sebagai pandemi artinya WHO memberi "alarm" pada pemerintah semua negara dunia untuk meningkatkan kesiapsiagaan untuk mencegah maupun menangani wabah. Ini dikarenakan saat sebuah pandemi dinyatakan, artinya ada kemungkinan penyebaran komunitas terjadi.

Dalam menentukan suatu wabah sebagai pandemi, WHO tidak memiliki ambang batas dalam jumlah kematian atau infeksi atau juga jumlah negara yang terkena dampak. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Saus Sate Indonesia Buatan Thailandoleh : Fida Abbott
22-Mar-2020, 03:07 WIB


 
  Saus Sate Indonesia Buatan Thailand Saus sate Indonesia ini saya temukan di toko kelontong daerah Chester, negara bagian Pennsylvania, AS. Harganya turun drastis dari $6.99 menjadi $0.99. Jumlahnya banyak sekali yang disetok di rak. Senang melihat salah satu saus terkenal Indonesia dijual di AS. Sayangnya,
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 
Cara Mudah Mulai Investasi Saham 27 Mar 2020 16:14 WIB


 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia