KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
OPINI

MAMPUKAH KITA DIAM & HENING SEJENAK?
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 09-Jun-2020, 15:35:17 WIB

KabarIndonesia - Tidak bisa dipungkiri, pada saat pandemi Corona sedang merajalela di jagad ini, bukannya kita menjadi HENING – DIAM, malah semakin GADUH, BUNYI HINGAR BINGAR manusia di kolong langit ini.

Misalnya, demo di USA atau dimana pun juga, belum lagi kegaduhan diantara sesama pejabat (di Indonesia) yang merasa dirinya paling pintar dan paling so benar untuk mengatur lockdown (isolasi).

Aneh bin nyata, banyak sekali orang yang mencari ketenangan hidup. Padahal untuk mendapatkan ini; kita tidak membutuhkan agama, pendidikan, pengetahuan, pengalaman, kepinteran, pencerahan maupun harta.

Tetapi kenyataannya sulit sekali untuk bisa mendapatkan "waktu maupun tempat"; dimana kita bisa merasakan saat- saat teduh,tenang maupun hening.

HENING itu adalah saat paling indah dimana semua orang pernah merasakan maupun mengalaminya sendiri ialah pada saat seorang ibu menyusui bayi kesayangannya.

Kata HENING dlm bhs Jerman STILLE yg diserap dari kata STILLEN = Menyusui, ialah pada saat sang ibu memberikan asi terhadap bayi kesayangannya. Dalam keheningan itulah akan terasakan HUBUNGAN IKATAN KASIH yang sangat besar sekali antara Ibu dan sang bayi.

Keheningan seperti ini pulalah yang pada saat ini didambakan oleh saya, anda, agar bisa terjalin hubungan yang lebih erat antara kita makhluk dengan Tuhan, tentunya pada saat kita berdoa.

Rumah ibadah entah dimanapun juga pada saat sekarang ini saling berlomba untuk mempergede - memperkeras bunyi SPEAKER nya; entah itu di Gereja ataupun di Mesjid se-akan2 Tuhan itu TOREK bin BUDEG!

Beda dgn kaum QUAKER, mereka pergi ke rumah ibadah hanya sekedar untuk DUDUK TENANG & DIAM, tanpa ada khotbah, nyanyi apalagi musik.

Saat ini, bukan Air maupun Bahan Pangan saja yang akan menjadi barang langka di kolong langit ini, tetapi "Keheningan" pun sudah sukar sekali untuk bisa didapatkan.
Lihat saja disekitar Anda, entah itu dirumah, di kantor maupun di jalan; adakah tempat hening ?

Kita baru akan bisa mendapatkan ketenangan sejenak pada saat kita tidur, tetapi selain daripada itu; dari pagi sampai malam, tidak pernah bisa merasakan ataupun menemukan tempat yang tenang.

Di kantor kita dikejar target maupun kesibukan kantor, berangkat dan pulang kantor selalu macet di jalan, belum lagi bunyi gaduh dari bunyi klakson.

Tiba dirumah langsung stel TV sedangkan pada saat weekend sekalipun; kita tetap saja mencari tempat yang penuh dengan hingar-bingar, entah itu ke Mall ataupun jalan-jalan ke tempat wisata. Bahkan pada saat tidur sekalipun, HP tidak pernah mau di Off, seakan-akan kita ini membutuhkan bunyi dering HP.

Pada Jaman Now - "Diam, Tenang dan Hening" itu; sudah merupakan satu komoditi yang mahal dan langka. Maka tidaklah heran apabila ada lagu "Silence is Golden".

Tanyalah sama diri sendiri, kapan terakhir kalinya Anda bisa mendengar suara burung berkicau ataupun bunyi ayam berkokok di alam terbuka ?

Pernahkan kita bisa dan juga mampu untuk meluangkan waktu sejenak saja sambil DUDUK DIAM; misalnya untuk menikmati keindahan alam, ataupun keheningan pada saat mata hari terbit ataupun terbenam?

Kapan kita bisa menikmati jernihnya air sungai atau mendengar bunyi gemericik air mengalir, ataupun mendengar desiran angin sambil melihat daun-daunan maupun bunga-bunga yang bergoyang ditiup angin?

Boro-boro menikmati hal-hal tersebut diatas, duduk tenang dengan relaks 10 menit sajah sudah susah banget dan tidak bisa lagi.

Maka dari itu tidaklah heran agar bisa hening satu menit saja; harus ada perintahnya dahulu misalnya pada saat kita diwajibkan untuk mengheningkan cipta sejenak.

Diam kadang-kadang bisa dirasakan juga sebagai satu siksaan atau hukuman misalnya pada saat kita didiamkan alias tidak diajak ngomong lagi oleh orang yang kita kasihi ataupun sahabat kita.

Pengucilan atau siksaan seperti ini lazim juga disebut sebagai cara penyiksaan halus/bersih/putih (torture propre).

Banyak sekali para tokoh spiritual menemukan pencerahan ketika mereka berada di dalam keheningan misalnya Sang Buddha Gautama ketika duduk di bawah pohon Bodi, Yesus Kristus ketika puasa di padang gurun, Muhammad S.A.W ketika di Gua Hira.

Hening bisa juga diartikan untuk melupakan sang ego atau sang aku sejenak. Oleh sebab itulah juga meditasi bisa digambarkan secara sederhana; meditasi itu adalah HENING dan HENING itu MEDITASI.

Melalui keheningan otak maupun pikiran, kita bisa istirahat dan dapat memulihkan kembali kondisi badan maupun kesehatan kita, seperti pada saat kita tidur nyenyak.

Pada saat hening kita bisa men-CHARGE pikiran maupun hati nurani kita sambil memberikan kesempatan kepada Tuhan untuk berbicara dgn kita.

Pernahkan Anda berdoa tanpa menjamah Tasbih ataupun Rosario atupun Alkitab; hanya sekedar duduk hening diam saja; tanpa minta ini dan itu dari Tuhan? – Just try it!

Namun begitu, jawablah sendiri apakah anda butuh keheningan ataupun butuh rumah ibadah yang gaduh sambil nge-ROCK – RIA? Selamat menikmati "saat" tenang, hening yang dianugerahkan Tuhan buatmu.(MU)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 
Kemendiknas Luncurkan #Teman KIP 05 Aug 2020 10:35 WIB


 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia