KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Serba SerbiKapal dan Ratusan Penumpang Tenggelam di Perairan Simanindo-Tigaras, Danau Toba oleh : Danny Melani Butarbutar
19-Jun-2018, 04:08 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Pemerintah Kabupaten Samosir mengucapkan belasungkawa yang sedalam dalamnya atas tenggelamnya kapal penumpang bernama KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba tepatnya 500 meter menuju dermaga Tiga Ras, Simalungun, Senin (18/6) sore sekitar pukul 17.30 wib.
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

Surat Untuk Wakil Rakyat 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
OPINI

Konsep diri
Oleh : Lusia Gayatri Yosef | 08-Jan-2018, 10:47:22 WIB

KabarIndonesia - Konsep diri memiliki fungsi tentang gambaran kepribadian berupa hal-hal pribadi (traits), gaya, kekuatan dan kelemahan, dan lain sebagainya (Paulus, Seta, Baron, 1996).

Konsep diri terdiri dari 4 sumber, yaitu:
1.Interaksi Sosial. Bagaimana orang lain memperlakukan kita, bagaimana mereka memberi respon kepada bagian terkecil kepribadian kita (traits) dan karakteristik-karakteristik.
2.Perbandingan sosial. Perbandingan antara diri sendiri dengan orang lain di sekitar kita (sebagai contoh: apakah kita pintar, menarik, ambisisus seperti orang-orang di sekitar kita?)
3.Informasi sosial. Komentar-komentar oleh orang-orang lain yang menampilkan untuk mengevaluasi bagian-bagian kecil dari diri kita atau perilaku.
4.Observasi diri. Mempelajari baik-baik perasaan-perasaan kita, pikiran-pikiran dan aksi-aksi.
Berdasarkan ungkapan di atas maka kita dapat mempelajari sumber-sumber yang membangun konsep diri kita. Kita juga dapat memilah sumber-sumber yang manakah yang membangun konsep diri kita. Kita juga dapat memilah sumber-sumber yang manakah yang memiliki sumbangan tersebesar konsep diri kita. 

Sebaiknya, kita juga dapat mempelajari sumber-sumber yang memiliki sumbangan terkecil kepada diri kita. Kemudian kita dapat belajar atau mempelajari bagaimana agar sumber-sumber konsep diri memiliki sumbangan yang seimbang diantara sumber-sumber lain dalam hal membangun konsep diri kita. (*)

Daftar Pustaka: Paulus, P. B., Seta, C. E., Baron, R. A. (1996). Effective human relations: A guide to people at work. Third edition. Massachusetts: Allyn and Bacon.     

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Indonesia Idol Guncang Tarutungoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
02-Jun-2018, 13:11 WIB


 
  Indonesia Idol Guncang Tarutung Maria Simorangkir juara Indonesia Idol 2018 mengguncang ribuan massa yang menghadiri kampanye akbar pasangan cabup/cawabup Tapanuli Utara JTP Hutabarat/Frengky Simanjuntak Kamis (31/5). Dua pasangan lainnya Nikson Nababan/Sarlandy Hutabarat dan Chrismanto Tobing/Hotman Hutasoit sudah melaksanakan kampanye akbar sesuai urutan yang
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 
Jadwal Piala Dunia 2018 13 Jun 2018 04:50 WIB

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia