KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahPemprov Jateng Keliru Tafsirkan UU Kebudayaan oleh : Gunoto Saparie
16-Jan-2018, 22:54 WIB


 
 
KabarIndonesia - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dinilai keliru dalam menafsirkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Undang-undang tersebut mengamanatkan pembentukan Lembaga Wali Amanat (LWA), namun pemprov justru memfasilitasi pendirian Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN).  
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
 
Sekeping hati 06 Jan 2018 16:05 WIB

 

 
BERITA LAINNYA
 
 

 
 
OPINI

Konsep diri
Oleh : Lusia Gayatri Yosef | 08-Jan-2018, 10:47:22 WIB

KabarIndonesia - Konsep diri memiliki fungsi tentang gambaran kepribadian berupa hal-hal pribadi (traits), gaya, kekuatan dan kelemahan, dan lain sebagainya (Paulus, Seta, Baron, 1996).

Konsep diri terdiri dari 4 sumber, yaitu:
1.Interaksi Sosial. Bagaimana orang lain memperlakukan kita, bagaimana mereka memberi respon kepada bagian terkecil kepribadian kita (traits) dan karakteristik-karakteristik.
2.Perbandingan sosial. Perbandingan antara diri sendiri dengan orang lain di sekitar kita (sebagai contoh: apakah kita pintar, menarik, ambisisus seperti orang-orang di sekitar kita?)
3.Informasi sosial. Komentar-komentar oleh orang-orang lain yang menampilkan untuk mengevaluasi bagian-bagian kecil dari diri kita atau perilaku.
4.Observasi diri. Mempelajari baik-baik perasaan-perasaan kita, pikiran-pikiran dan aksi-aksi.
Berdasarkan ungkapan di atas maka kita dapat mempelajari sumber-sumber yang membangun konsep diri kita. Kita juga dapat memilah sumber-sumber yang manakah yang membangun konsep diri kita. Kita juga dapat memilah sumber-sumber yang manakah yang memiliki sumbangan tersebesar konsep diri kita. 

Sebaiknya, kita juga dapat mempelajari sumber-sumber yang memiliki sumbangan terkecil kepada diri kita. Kemudian kita dapat belajar atau mempelajari bagaimana agar sumber-sumber konsep diri memiliki sumbangan yang seimbang diantara sumber-sumber lain dalam hal membangun konsep diri kita. (*)

Daftar Pustaka: Paulus, P. B., Seta, C. E., Baron, R. A. (1996). Effective human relations: A guide to people at work. Third edition. Massachusetts: Allyn and Bacon.     

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017oleh : Rohmah Sugiarti
16-Des-2017, 22:18 WIB


 
  Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama main dealer di 36 kota Indonesia gelar kembali Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki (KAWIR). KAWIR pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya diadakan pada tahun 2014 dan 2015 lalu. Kali ini
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 
 

 

 
Kereta Kehidupan 03 Jan 2018 03:08 WIB

Kemarin Hari Ini dan Esok 03 Jan 2018 02:04 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia