KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalWalau Sering Mogok, Mobil Jokowi Tidak Bobrok oleh : Chairil Makmun
27-Mar-2017, 21:28 WIB


 
 
Kabarindonesia, Jakarta -Walaupun sering mogok, mobil Presiden Jokowi bukanlah mobil bobrok. Pengertian mogok pada mobil Presiden tidak sama dengan mogok pada mobil masyarakat pada umumnya. Demikian penjelasan Kepala Sekretariat Kepresidenan Darmansjah Djumala kepada jurnalis di Jakarta, Kamis pagi (23/3/17).
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Langkah Menuju Pasti 23 Mar 2017 23:05 WIB

Walau Satu Detik Bersama Tuhan 10 Mar 2017 04:05 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
OPINI

Jet VIP Puspenerbad TNI AD
Oleh : Iin Suwandi | 19-Mar-2017, 06:31:12 WIB

KabarIndonesia - Indonesia merupakan negara besar dengan daratan dan lautan luas. Tentunya juga harus mempunyai kemampuan laut dan udara yang andal untuk mengamankannya. Kehebatan tersebut tentu akan membanggakan selaku bangsa yang besar jika alutsista TNI dapat terealisasi.

Beberapa waktu yang lalu banyak media melansir ketika di Lanud Halim Perdanakusuma, Senin (6/3). Fokus perhatian orang pada sosok tambun A400M, pesawat jenis light business jet yang menarik, dibalut cat warna putih hijau, dan bertuliskan "TNI AD Indonesian Army" plus logo Puspenerbad dengan nomor A9208, Pesawat ini memang mengundang keingintahuan banyak pihak, tak disangka bahwa Puspenerbad ternyata punya pesawat jet bisnis yang tergolong mewah.

Usut punya usut ternyata pesawat tersebut diketahui berjenis Beechcraft 390 Premier I. Pesawat ini konon kabarnya bukan digunakan untuk misi intai. karena secara kasat mata tidak terlihat perangkat elektronik yang berkaitan pada fungsi ECM (Electronic Counter Measure). Namun pesawat dengan twin engine ini terbilang sangat khusus, pasalnya memang difungsikan Pimpinan TNI AD untuk menjalankan tugas inspeksi ke beberapa daerah.

Sebagai pesawat yang biasa diawaki penumpang VIP, Beechcraft 390 Premier I dengan kabin yang kecil hanya bisa membawa 6-7 penumpang. Sementara kru pesawat bisa satu atau dua orang.   
Beechcraft 390 Premier I diproduksi Hawker Beechcraft Corporation. Pesawat ini terbilang ringan, bobot kosongnya 3.719 kg dan bobot maksimum saat take off disebut hanya 5.670 kg.

Untuk membawa efek ringan, komponen pada fuselage pesawat dibangun dari bahan high-strength composite, carbon fiber/epoxy honeycomb. Dapur pacu Beechcraft 390 Premier 1 dipasok mesin 2 × Williams FJ44-2A turbofan, yang tiap mesinnya mampu menghasilkan tenaga 10.23 kN. Didapuk untuk mengantarkan perwira tinggi TNI AD, Beechcraft 390 Premier I dapat melesat dengan kecepatan maksimum 854 km per jam pada ketinggian 10.060 meter. Kecepatan jelajahnya sendiri ada di level 683 km per jam.   
Dengan komposisi satu pilot dan empat penumpang, jet eksekutif ini dapat terbang sejauh 2.648 km. Sementara ketinggian mengudara maksimum 12.500 meter. Merujuk ke awal kehadirannya, Beechcraft 390 mulai dirancang pada tahun 1994 dengan kode proyek PD-374 (PD-Preliminary Design). Kemudian wujud mockup-nya pertama kali diperlihatkan ke publik pada acara tahunan National Business Aviation Association Convention pada September 1995. Sejak saat itu pembangunan prototipe dimulai pada akhir 1996.   
Jenis Premier I prototipe-nya diluncurkan pada 19 Agustus 1998 dan penerbangan pertama pada 22 Desember 1998. Setelah empat prototipe dibuat, FAA akhirnya mengeluarkan sertifikat untuk Beechcraft 390 Premier pada Maret 2001. Selain digunakan oleh petinggi TNI AD, pesawat sejenis juga terbilang laris manis dioperasikan beberapa perusahaan charter jet di Indonesia.     

Kita berharap sebagai bangsa yang besar agar Alutsista TNI AD dapat disesuaikan dengan tuntutan perubahan dan perkembangan teknologi. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan luas wilayah yang begitu luas. Maka kehadiran alutsista modern juga tidak dapat ditawar lagi demi untuk menjaga setiap jengkal tanah NKRI agar tetap aman untuk menuju kemakmuran dan kesejahteraan bangsa yang dicita-citakan bersama. Semoga! (*)Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.comBerita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Berdoa untuk Perdamaian Dunia 11 Mar 2017 19:07 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia