KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
 
KabarIndonesia - Jakarta,  Saat ini Indonesia dalam keadaan darurat ekologis yang mengancam kelangsungan kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Karena itu Walhi bersama rakyat pengelola sumber daya alam, organisasi masyarakat sipil, dan unsur lainnya mendesak pemerintah kini dan ke depan menjalankan dan
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Jatuh Cinta Kepada Telaga 26 Nov 2017 11:31 WIB

Dunia Imitasi 23 Nov 2017 15:40 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Jangan Salah Memilih Teman

 
OPINI

Jangan Salah Memilih Teman
Oleh : Jamiel Loellail Rora | 08-Okt-2017, 08:08:15 WIB

KabarIndonesia - Ada kalimat bijak yang menyatakan, "Bertambah satu teman maka akan berkurang satu penderitaan seseorang." Itu dapat diartikan, bila seseorang berteman dengan orang yang tepat maka dia akan mendapat kebahagiaan karena kehadiran sang teman tersebut telah menghilangkan satu kedukaannya. Jadi, bila seseorang banyak memiliki teman seperti itu tentu kehidupannya akan terasa indah dan mudah. Karena di saat dia sedang berada dalam kesulitan yang menyusahkannya, senantiasa ada banyak teman yang siap membantu dirinya.

Namun, bila salah dalam memilih teman, yang didapat bukan berkurangnya penderitaan, melainkan bertambahnya penderitaan. Pasalnya, sebagai teman dia tidak memiliki manfaat sama sekali. Jadi muncul pertanyaan, bagaimana para temanyang ada di sekeliling kita?

Berteman menjadi teramat penting dalam kehidupan ini karena sebagai makhluk sosial kita tidak bisa hidup sendiri. Siapa pun dia, pasti membutuhkan kehadiran makhluk lain di samping nya. Sekalipun kita mengubah pola hidup sepeti Tarzan, tetap kehadiran makhluk lain tak bisa di kesampingkan. Seegois apa pun seseorang sebagai makhluk, pasti membutuhkan makhluk lain untuk dijadikan teman. Dan, mencari teman sehati itu memang tidak gampang . Bila meminjam istilah ‘si raja dangdut' Rhoma Irama; mudah mencari teman di meja makan sewaktu kita jaya.

Teman menjadi penting karena kehadirannya bukan hanya dapat membuat hidup jauh lebih berkualitas. Namun sebaliknya, dapat juga membuat hidup terperoksok pada jurang kehinaan. Realitas itu, menuntut kita untuk tidak sembarangan menjalin tali pertemanan. Katanya, orang yang berteman dengan tukang minyak akan ikut wangi. Dan bila berteman dengan tukang las kita bisa terpercik apinya. Tamsil ini menggabarkan betapa seorang teman itu dapat mempengaruhi kehidupan seseorang. Bahkan, bisa menyelusup jauh mempengaruhi jiwa dan pikiran seseorang.

Menurut Imam Al-Ghazali ada tiga macam teman. Pertama, teman yang berilmu. Bila kita berteman dengan orang yang berilmu maka senantiasa akan mendapatkan ilmu darinya. Kedua, teman yang tak berilmu, tapi kita ada ilmu dan sang teman selalu mendapatkan siraman ilmu dari kita. Dan macam teman yang ketiga adalah dia tak ada ilmu dan kita ada ilmu tetapi bila kita bagi ilmu dan nasihat kepada dia, dia tak terima dengan bermacam-macam alasan. Nasihat Imam Al- Ghazali, jangan berteman dengan orang macam itu karena tiada manfaat kepada kita. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017oleh : Rohmah Sugiarti
16-Des-2017, 22:18 WIB


 
  Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama main dealer di 36 kota Indonesia gelar kembali Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki (KAWIR). KAWIR pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya diadakan pada tahun 2014 dan 2015 lalu. Kali ini
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia