KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahOperasional Pelabuhan Simanindo Kembali Dibuka dengan Pengoperasian Kapal Ferry dan Kapal Kayu oleh : Danny Melani Butarbutar
07-Jul-2018, 14:45 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Sejak peristiwa tenggelamnya kapal kayu KM. Sinar Bangun di perairan Tigaras pada Senin (18/6) Pemerintah telah menghentikan operasional transportasi kapal trayek Simanindo (Samosir) - Tigaras (Simalungun). Hal ini sangat berdampak luas kepada roda perekonomian masyarakat.

Namun,
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Ruang dan Cinta Penyatu Segalanya 27 Jun 2018 05:55 WIB

Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
OPINI

Ekspedisi NKRI 2017 Koridor Papua Membaur dalam Budaya di Hutan
Oleh : Iin Suwandi | 01-Aug-2017, 12:51:58 WIB

KabarIndonesia - Ekspedisi NKRI 2017 Koridor Papua akan diikuti oleh 1000 mahasiswa/pemuda, 600 orang dari berbagai daerah di Indonesia dan 400 orang dari mahasiswa/pemuda lokal. Kegiatan diawali dengan pembekalan kepada 600 orang di Pusdikpassus dan 400 orang di lokasi Ekspedisi NKRI.

Tim direncanakan memulai misi ekspedisinya pada Juli hingga November 2017 dan akan menyusuri Rute empat Kabupaten di Provinsi Papua yaitu Kab. Asmat, Kab. Mappi, Kab. Bouven Digul, dan Kab. Merauke. Sementara Ekspedisi Bhakti PMK akan menempuh rute pelayaran Jakarta- Makassar-Pulau Raha (Muna)-Ambon-Tual-Dobo-Agats-Merauke. Misi pelayaran Bhakti PMK akan digelar selama 30 hari dan akan berangkat dari Jakarta mulai Oktober dan kembali pada November 2017.

Menurut informasi yang kami ketahui hingga berita ini ditulis Tim advance atau tim pendahulu Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 telah tiba di Bandara Mopah Merauke, Papua, Selasa (25/07) siang. Dengan menggunakan pesawat TNI AU CN-235/A2906, tim advance yang berjumlah 36 personel dibawah pimpinan Letkol Inf Adek Chandra (Kabag Ops Ekspedisi NKRI 2017) tersebut, langsung disambut oleh Komandan Korem 174/ATW Brigjen TNI Asep Setia Gunawan.
   
Perlu dipahami bersama bahwa  tujuan dari kegiatan ekspedisi ini antara lain, untuk melakukan identifikasi pengembangan potensi sumber daya alam, meningkatkan pelayanan kemasyarakatan terutama pada bidang pembangunan manusia dan kebudayaan, meningkatkan partisipasi masyarakat yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan, serta untuk memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa.
   
Ekspedisi NKRI merupakan wujud sinergitas TNI/Polri, pemerintah daerah, kalangan pendidik dari perguruan tinggi, dunia usaha, mahasiswa, para pencinta alam, organisasi kepemudaan, pramuka dan didukung masyarakat setempat. Kalangan pemuda secara langsung  ikut berperan aktif dalam mempelajari dan melestarikan adat istiadat budaya bangsa.

Mereka juga akan mengadakan even pertunjukan yang dikemas semenarik mungkin serta berisikan berbagai macam pentas kebudayaan bangsa. Hal ini bertujuan untuk membuka mata masyarakat Indonesia yang "mungkin" belum tahu bahwa bangsa kita penuh dengan kekayaan budaya dan tidak ternilai harganya. Dengan harapan mereka bisa lebih menghargai bangsanya sendiri dan bangga sebagai bangsa yang besar.   

Kegiatan ini akan dikemas dengan berbagai program yang berbasis masyarakat. Kegiatan yang akan diselenggarakan antara lain berupa pendataan dan pemetaan sumber daya alam, penjelajahan, penelitian ilmiah, pelayanan kesehatan, pendidikan dan agama, bantuan sosial, pembangunan infrastruktur pedesaan, peningkatan akses perhubungan dan komunikasi, peningkatan wawasan kebangsaan dan pengembangan potensi budaya, pemberdayaan masyarakat serta pelestarian alam.   

Sebagaimana yang kami ketahui bahwa Ekspedisi NKRI juga akan memberikan berbagai bantuan dan kegiatan sosial yang bermanfaat dan dibutuhkan masyarakat. Ekspedisi NKRI Koridor Papua bagian selatan adalah yang ketujuh kalinya dilaksanakan. Dengan melimpahnya berbagai kegiatan yang dikemas dalam bentuk Ekspedisi NKRI tentunya akan dapat menambah wawasan dan khasanah budaya bangsa Indonesia yang begitu kaya dan melimpah.
   
Harapan masyarakat dengan adanya kegiatan ini adalah agar dicapai hasil yang maksimal dan  bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan. Sehingga dampaknya bagi masyarakat yang menjadi sasaran kegiatan ini akan terasa yaitu adanya peningkatkan kualitas hidup pada kehidupan sehari-hari. Sehingga bangsa ini akan maju dan berkembang karena adanya pola pikir yang lebih maju dan beradab.  Karena sesungguhnya bangsa Indonesia adalah   kaya, mulai dari SDM, budayanya dan  alam.     

Kita sangat berterima kasih kepada TNI yang sudah mau menjadi pembimbing para  generasi muda dalam pelaksanaan kegiatan ini. Sebab siapa lagi yang akan membangun negeri ini kalau bukan para  generasi penerus bangsa. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air.

Ekspedisi NKRI merupakan salah satu moment yang sangat penting dan berharga, karena dengan melestarikan alam dan budaya diharapkan anak cucu kita nanti akan mengetahui betapa kayanya bangsa ini dan eksistensi bangsa akan terjaga sepanjang masa.(*)    

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  FWD Life Gandeng Special Olympics Indonesia untuk Program Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Intelektual di Semarang – PT FWD Life Indonesia (FWD Life), pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, telah meresmikan kerja sama dengan Special Olympics Indonesia (SOIna) pada 18 April 2018 lalu. Setelah peluncuran kerja sama, FWD Life kemudian menggelar roadshow perdana di Bandung pada
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia