KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Serba SerbiKapal dan Ratusan Penumpang Tenggelam di Perairan Simanindo-Tigaras, Danau Toba oleh : Danny Melani Butarbutar
19-Jun-2018, 04:08 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Pemerintah Kabupaten Samosir mengucapkan belasungkawa yang sedalam dalamnya atas tenggelamnya kapal penumpang bernama KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba tepatnya 500 meter menuju dermaga Tiga Ras, Simalungun, Senin (18/6) sore sekitar pukul 17.30 wib.
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

Surat Untuk Wakil Rakyat 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Dakwah Jangan Membuat Orang Takut

 
OPINI

Dakwah Jangan Membuat Orang Takut
Oleh : Bang Rachmad | 05-Apr-2017, 20:37:49 WIB

KabarIndonesia - Banda Aceh, Dakwah adalah kegiatan yang bersifat menyeru, mengajak dan memanggil orang untuk beriman dan taat kepada Allah SWT. Tujuan utama dakwah ialah mewujudkan kebahagiaan dan kesejahteraan hidup di dunia dan di akhirat yang diridhai oleh Allah SWT.

Sebagai orang Muslim, kita dituntut untuk berdakwah. Hampir setiap hari di masjid-masjid dilakukan dakwah harian dengan bermacam cara. Untuk membuat dakwah menarik tentu saja ada gaya masing-masing pendakwah.

Bagaimanapun dalam berdakwah perlu membuat orang lain senang dan tidak takut. Ada kalanya sang pendakwah menyampaikan materi yang kurang menarik dan membuat orang lain takut. Tentu saja yang dimarahi orang-orang yang duduk di shaf pertama.  Teknik penyampaian dakwah mungkin perlu dikoreksi oleh setiap pendakwah. Harapnya tentu saja untuk kebangkitan dan kejayaan umat islam seperti zaman kesultanan Khalifah Turki Utsmani.

Untuk mencapai kejayaan Islam dan umatnya tidaklah bisa dilakukan dengan mudah di tengah berbagai persoalan yang membelit umat nabi Muhammad SAW sebagai umat akhir zaman dan perlu berusaha keras mencari jalan keluar terbaik untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Selain itu juga perlunya  menghidupkan budaya saling berdakwah kepada kebaikan di antara sesama umat dengan berpedoman kepada Alquran dan hadist Nabi Muhammad SAW. 
Sesuai dengan surat Ali-Imran 159: "Maka disebabkan rahmat dari Allah SWT kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad maka bertawakallah kepada Allah SWT . Sesungguhnya Allah SWT menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya." 
Kita harus selalu belajar ilmu agama dan menghidupkan majelis-majelis pengajian. Baca Alquran terjemahannya, taklim kitab, jika kita tidak paham tanya ulama. Rumah kita juga harus menjadi madrasah pendidikan agama bagi keluarga kita. Biasakan saling bantu dalam kehidupan sosial umat nantinya dengan silaturrahmi akan terjalin ukhuwah yang kuat. Jika umat Islam ini mau berjaya dalam kehidupan tidak ada jalan lain kembalilah pada ajaran Islam. 
Allah SWT tidak hanya menyebutkan janji-Nya untuk memberikan kemuliaan, ketinggian dan pertolongan bagi kaum muslimin, tetapi Allah SWT juga mengisyaratkan syarat yang harus dipenuhi kaum muslimin agar janji Allah SWT tersebut terwujud. Dakwah Nabi Muhammad SAW dapat dibagi dalam dua periode penting, yaitu periode Mekkah dan periode Madinah. Setiap periode memiliki karakteristik dakwah masing-masing. 
Rasulullah Muhammad SAW adalah manusia termulia yang patut kita teladani dalam tindakannya, tidak heran seorang Michael H Hartz seorang non muslim menempatkan beliau sebagai orang nomor satu yang paling berpengaruh di dunia karena memang segala tingkah laku beliau dicatat oleh sahabat secara sangat detail. 
Dalam perkembangan teknologi seperti sekarang ini tentu saja banyak informasi sangat bermanfaat,sehingga dapat digunakan sebagai media dakwah mengembangkan pengetahuan tentang Islam khususnya internet. Sudah banyak situs-situs website yang telah menjadi penopang pengetahuan dakwah masa kini. 
Dalam Islam tidak ada paksaan seseorang non muslim untuk memeluk agama Islam. Sasaran akhir dalam berdakwah adalah agar orang yang bukan muslim mau mengikuti agama Allah SWT dan agar orang yang muslim mau mengikuti ajaran AlQuran dan sunnah Nabi Muhammad SAW. Kita selayaknya mencontoh Rasulullah SAW yang bahasanya dalam berdakwah mudah dimengerti dan dipahami oleh segenap orang baik muslim maupun non muslim.*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Indonesia Idol Guncang Tarutungoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
02-Jun-2018, 13:11 WIB


 
  Indonesia Idol Guncang Tarutung Maria Simorangkir juara Indonesia Idol 2018 mengguncang ribuan massa yang menghadiri kampanye akbar pasangan cabup/cawabup Tapanuli Utara JTP Hutabarat/Frengky Simanjuntak Kamis (31/5). Dua pasangan lainnya Nikson Nababan/Sarlandy Hutabarat dan Chrismanto Tobing/Hotman Hutasoit sudah melaksanakan kampanye akbar sesuai urutan yang
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 
Jadwal Piala Dunia 2018 13 Jun 2018 04:50 WIB

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia