KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
OpiniJokowi Korban Hoaks Lebih Beruntung Dibanding Korban Hoaks Lain oleh : Kabarindonesia
21-Jan-2019, 11:43 WIB


 
 
KabarIndonesia - Apa yang dialami Presiden Joko Widodo sebagai korban hoaks masih belum ada apa-apanya. Bandingkan dengan korban-korban hoaks lainnya, yang sendirian. Hoaks tak butuh masuk akal. Kurang masuk akal apa lagi, katakanlah, hoaks Jokowi ada di depan D.N. Aidit
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Filosofi Kopi 20 Jan 2019 01:57 WIB

Senja Kan Berlalu 19 Jan 2019 14:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
 

 
 
OPINI

Bendera yang Robek Itu Diganti oleh Babinsa TNI AD
Oleh : Iin Suwandi | 10-Jul-2018, 10:32:26 WIB

KabarIndonesia - Sebuah negara yang sudah merdeka sangat bangga mengibarkan bendera negara. Begitu pula bangsa Indonesia yang memiliki warna merah dan putih sebagai warna bendera Indonesia. Merah berarti berani, Putih berarti suci. Bahkan kebanggaan bangsa Indonesia tertuang pada UUD 45 pasal 35 yang menyatakan bahwa bendera Negara Indonesia ialah Sang Merah Putih.

Kebanggaan kepada Sang Saka Merah Putih ini diwujudkan Serda Edi Hermawan dan Serka Muhlis Babinsa Desa Suko Koramil 0816/01 Sidoarjo Kodim 0816/Sidoarjo yang mengganti bendera Merah Putih yang sudah usang dan robek, dengan bendera yang baru dan gagah perkasa, dan terpampang di bekas Markas Kodim 0816 Sidoarjo di Jl. A Yani Sidoarjo, Rabu (04/07/2018). Bendera merah putih yang sudah usang tersebut diturunkan dan diganti karena merupakan bendera kehormatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menghormati jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari penjajah.
   Adanya pemberitaan sebelumnya di salah satu media online, Selasa/03/7/2018, tentang bendera merah putih usang dan robek masih berkibar di Sidoarjo. Keprihatinan masyarakat tentang bendera merah putih yang sudah usang dan robek yang masih terpampang di bekas eks markas Kodim 0816 Sidoarjo di Jl. A Yani Sidoarjo mendapat perhatian khusus oleh Babinsa Koramil 0816/01 Sidoarjo.    Pada hari Rabu, 04/7/2018 bendera tersebut langsung mendapat tanggapan dan sudah diganti dengan bendera yang terbaru oleh personel Babinsa Koramil 0816/01 Sidoarjo.

Kita patut berbangga kepada prajurit TNI, khususnya Serda Edi Hermawan sebagai anggota Babinsa Kelurahan Magersari dan Serka Muhlis anggota Babinsa Desa Suko dengan ksatria mengantikan bendera yang sudah usang dengan bendera yang baru. Kepedulian mereka kepada lingkungan merupakan suatu sikap patriotisme yang patut diteladani.

Sebagaimana diketahui, tempat berkibarnya bendera usang tersebut merupakan Markas Eks/Bekas Kodim 0816 Sidoarjo. Karena Markas Kodim 0816 Sidoarjo sejak tahun 2011 sudah pindah ke Jalan Raya Lingkar Timur Ds. Kemiri Kab. Sidoarjo. Sedangkan lahan Eks Markas Kodim 0816 Sidoarjo yang berada di Jl. A Yani Sidoarjo sejak tahun 2011 sudah diserahkan kepada pengelola dari pihak swasta.
    
Komandan Kodim (Dandim) 0816 Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyono, S.I.P menjelaskan, bahwa kejadian yang sudah diberitakan tentang bendera yang sudah usang dan robek di eks/bekas Markas Kodim 0816 Sidoarjo sudah dilakukan tindakan. Meskipun bangunan tersebut bukan lagi menjadi aset TNI yang pengelolaannya sudah di pegang oleh pihak swasta. Tetapi sebagai anggota TNI secara moral kita terpangil untuk menggantikan bendera tersebut.  "Untuk pengelola kita berikan edukasi tentang perlunya menghargai bendera merah putih. Karena untuk memperjuangkannya, para Pahlawan sudah mengorbankan jiwa dan raga," tegas Dandim.

Pentingnya Rasa Bangga Kepada Bendera Sendiri     
Rasa hormat kepada bendera merah putih bukan tanpa makna. Bendera kebangsaan merah putih merupakan hasil yang didapat dari perjuangan para pendahulu kita atau 'founding father' dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Tanpa adanya perjuangan dari pendahulu kita untuk merebut kemerdekaan tentu tidak ada negara yang namanya Indonesia.

Jadi adalah penting rasa bangga terhadap bendera sendiri.    
Identitas nasional Indonesia adalah sifat-sifat khas bangsa Indonesia yang membedakannya dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa, agama dan pulau-pulau yang dipisahkan oleh lautan. Karena itu, nilai-nilai yang dianut masyarakatnya pun berbeda-beda.

Nilai-nilai tersebut kemudian disatupadukan dan diselaraskan dalam Pancasila.  Nilai-nilai ini penting karena merekalah yang mempengaruhi identitas bangsa. Oleh sebab itu, nasionalisme dan integrasi nasional sangat penting untuk ditekankan pada diri setiap warga Indonesia agar bangsa Indonesia tidak kehilangan identitas.

Sebagai masyarakat Indonesia, mari kita bersama-sama bergandeng tangan untuk menjaga identitas bangsa yang telah diperjuangkan para pendahulu kita. Bendera merah putih adalah lambang Negara yang harus kita jaga dan lindungi. Mari kita hormati bendera bangsa dengan perilaku dan perbuatan kita, agar sang merah putih itu tetap berkibar megah di angkasa luas.(*)  

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australiaoleh : Rohmah S
10-Des-2018, 22:14 WIB


 
  Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia 20 pelari dari 6 negara: Indonesia, Australia, Amerika, Inggris, New Zealand dan Swedia ikuti swimrun di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan jarak lari 20km dan berenang 3km. Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (kiri)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 
 
Muallaf Zaman "Now"! 07 Jan 2019 18:38 WIB

 
 
 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia