KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKementerian Ketenagakerjaan Berikan Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja tahun 2017 oleh : Rohmah Sugiarti
20-Jul-2017, 05:23 WIB


 
 
KabarIndonesia – Jakarta,  Kementerian Ketenagakerjaan (19/7) kembali memberikan penganugerahan Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja untuk tahun 2017 di Hotel Bidakara Jakarta.  Adapun penghargaan yang diberikan meliputi penghargaan kecelakaan nihil, SMK3, program pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS (P2HIV-AIDS) di tempat kerja, Pembina
selengkapnya....


 


 
BERITA OPINI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Perumpamaan 17 Jul 2017 13:12 WIB

Why Should I Go Through?. 30 Jun 2017 11:05 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
OPINI

Allan Nairn Ingin Ciptakan Kekacauan
Oleh : Iin Suwandi | 25-Apr-2017, 23:07:23 WIB

KabarIndonesia - Beberapa waktu yang lalu, tiba-tiba saja kita dikejutkan munculnya pemberitaaan yang sangat menohok kalangan TNI dari jurnalis asal Amerika Serikat (AS) Allan Nairn. Dalam tulisannya yang berjudul 'Trump's Indonesian Allies in Bed with ISIS-Backed Militia Seeking to Oust Elected President', Allan Nairn menyebut sejumlah pihak berniat menggulingkan Presiden Jokowi. Kasus Ahok, kata Nairn dalam tulisannya, hanyalah pintu masuk.

Nairn menyebut Panglima TNI Gatot Nurmantyo mengetahui dan mendukung rencana tersebut. Namun TNI, juga Jenderal Gatot, menepis tudingan itu. Nairn dinilai sedang berupaya menciptakan inharmonisasi di dalam negeri. Pasalnya, pernyataan Allan Nairn tentang upaya makar merupakan fitnah. 
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo angkat bicara tentang tuduhan yang tidak berdasar tersebut. "Saya tidak akan menanggapi. Ya kan karena terlalu kecil untuk saya tanggapi itu," ujar Jenderal Gatot seusai acara Dharmasanti Nasional Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939 di GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (22/4/2017) beberapa waktu yang lalu.   

Sebagaimana juga dilansir oleh berbagai media, Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak menyarankan, agar pernyataan Allan Nairn tidak perlu didengar, karena sumbernya tidak jelas. Apalagi pernyataan Allan itu menyasar ke dalam negeri Indonesia. Pernyataan tersebut sangat jelas memiliki motif untuk menciptakan inkondusifitas, sudah pasti dia sedang menciptakan inharmonisasi di dalam negeri. Dia sedang berusaha membuat chaos (kekacauan) politik di Indonesia.   

Secara logika, jika Allan Nairn bertanggungjawab, tentu menyampaikan dengan cara akademik. Kalau bukan secara akademik maka sudah pasti Allan telah menebar fitnah yang sengaja dilemparkan untuk memicu inkondusifitas di Indonesia.

Sebaiknya juga pihak media cermat memfilter nara sumber, tidak asal mengutip sumber tak jelas. Sebab kalau datanya saja tidak ada lalu dilempar ke publik pasti akan mengganggu kondisi politik dalam negeri. Kita berharap bahwa masyarakat Indonesia tidak langsung percaya atas tulisan dibungkus artikel investigasi itu.

Jangan percaya cerita Allan Nairn karena  dia bukan asli orang Indonesia.  Pada sisi lain dimana saat ini era keterbukaan dan era yang menjunjung tinggi Undang-Undang. Rasanya sangat mustahil TNI untuk melakukan kudeta secara sah kepada pemerintah. Apalagi TNI yang sekarang ini bukanlah seperti TNI dahulu. TNI kini dinilai ikut mendorong supremasi sipil, menjalankan UU TNI yang memberi kekuatan kepada sipil di dalam rangka supresmasi sipil.  

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa menurut pasal 10 UUD 1945, TNI tunduk kepada Presiden sebagai pemegang kekuasaan tertinggi Angkatan Darat, Laut dan Udara. Jadi tuduhan TNI akan melakukan kudeta, konspirasi kepada pemerintah itu sangat tidak berdasar dan tidak masuk akal. 

Sangat dipahami, Allan Nairn sudah jelas kepanjangan tangan pihak asing untuk menciptakan kekacauan Indonesia. Karenanya mari kita rapatkan barisan untuk bersatu agar antek-antek asing tidak memiliki peluang untuk mengganggu Indonesia yang kita cintai ini.(*)    

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
17 Gubernur Raih Pembina K3 Award 2017oleh : Rohmah Sugiarti
20-Jul-2017, 14:57 WIB


 
  17 Gubernur Raih Pembina K3 Award 2017 Penghargaan Pembina K3 di tingkat provinsi diberikan kepada 17 Gubernur, yakni Jawa Timur, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Jambi, Kalimantan Tengah, Bali, Lampung, Riau, Nangroe Aceh Darussalam
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 
Ramadhan 15 Jun 2017 05:55 WIB

 
Awas Anemia! 17 Jul 2017 13:12 WIB


 

 
Hari Media Social 2017 11 Jun 2017 04:40 WIB

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia