KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Serba SerbiBerkat di Balik Wabah Corona oleh : Fida Abbott
09-Apr-2020, 01:17 WIB


 
 
KabarIndonesia - Tahun 2020 ini merupakan tahun bersejarah bagi dunia. Siapa yang tak kenal Covid-19? Makhluk kasat mata ini menjadi populer di mana-mana saat ini. Dia bukan pahlawan dunia yang umumnya dikenang sepanjang masa melainkan sebuah musuh yang dikenal oleh masyarakat
selengkapnya....


 


 
BERITA ROHANI LAINNYA











 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pemunafik 05 Apr 2020 16:00 WIB

Rembulan di Celah Matamu 07 Mar 2020 15:27 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
ROHANI

Syukuran Tahun Baru 2020 Bersama KRP: Gereja Yang Beribadah Adalah Gereja Yang Bernyanyi
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 21-Mar-2020, 07:42:47 WIB

KabarIndonesia< - Samosir, Ibadah syukuran Tahun Baru 2020 bersama Ketua Rapat Pendeta (KRP) HKBP, Pdt Dr Robinson Butarbutar berlangsung hikmat dan penuh sukacita di Kompleks STT HKBP Jalan Sangnaulauh Pematang-siantar, Sabtu (4/1). Ibadah dipimpin Pdt Sikpan Sihombing MTh dan Pdt Julson Pasaribu MTh, doa syafaat Pdt Bernard Manik MTh .

Mengutip website resmi KRP di http://krphkbp.com/?p=247, ibadah dihadiri hampir 1000 orang kebanyakan para pendeta yang datang dari seluruh Distrik. Persembahan (pelean) diperuntukkan bagi Dana Solidaritas Pendeta HKBP sejumlah Rp 13.693.500, ada yang merupakan persembahan tunai dan titipan dari peserta yang berhalangan hadir, juga ada persembahan digital.

Ephorus Emeritus HKBP Pdt Dr Bonar Napitupulu dalam khotbahnya mengatakan, gereja yang beribadah adalah gereja yang bernyanyi. Pengertian bernyanyi yaitu bercerita dalam irama yang diperindah. Gereja bernyanyi adalah memuji Tuhan dalam irama yang diperindah, maka bernyanyi adalah ibadah. Dalam gereja HKBP, bernyanyi itu harus ada karena bernyanyi untuk memuji Tuhan.

Lebih jauh dijelaskannya, ada tiga ragam ibadah yakni, pertama Ibadah itu ritual, yang dalam hal ini beribadah dalam roh dan kebenaran. Kedua, ibadah itu sejati, di sini pengertian ibadah yaitu untuk mempersembahkan tubuh, pikiran, perasaan harus menjadi milik Tuhan. Ketiga, menyanyikan Tuhan di seluruh negeri. Artinya, bernyanyi itu di semua kondisi.

Untuk menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 yang pada satu sisi sangat menjanjikan hidup tapi pada sisi lain dapat mengkhawatirkan iman, maka orang Kristen harus mau beribadah, mendengar Firman Tuhan serta menjadikan sebagai makanan rohani.

Sementara Ketua Rapat Pendeta, Pdt Dr Robinson Butarbutar menjelaskan, adapun tujuan dari ibadah untuk mendoakan semua pelayanan para pelayan HKBP yang dipimpin oleh para pendeta di semua aras pada tahun 2020. Banyak peluang yang diberikan Tuhan. Peluang tersebut besar namun bisa juga menjadi tantangan yang berat.

Untuk itulah Pdt Robinson Butarbutar sengaja mengundang semua Pendeta, dan mantan Ephorus Pdt Dr Bonar Napitupulu untuk berkhotbah dan mendoakan para pendeta sebagai pelayan dan jemaat mengharapkan para pendeta lebih bergegas lagi dalam melayani.

Dikatakannya, tahun 2020 ini HKBP mengadakan orientasi pemberitaan Injil, untuk itulah para pelayan perlu bergegas dan dengan satu roh yaitu roh melayani, rendah hati supaya Tuhan memberkati.

Para pendeta juga berharap pada periode yang akan diadakan pada Oktober 2020 mendatang, Tuhan memilih salah seorang dari pendeta HKBP yang bisa membawa HKBP lebih baik lagi dari sekarang dalam menjawab peluang-peluang tadi.

"Saya memang sudah mereka ketahui ingin mempersembahkan hidup saya memimpin HKBP kalau sinodestan mempercayai, akan saya pikul dengan kerendahan hati, semangat dan dengan kompetensi diri yang ada pada saya yang sudah diberikan Tuhan kepada saya," ujar Pdt Robinson, seperti dikutip www.hariansib.com.

Menurut Robinson, HKBP mempunyai masalah yang harus segera diatasi. Maka para pelayan hendaknya lebih kompeten dalam melaksanakan tugas juga menyangkut kesejahteraan pelayanan harus segera diselesaikan. Dirinya berencana, apabila dipercayai untuk memimpin akan memperhatikan sistem dan transparan akuntabel. Umat akan memiliki kepercayaan yang besar dan kebutuhan untuk kesejahteran seperti dana pensiun, belanja pendeta dan belanja yang lainnya dapat diatasi.

"Namun yang terpenting adalah meningkatkan kompentensi para pelayan di semua aras melalui pembinaan yang berkelanjutan. Saat ini ada sekira 1.900 pendeta, sekira 4,3 juta jemaat HKBP. Kompetensi tersebut nantinya bisa memampukan jemaat menjadi berkat di tengah-tengah dunia maupun di Indonesia." sebutnya dihadapan peserta syukuran.

Dikabarkan, turut memberikan kata sambutan Ketua Panitia Syukuran Pdt Dr Viktor Tinambunan MSc, Wakil Wali Kota Pematangsiantar Togar Sitorus, Dr Jonner Napitupulu, Dr Tunggul Simanjuntak dan lainnya. Hadir juga Praeses Pdt Sunggul Pasaribu MPdK, Ir Asner Silalahi MT dan undangan lainnya. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Saus Sate Indonesia Buatan Thailandoleh : Fida Abbott
22-Mar-2020, 03:07 WIB


 
  Saus Sate Indonesia Buatan Thailand Saus sate Indonesia ini saya temukan di toko kelontong daerah Chester, negara bagian Pennsylvania, AS. Harganya turun drastis dari $6.99 menjadi $0.99. Jumlahnya banyak sekali yang disetok di rak. Senang melihat salah satu saus terkenal Indonesia dijual di AS. Sayangnya,
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 
Cara Mudah Mulai Investasi Saham 27 Mar 2020 16:14 WIB


 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia