KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
BudayaFida Abbott Promosikan Batik Melalui Peluncuran Buku Hibridanya oleh : Redaksi-kabarindonesia
10-Aug-2018, 04:59 WIB


 
 
KabarIndonesia - Bila Anda salah satu penyinta media Harian Online KabarIndonesia (HOKI), maka nama Fida Abbott sudah tak sing lagi. Kiprahnya di HOKI sebagai salah satu pewarta warga sudah dimulai sejak bulan Desember 2006. Beberapa bulan kemudian, ia mendapatkan penawaran
selengkapnya....


 


 
BERITA ROHANI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Rindu 28 Jul 2018 11:02 WIB

Hujan 28 Jul 2018 11:02 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Sidang Majelis Pendeta GKPS di Tahun Diakonia

 
ROHANI

Sidang Majelis Pendeta GKPS di Tahun Diakonia
Oleh : Argopandoyo Tri Hanggono | 18-Jan-2018, 07:53:41 WIB

KabarIndonesia - Di tengah-tengah acara Pembukaan Sidang Majelis Pendeta Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) se-Indonesia, Ephorus GKPS Pendeta M. Rumanja Purba didampingi Ketua Panitia Pdt Jameldin Sipayung, STh, MA, menggelar press conference guna menjelaskan seputar penyelenggaraan acara Sidang Majelis Pendeta GKPS se-Indonesia di hari itu.

Acara sidang yang berlangsung dari tanggal 17 sampai dengan tanggal 20 Januari 2018 di Hotel Grand Cempaka Jakarta itu, menurut Pendeta Sipayung sebagai sidang pertama GKPS di Jakarta. Hal tersebut sangat baik, mengingat ternyata banyak juga pendeta-pendeta GKPS yang belum pernah datang ke Jakarta. Sidang itu akan lebih mengerucut pada kegiatan pelayanan yang bagi GKPS tahun 2018 sebagai tahun Diakonia.

Itulah mengapa panitia menarik sub tema yang berbunyi : Bimbinglah Jemaat Bermurah Hati, Seperti Kristus Bermurah Hati Kepada Orang Miskin, Yang Menderita dan Tertindas (Yeremia 29:7, Lukas 4:18-19). Hal tersebut memang tidak terlepas dari situasi negara yang menjajaki tahun politik, khususnya pemilihan kepala daerah. Namun terlepas dari hal tersebut, Ephorus Purba mengatakan bahwa sidang ini merupakan sidang yang penting bagi GKPS. Sedemikian penting sidang ini, terutama bagi pertimbangan-pertimbangan teologia GKPS. Majelis Pendeta adalah lembaga dalam struktur GKPS yang mengarahkan kegiatan kerja GKPS dalam sebuah kalender liturgis. Kalender liturgis itu sendiri akan membentuk lingkup tata ibadah, sakramen-sakramen dan juga termasuk topik-topik khotbah. 

Ephorus juga menyatakan bahwa penyelenggaraan di Ibukota Jakarta juga sebagai simbol ikatan kebersamaan di negara Republik Indonesia.Oleh sebab itu kehadiran Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Yasona Laoly dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pada acara pembukaan sidang kali ini patut disyukuri. "Karena memberi warna tersendiri bagi kami," begitu akunya. Ia juga mengungkapkan bagaimana kehadiran 2 orang menteri pada acara pembukaan kali ini sangat memberi kesempatan untuk belajar, "bagaimana kita bisa berperan di tengah-tengah negara dan bangsa," begitu ungkapnya. GKPS sebagai gereja suku memiliki beban panggilan memberikan pengajaran sorgawi dan beban panggilan menjaga budaya simalungun. "Memang tanpa GKPS tidak ada yang menjaga Simalungun," begitu ungkap Ephorus GKPS, tentang gereja yang dipimpinnya sebagai gereja yang menjaga Simalungun. 

Sementara itu Ketua Panitia Pdt  Sipayung mengatakan bahwa acara sidang ini dihadiri oleh 279 peserta. Dengan cara gotong royong, seluruh jemaat distrik 7, khususnya Jabodetabek dan Bandung mengusahakan penyelenggaraan ini. Mereka menangani mulai dari hal yang kecil hingga yang dana besar, "Puji Tuhan jemaat-jemaat bisa menanggulangi," demikian Pendeta Sipayung mengatakan. Dikatakannya, alasan yang mendasari diselenggarakan sidang ini di Jakarta adalah tindak lanjut keputusan Rapat Koordinasi Pimpinan Resort di Distrik 7 pada tanggal 28 Oktober 2017, di Cijantung Jakarta.

Dengan beberpa pertimbangan yang disepakati adalah bahwa pada tahun 2018 ini GKPS akan memasuki tahun pelayanan yang ke 115 tahun. Dan selama 115 tahun itu, GKPS baru berkesempatan mengadakan Sidang Majelis Pendeta pada tahun ini di Jakarta. Hal ini dilakukan untuk menambah wawasan dan menambah motivasi pendeta-pendeta dalam menjalani pelayanan mereka. "Hampir lebih dari 50%, ya, pendeta GKPS belum pernah ke Jakarta," demikian ungkap Pendeta Sipayung. Dengan penyelenggaraan ini maka diharapkan semangat pelayanan makin bertambah dengan pengetahuan yang juga kian bertambah-tambah. Selamat melintasi Tahun Diakonia Pendeta Majelis!.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sang Ratu Sampah Akhirnya Menjadi Sarjanaoleh : Rohmah S
17-Aug-2018, 22:49 WIB


 
  Sang Ratu Sampah Akhirnya Menjadi Sarjana Amilia Agustin menjadi salah satu narasumber Adiwiyata Learning Center (ALC) Goes to School 2017 yang digelar oleh PT Astra International Tbk dalam rangka memperingati Hari Ozon Sedunia, Oktober 2017. Ami sering kali dipercaya menjadi narasumber suatu acara, baik oleh perusahaan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia