KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
ProfilSang Perancang Mode Batik oleh : Redaksi HOKI
14-Apr-2018, 18:54 WIB


 
 
KabarIndonesia - Anthony Bachtiar memang dikenal dengan rancangannya yang mengeksplorasi kain-kain tradisional Indonesia seperti batik dan tenun ikat. Bahkan ia sering sekali merancang batik sebagai gaun pesta. Ini adalah kreativitas di luar pakem, karena batik sebelumnya hanya dimanfatkan sebatas kain untuk
selengkapnya....


 


 
BERITA ROHANI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pemimpin 01 Mar 2018 12:42 WIB

Penghianat 22 Feb 2018 12:07 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
ROHANI

Renungan Pasca Natal: Takhta Surga Ditinggalkan-Nya Menebus Dosa Manusia
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 28-Des-2017, 19:03:25 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Memasuki bulan Desember, umat Kristen di seluruh dunia melaksanakan perayaan Advent Natal menyongsong Hari Natal sebagai hari kelahiran Yesus Kristus ribuan tahun lalu. Semarak perayaan hari Natal terlihat diberbagai wilayah belahan bumi, di benua Eropah, Timur Tengah, Amerika, Australia, Asia termasuk di negeri bhineka tunggal ika Indonesia. Pernak-pernik hiasan pohon Natal, aneka ragam lampu, bunga-bungaan menghiasi desa, rumah penduduk, toko, mall, bahkan kantor-kantor dan usaha, tak ketinggalan gedung rumah ibadah/gereja.

Berbagai jenis even digelar diisi dengan beragam kegiatan berbasis tradisional dan modern, sosial-budaya. Ada Christmas Season, Konser lagu-lagu Natal, gelar seni-budaya, pameran buku Kristen, tak ketinggalan bakti sosial ke panti asuhan, penyandang disabilitas, lansia, pengobatan gratis dan bagi hadiah bingkisan natal. Tak ketinggalan para pengusaha retail, usaha kuliner, pengelola teknologi informasi menggelar diskon hingga 50-70% harga.

Seluruh aktifitas masyarakat tersebut dimaknai sebagai wujud kemeriahan merayakan Hari Natal, yang telah menjadi sebuah kebiasaan bahkan boleh jadi sekedar seremonial hingga tidak meninggalkan kesan dan pesan yang patut direnungkan buat pembaruan iman.

Buat umat Kristen, Yesus Kristus sudah lahir, mati di kayu salib, bangkit dari antara orang mati, naik ke surga dan duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang Maha Kuasa. YESUS lahir di hari Natal 'diturunkan' dari tahta Allah untuk menyelamatkan dan menebus manusia dari dosa dan maut. KelahiranNya adalah bukti betapa besar kasih Allah kepada manusia di bumi. Maka manusia harus tidak sekedar menyambut dan memeriahkan hari Natal tetapi yang lebih penting membaharui dirinya dengan limpahan kasih, suka cita dan damai. Hidup dan kehidupan jasmani dan rohani yang lebih baik dan sempurna.

Bait nyanyian diceritakan betapa "Takhta surga ditinggalkan dan rumah-Nya yang baka. Kini Allah lahir jadi manusia.Dia kosongkan diri-Nya, Dia datang ke dunia menderita kar’na dosa manusia.Tiada terbatas kasih dan rahmat-Nya, nyawa-Nya dikurbankan bagiku. Kumuliakan Yesus s’lama-lamanya. Kar’na kasih-Nya s’lamatlah diriku. Lahir dari dara Maria di Betlehem, Efrata; Yesus dibaringkan di palungan-Nya. Dia pikul semua dosa kar’na kasih setia-Nya untuk mengampuni dosa manusia.

Galatia 4:4-5, “Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat. Ia diutus untuk menebus mereka, yang takluk kepada hukum Taurat, supaya kita diterima menjadi anak.”

Sebelum kedatangan Yesus ke dunia ini, kita semua bagaikan anak kecil yang belum paham akan kehendak Bapa. Yang kita lakukan hanya apa yang baik menurut kita dan yang dapat menyenangkan dan memuaskan hati kita. Padahal itu adalah dosa. Sementara upah dosa adalah maut (Roma 6:23). Namun syukur bagi Allah, Dia tidak segera menjatuhkan keputusan akhir, hukuman sebagai upah dosa.

Dalam keadaan manusia bergelimang dosa itu, Allah mengutus Anak-Nya, Tuhan Yesus Kristus, ke dalam dunia; supaya kita yang dahulu tidak paham bahkan bangga akan dosa, dapat diterima menjadi anak-anak Allah, meskipun Anak-Nya secara hakiki, Yesus, dikorbankan demi anak-anak adopsi.

Betapa Yesus, Sang Anak Hakiki, telah merendahkan diri-Nya demi kita manusia, para anak adopsi. Dia lahir dari seorang dara, perawan Maria. Itulah kasih Allah kepada kita umat manusia. Kita ditebus dari dosa, kebanggaan kita semula, supaya kita paham akan status baru yang telah diberikan Allah supaya kita menjadi anak-anak-Nya.

Ketaatan Kristus akan Taurat, dan hukuman dosa kita atas Dia di kayu salib, telah membebaskan kita dari ‘kanak-kanak yang berdosa’ menjadi paham dan dewasa. Mari, biarlah kedewasaan kita tidak hanya sebatas kata-kata belaka, namun bertumbuh dan berbuahkan kedewasaan iman dalam segala tindakan nyata dan berbahasa maupun motivasi yang tersimpan dalam diri kita setiap hari.

Sesudah merenungkan Firman Allah yang menjadi suluh dan tongkat dalam perjalanan hidup, maka kita perlu untuk membuka komunikasi, hubungan intim dengan Tuhan melalui doa. Karena doa adalah nafas dan urat nadi kehidupan bagi umatNya.

Inilah doa kita: Ya Allah yang Maha kasih, Maha Kuasa, Maha besar, yang kami sembah, kami muliakan, kami puja, kami agungkan dalam nama Tuhan Yesus, Juru Selamat kami yang hidup. Lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat. Yang diutus untuk menebus dosa kami, yang takluk kepada hukum Taurat, supaya kami diterima menjadi anak. Jaga dan kuasailah hati kami agar tidak sombong dan mengandalkan diri kami. Kuduskan kami dengan kuasa darahMu.

FirmanMu agar tetap menjadi pelita hidup kami. Kasih dan berkatmu menyembuhkan pengobatan dan perawatan Saudara-saudara kami yang sakit di Rumah Sakit atau dirumah masing-masing. Berikan penghiburan, ketabahan dan pertumbuhan iman bagi saudara-saudara kami yang berduka. Mampukan saudara kami mengatasi masalah agar tuntas segera. Berikan kesehatan dan panjang umur bagi mereka yang berulang tahun kelahiran atau ulang tahun pernikahan hari ini.

Kami juga memohon kehadiratMu, berikan kebijaksanaan bagi para Pemimpin Dunia, agar mereka menjadi bijak, jujur dan tulus dalam kasih dan damai memimpin masyarakatnya menggapai kesejahteraan ciptaanMu. Jauhkan kami dari perseteruan, perpecahan, perang dan hal-hal yang jahat yang merusak persatuan, kebersamaan dan rasa damai. Kami tahu ya Tuhan ditanganmu ada kasih cinta yang Engkau tanamkan dalam hati dan jiwa kami. Lahirlah Tuhan Yesus di dalam setiap gerak langkah kehidupan kami. Menyongsong berkatMu yang besar tahun 2018, beri kesehatan dan panjang umur bagi umatMu, agar bertumbuh iman percayanya padaMu Yesus. Biarlah Roh Kudus buka jalan dan bimbing kami dalam aktivitas kami, guna menerima berkat yang Tuhan sediakan bagi kami. Amin.

Selamat berlibur, selamat bekerja, Selamat melayani. Tuhan Yesus Kristus menjagai, melindungi jemaat, bangsa dan NKRI yang ber-bhinneka tunggal ika, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Anthony Bachtiar, Designer Batik Terbaikoleh : Munir Werlin
17-Apr-2018, 06:58 WIB


 
  Anthony Bachtiar, Designer Batik Terbaik Anthony Bachtiar, Designer Batik Terbaik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Pengabdian Tentara di Pojok Desa 10 Apr 2018 14:27 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia