KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPolri dan Bawaslu Siap Optimalkan Kelancaran Pelaksanaan Pemilu 2019 oleh : Rohmah S
13-Sep-2018, 16:59 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Terkait dengan pelaksanaan pemilu tahun 2019 mendatang, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menjamin  semua akan berjalan aman dan lancar.  Guna memaksimalkan melaksanakaan pengamanan pemilu, Polri sudah bersiap diri lebih dini dengan mematangkan strategi pengamanan. Adapun dalam pelaksanaan pengamanan
selengkapnya....


 


 
BERITA ROHANI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Penyair Sang Waktu 31 Aug 2018 11:12 WIB

Hidup adalah Belajar 29 Aug 2018 06:45 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB


 

Pesta Puncak Kaum Bapak Resort HKBP Balige 2017 Berlangsung Meriah

 
ROHANI

Pesta Puncak Kaum Bapak Resort HKBP Balige 2017 Berlangsung Meriah
Oleh : Sesmon Toberius Butarbutar | 13-Nov-2017, 20:14:16 WIB

KabarIndonesia - Balige, Untuk menyukseskan Tahun Orientasi Pendidikan dan Pemberdayaan HKBP Tahun 2017, Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Ressort Balige melaksanakan berbagai kegiatan.  Sebagai puncak kegiatan tersebut Panitia melaksanakan Pesta Puncak 'Parheheon Ama Huria, Ama Ressort, Pesta Gotilon' (red: kebangkitan kaum bapak gereja, resort, pesta panen) dan Peringatan 500 Tahun Reformasi Marthin Luther, MInggu, 05 Nopember 2017 di Komplek HKBP Balige, Jl. Gereja Nomor 26 Balige.

Beberapa rangkaian acara telah dikemas oleh panitia sehingga kegiatan dapat berlangsung sederhana namun mempunyai makna yang dapat menggugah para jemaat yang menghadiri acara ini.

Demikian disampaikan Ketua Pelaksana St. Drs. Lauranto Simanullang didampingi Sekretaris Umum Sesmon TB. Butarbutar, Jonson Siahaan sebagai Ketua Parheheon Ama Huria sebelum acara dimulai.

Acara dimulai dengan ibadah yang dibawakan oleh Pdt. (Em) Nelson Siregar (Kepala Departemen Diakonia Periode 2004 - 2012), dilanjutkan dengan acara manortor (red: menari) dari berbagai jemaat pagaran HKBP Ressort Balige.

Pdt. (Em) Nelon Siregar dalam khotbahnya yang diambil dari Nats Mika 3 : 5 - 12 menyerukan kepada  1500an jemaat yang hadir dalam acara tersebut, agar menjadi Pemimpin Bangsa seharusnya berpikir dan berkarya bagi kesejahteraan rakyat yang dipimpin. Pemimpin umat seharusnya mengarahkan umat di jalan yang benar.  "Manusia bukan untuk diperdagangkan, namun untuk dikasihi. Begitu juga dengan kita, dengan memperingati 500 Refomasi Martin Luther, mari kita saling mengasihi.Jangan memperjual belikan manusia. Mari saling menjaga, saling menjaga untuk kebenaran dan kebaikan", sebut Pdt. Nelson. 

Lebih lanjut menurut Nelson manekankan, semua harus bangga dengan Martin Luther yang sangat berani di usia mudanya dan menetang larangan bagi umat beragama. Luther telah menulis kepada Albrecht, Uskup Agung Mainz dan Magdeburg sebuah protes terhadap praktik korupsi Gereja Katolik Roma, termasuk penjualan indulgensi kepausan. Dalam suratnya itu, dia melampirkan sebuah salinan dari ‘Perdebatan panjang antara Martin Luther terhadap Kekuatan dan Keberhasilan Indulgensi', yang kemudian dikenal sebagai 95 dalil.

"Langkah inilah yang kemudian melahirkan tradisi baru dalam agama Kristen. Gerakan pembaruannya mengakibatkan perubahan radikal bahkan di lingkungan Gereja Katolik Roma dalam bentuk Reformasi Katolik. Dia bahkan ikut andil dalam menterjemahkan Alkitab versi standar bahasa Jerman dan menambahkan sejumlah prinsip di dalam penerjemahannya," tandasnya.

Selanjutnya setelah kebaktian bersama selesai, dilanjutkan acara pesta dengan memberikan silua eme (red: persembahan padi) dari jemaat HKBP se-Ressort Balige sambil manortor (red: menari) dengan mengenakan 'Ulos' dan 'Sortali' sehingga menambah semaraknya acara pesta.

Pdt. Hotman Nababan, S.Th didampingi Pdt. Miduk Sirait, S.Th, dan Gr. Hotler Sitompul, S.PAK mengatakan, tujuan dilaksanakannya acara manortor oleh para jemaat adalah mendukung Pemerintah Kabupaten Toba Samosir untuk melestarikan budaya Batak, sehingga program pemerintah pusat dan pemerintah daerah mewujudkan Danau Toba sebagai Destinasi Wisata bertaraf Internasional dapat terlaksana.

"Gereja berperan untuk mendukung pemerintah. Gereja adalah persekutuan orang beriman yang hidup di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat secara universal. Gereja tidak hidup di dalam dunia yang menjadi miliknya sendiri, melainkan dalam dunia milik bersama. Dunia yang dimiliki oleh masyarakat yang majemuk dan pluralistik," jelas Pdt. Hotman.

Turut hadir dalam acara tersebut, mewakili Pemerintah Kabupaten Toba Samosir Tonni Simanjuntak, SE yang juga wakil Ketua DPRD Toba Samosir, tokoh masyarakat dan berberapa tamu undangan lainnya.

Adapun Panitia Pelaksana dalam kegiatan pesta ini adalah St. Drs. Lauranto Simanullang, Jonson Siahaan masing-masing sebagai Ketua, Sesmon TB. Butarbutar Sekretaris Umum, J. Hutajulu dan J. Situmeang masing-masing sebagai Bendahara Panitia Huria dan Ressort, yang juga dilengkapi dengan seksi-seksi lainnya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buat Bit Untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia