KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
BudayaPeran Serta Ita Siregar dalam Mengembangkan Dunia Sastra Kristen di Indonesia oleh : Fida Abbott
13-Feb-2018, 23:22 WIB


 
 
KabarIndonesia - Berkenalan dengan sosok Ita Siregar beberapa tahun lalu bukanlah suatu hal yang kebetulan. Saya bertemu dengannya lewat salah satu media sosial terbesar di dunia, yaitu facebook, melalui sebuah grup penulisan. Facebook memungkinkan siapa pun berkenalan dengan mudah walau
selengkapnya....


 


 
BERITA ROHANI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Keindahan Khatulistiwa 12 Feb 2018 16:21 WIB

Merakyatlah 12 Feb 2018 16:21 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Hapus Tatto Gratis 27 Jan 2018 12:27 WIB

 

Membangun Keluarga Yang Ramah Anak

 
ROHANI

Membangun Keluarga Yang Ramah Anak
Oleh : Argopandoyo Tri Hanggono | 23-Jun-2017, 09:34:20 WIB

KabarIndonesia - Semua orang selayaknya menyadari keberadaan seorang anak merupakan anugerah. Anugerah yang berdampak bagi kelanjutan kehidupan, baik bagi keluarga, masyarakat, bahkan juga bagi sebuah bangsa di suatu negara. Itulah mengapa perlu adanya sebuah tempat nyaman dan aman bagi anak. Dan tempat itu bisa dimulai dari keluarga. Dan inilah kesadaran yang perlu dibangun bagi semua bangsa khususnya bagi keluarga-keluarga di Indonesia.

Sejauh ini, Indonesia yang seolah telah menjadi negara yang benar-benar memperhatikan keberadaan anak. Namun pada kenyataan, ternyata Indonesia juga terindikasi, sedang menghadapi multi-darurat anak. Sedikitnya ada empat hal yang masuk dalam multi-darurat anak, yaitu kekerasan seksual pada anak, narkoba, pornografi, dan pedofil. Mengingat seorang anak belum memiliki kesanggupan penuh dalam menghadapi ancaman-ancaman tersebut, maka peran aktif lingkungan yang mendukung serta membekali anak agar mampu mengatasi, ancaman-ancaman, harus segera diwujudkan.

Keluarga sebagai pelindung, yaitu tempat utama dan pertama bagi seorang anak dalam kehidupan, diharapkan menjadi tempat pendukung dan pemberi bekal bagi anak, dalam menjalani kehidupannya. Karena selama ini, berbagai lembaga swadaya masyarakat pemerhati pada perlindungan anak, justru acap kali menyatakan bahwa, kebanyakan anak mendapati berbagai tindak kekerasan dari orang-orang yang berada di dalam rumah. Berkaitan dengan hal ini, Gerakan Ramah Anak atau GRA pun diluncurkan.

"Termasuk untuk me-respon multi-darurat anak di Indonesia," demikian Haryati dari Anak Bersinar Bangsa Gemilang, dalam makalahnya.
GRA yang hadir kali ini diharapkan dapat memberi penguatan kesadaran anggota keluarga, baik anak-anak mau pun orang tua, demi tujuan membangun kenyamanan dan keamanan kehidupan anak. Kesadaran ini pun disambut Badan Pekerja Harian Gereja Bethel Indonesia atau BPH GBI yang selalu mendorong Bulan Keluarganya setiap bulan Juni. Dengan mengetengahkan tema "Keluarga adalah Maha karya Allah yang Terbesar", BPH GBI pada tahun 2017 ini menaruh perhatian pada pola asuh anak, termasuk kasus KDRT, penyalahgunaan Narkoba, dan lainnya.

Maka pada puncak perayaan Bulan Keluarga GBI di hari Senin tanggal 19 Juni lalu, bertempat di Graha Bethel, Jakarta, Ketua Umum BPH GBI Pendeta Dr. Japarlin Marbun memperingatkan semakin meningkatnya ancaman terhadap keluarga, yang salah satunya datang dari kasus anak yang terkena narkoba. Kemudian juga masalah KDRT yang semakin meningkat angkanya. Dari catatan yang didapatnya itu, GBI melalui lembaga-lembaga yang ada di dalamnya akan senantiasa memfokuskan perhatian pada keluarga. Perhatian itu dilakukan melalui Kelompok Kerja Keluarga yang terlah dibentuk.

Pokja tersebut akan membuat GBI selalu siap melayani dan mendorong pembinaan keluarga, untuk mewujudkan keluarga sebagai tempat yang nyaman dan aman bagi anak. Pdt. Japarlin pun mengajak semua pihak untuk serius memperhatikan tumbuh kembang anak melalui didikan yang sebenarnya. "Mari kita bina anak-anak," demikian ajak Pdt Japarlin, "Agar terdidik dan terarah sesuai dengan kehendak Tuhan," lanjutnya menambahkan, menutup perbincangan kali ini. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Astra International Investasi USD150 Juta di GO-JEKoleh : Rohmah Sugiarti
12-Feb-2018, 22:21 WIB


 
  Astra International Investasi USD150 Juta di GO-JEK Menteri Komunikasi & Informasi RI Rudiantara (kedua kiri) bersama Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (kedua kanan), Chief Executive Officer & Founder Go-Jek Nadiem Makarim (kiri) dan President & Co-Founder Go-Jek Andre Soelistyo berswafoto bersama seusai konferensi pers
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Konsisten Pegang Teguh Netralitas 15 Feb 2018 23:19 WIB


 

 
 

 

 

 

 

 
Walk to Museum Bahari Yogyakarta 12 Feb 2018 16:23 WIB

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia