KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA ROHANI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
BNN "Panen" 1 Ton Ganja di Aceh 13 Aug 2020 02:57 WIB


 
Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
ROHANI

LILIN ADVENT-NATAL
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 08-Des-2019, 16:13:09 WIB

KabarIndonesia - Saat ini umat Kristiani di seluruh dunia tengah merayakan pekan pertama dan kedua masa Advent atau Adventus (kedatangan). Adven bukan saja sebuah masa untuk mempersiapkan dan menyamput Pesta Natal. Lebih dari itu, Adven adalah sebuah masa penantian akan kedatangan Kristus untuk kedua kalinya ke dunia.

Masa Advent dirayakan dalam empat pekan berturut-turut sebelum Natal. Semua itu ditandai dengan empat lilin yang dinyalakan satu per satu setiap minggunya. Tahukah kamu, setiap lilin Adven memiliki arti khusus dan pesan yang spesial bagi kita semua.

Lilin dalam bahasa Inggris disebut Candle yg diserap dari bahasa Latin Cardere yg berarti Kelap-kelip. Lilin sudah dikenal oleh bangsa Mesir sejak 3.000 tahun sebelum Masehi. Orang Yahudi setiap Jumat sore 18 menit sebelum matahari terbenam selalu menyalakan lilin untuk menyambut dimulainya hari Sabat.

Pada saat sekarang ini Lilin dan Advent-Natal sudah merupakan satu kesatuan yang sukar untuk bisa dipisah lagi. Rasanya kalau kita merayakan Adven dan Natal tanpa adanya Lilin berarti ada sesuatu yang kurang. Maka tidaklah heran apabila omset penjualan Lilin di Eropa 55% dilakukan pada saat bulan Desember (menjelang Natal)

Bagi umat Kristen, lilin itu merupakan simbol dari kelahiran Yesus yang membawakan terang ke dalam dunia ini. Yoh 1:5 "Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya dan (9a) Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang,..."

Disamping itu kehadiran Malaikat membawa kabar gembira bagi para gembala di padang di mana kemuliaan Tuhan bersinar terang di tengah malam (Lukas 2:8-12) merupakan analogi terhadap peran Yesus sebagai terang dunia.

Lilin itu ikhlas berkorban membakar dirinya sendiri agar dapat menjadi terang. Tanpa pengorbanan, sulit menjadi terang. Lilin melambangkan keberanian untuk memberikan terang. Dan mereka yang berada di dalam kegelapan pada suatu saat pasti akan membutuhkan terang.

Umat Kristen-Katolik sering menyalakan Lilin sambil berdoa. Lilin yang menyala melambangkan suatu kurban, yang dilakukan sekaligus dengan mempersembahkan doa dan menerima kehendak Tuhan.

Sedangkan lilin liturgi misalnya untuk Paskah minimum 51% bahan dasarnya harus dari lilin lebah. Menurut St. Agustinus, lilin lebah merupakan lambang tubuh Kristus, lambang kemanusiaan-Nya yang lahir dari seorang perawan (seperti lilin lebah yang dihasilkan oleh lebah); sumbunya adalah jiwa Kristus; dan nyala api adalah pikiran-Nya.

Lilin dalam dekorasi Advent Krans pada umumnya terdiri dari lima buah.
Setiap minggu yang dilewati dinyalakan satu lilin, selama empat minggu berturut-turut, yakni minggu adven I, II, III dan IV sementara lilin kelima adalah lilin besar yang ditempatkan ditengah berwarna putih melambangkan Lilin Kristus, yang dinyalakan tepat pada hari Natal.

Arti minggu adven dan makna penggunaan lilin berwarna dijelaskan sbb:

* Minggu Advent I – Pertobatan dan Harapan

Minggu advent pertama mengingatkan kita akan kedatangan Yesus Krisus sang Pnebus. Minggu pertama ini ditandai dengan sebatang lilin ungu ini memiliki arti sebagai pertobatan dan HARAPAN. Lilin pertama ini disebut Lilin Nabi, yakni para nabi telah mengingatkan akan kelahiran seorang Raja. Kita semua menantikan kedatangan Kristus penuh sukacita dan harapan, mempersiapkan diri dalam pertobatan agar layak menyambut Dia. (Bacaan Alkitab, Roma 15: 12-13)

Minggu Advent II – Kesetiaan dan Cinta.

Minggu kedua Adven memiliki arti sebagai KESETIAAN dan CINTA. Pada minggu kedua ini lilin ungu kedua dinyalakan, mengingatkan kita untuk tetap setia mempersiapkan jalan bagi kedatangan Tuhan. Lilin kedua disebut Lilin Betlehem yang memiliki arti bahwa Yesus Krisus sang juruselamat akan lahir di dalam hati kita.

Seperti ada tertulis dalam kitab nubuat-nubuat Yesaya: Kita diwajibkan menyiapkan hati dan cinta demi menyambut kedatangan Kristus. (Bacaan Alkitab: Lukas 3:4-6)


Minggu Adven III – Sukacita

Minggu ketiga Adven ditandai dengan dua batang lilin ungu dan satu lilin merah jambu. Minggu ketiga ini mengingatkan kita tentang SUKACITA. Kita bersama-sama bergembira untuk menyambut kelahiran Yesus sang juru selamat kita.

Lilin ketiga disebut Lilin Gembala karena kabar sukacita tentang kelahiran Yesus Kristus pertama kali diberitahukan kepada orang-orang yang rendah hati dan tulus. (Bacaan Alkitab, Lukas 2:10)

Minggu Adven IV – Perdamaian;

Ini adalah pekan terakhir dari masa Adven. Minggu keempat yang memiliki arti khusus PERDAMAIAN ini ditandai dengan tiga batang lilin ungu dan satu lilin merah jambu. Minggu keempat Adven mengingatkan kita tentang kemuliaan Tuhan, sang pemilik semesta alam. Bersama-sama kita bersukacita menyambut kedatangan-Nya.

Lilin keempat disebut Lilin Para Malaikat yang melambangkan kebahagiaan dan sukacita menyambut kedatangan Sang Juru Selamat. “Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.” ( bacaan: Lukas 2:14)

Hari Natal - Lilin Natal

Ini adalah lilin yang terakhir dinyalakan. Lilin kelima adalah lilin besar yang ditempatkan ditengah berwarna putih melambangkan Lilin Kristus. Lilin ini baru dinyalakan pada hari Natal. Kristus lahir untuk membawa cintakasih, suka cita dan perdamaian. Terang yang menyinari kegelapan. (Bacaan Joh 3,16).

Perayaan Natal adalah perayaan yang mengingatkan Yesus Kristus telah lahir 2000 tahun yang lalu untuk kemaslahatan umat manusia. (Mang Ucup dan Danny Melani Butarbutar)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
"BURN OUT" = 4G (Gosong) 13 Aug 2020 04:53 WIB


 

 

 

 
Saatnya Nabung Saja Tidak Cukup 13 Aug 2020 02:57 WIB


 

 

 

 
Kemendiknas Luncurkan #Teman KIP 05 Aug 2020 10:35 WIB

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia