KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
ProfilHikmah Nurida, Pustakawan yang Suka Menulis dan Aktif Bersukarelawan oleh : Redaksi-kabarindonesia
14-Feb-2017, 09:34 WIB


 
 
Hikmah Nurida, Pustakawan yang Suka Menulis dan Aktif Bersukarelawan
KabarIndonesia - Hikmah Nurida adalah pemenang I Lomba Tulis HOKI 2016 bertema Aku Ingin Menjadi Penulis Cerita Anak-Anak. Ia berprofesi sebagai seorang pustakawan di layanan Koleksi Umum Perpustakaan Nasional RI yang membuat perempuan murah senyum ini banyak bergelut dengan
selengkapnya....


 


 
BERITA ROHANI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Ayah 11 Feb 2017 17:13 WIB

Kisah Februari 11 Feb 2017 17:12 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
ROHANI

Kabupaten Samosir Selenggarakan Perayaan Natal Oikumene Tahun 2016
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 29-Des-2016, 17:06:37 WIB

KabarIndonesia - Pemerintah Kabupaten Samosir bekerjasama dengan Forum Komunikasi Kristen Katolik Samosir (FK3S) melaksanakan Perayaan Natal Oikumene Tahun 2016, Selasa (27/12). Perayaan dihadiri ribuan umat Kristiani dari berbagai denominasi gereja berlangsung dengan aman, nyaman, lancar dan hidmat. Acara diawali dengan prosesi Pimpinan Pemerintahan dan Pimpinan Gereja dari rumah dinas Bupati menuju lokasi acara di tanah lapang Pangururan.

Perayaan Natal Oikumene ini dihadiri Bupati Drs.Rapidin Simbolon, MM beserta isteri, Wakil Bupati Ir.Juang Sinaga beserta isteri, Ketua DPRD Samosir Ny.Rismawati Simarmata dan para Wakil Ketua DPRD, Kejari Pangururan, Kapolres, Danramil 02/Pangururan mewakili Dandim 0210/TU, Plt. Sekda, Para Pimpinan SKPD, Camat dan para Tokoh Agama.

Acara perayaan dimulai dengan penyampaian laporan dan kata- kata sambutan. Rismawati Simarmata (Ketua DPRD Samosir) selaku Ketua Umum Panitia Perayaan menyampaikan laporan rangkaian kegiatan dalam rangka perayaan, antara lain Ibadah-Liturgi, Fragmen Natal, Artis dan pemberian bingkisan Natal serta pembukaan Christmas Season. Rismawati juga menyampaikan terimakasih atas kerjasama yang baik antara Legislatif dan Eksekutif untuk menampung anggaran penyelenggaraan kegiatan.

Bupati Samosir, Drs. Rapidin Simbolon, MM dalam sambutannya meminta kepada masyarakat Samosir yang dominan (red: 99% beragama Kristen-Katolik) agar mencermati perayaan Natal sungguh-sungguh dilaksanakan sebagai bagian dari pembinaan iman dan jangan melihat siapa yang hadir. “ Kita jangan melihat siapa yang datang di perayaan Natal, kita jangan mempersoalkan apakah Menteri, Pejabat pusat, artis yang datang disini, tetapi marilah kita melihat dan menyambut kedatangan Yesus Kristus untuk melepaskan kita dari belenggu dosa. Dia datang ke dalam diri kita, untuk melahirkan perubahan sikap dan menerima saudara-saudara kita yang lain” sebut Bupati.

Selanjutnya Rapidin Simbolon yang dilantik sebagai Bupati Samosir pada bulan Februari 2016 lalu menyampaikan bahwa sejak awal sudah berencana untuk merancang kegiatan Perayaan Natal Oikumene dirangkaikan dengan pelaksanaan Christmas Season sebagai bagian dari kegiatan untuk mewujudkan visi, misi pembangunan Kabupaten Samosir yang tertuang dalam RPJMD 2016-2021. “Kita tidak perlu saling menyalahkan, tetapi marilah kita saling bahu-membahu. Janganlah kita ikut-ikutan meramaikan medsos dengan berita-berita bohong, hoax, atau ujaran kebencian-hujatan dan fitnah. Setiap warga harus ambil bagian mewujudkan pembangunan Samosir” lanjutnya.

Di akhir sambutannya Rapidin Simbolon menegaskan tekad dan semangatnya untuk membangun Samosir bersama-sama dengan segenap stakeholders. “Kami pastikan untuk berjuang melaksanakan cita-cita perjuangan dan tekad Samosir ke arah yang lebih baik. Mohon hamba Tuhan untuk mendoakan kami agar lebih kuat, mengingatkan kami jika kurang sigap, dukung kami untuk memperbaiki kekurangan-kelemahan, doakan kami untuk berjalan baik dan lurus. Kita berharap tahun 2017 akan lebih baik lagi” pungkasnya.

Tepat pukul 17.30 wib, acara ibadah perayaan Natal Oikumene di mulai. Dengan 3 orang liturgis memimpin jalannya ibadah diselingi nyanyian pujian oleh paduan suara dan vocal grup serta artis Bornok Hutauruk, Pdt. Toho Sinaga, gelar fragmen/tablo tentang kelahiran Yesus Kristus, menjadi rangkaian acara ibadah. Bupati, Wakil Bupati, FKPD, Pimpinan SKPD, Kepala Sekolah, Pimpinan BUMD/N, Kelompok Professi, Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat, Pemuda dan LSM turut membacakan liturgi (ayat-ayat Alkitab).

Berlandaskan tema perayaan ” Hari Ini Telah Lahir Bagimu Juruselamat Yaitu Kristus Tuhan Di Kota Daud ” (Lukas 2: 11) dan subtema ” Dengan Perayaan Natal Oikumene, mari kita satukan tekad untuk mewujudkan masyarakat Samosir yang sejahtera, mandiri dan berdaya saing berbasis Pertanian dan Pariwisata”, Pdt. Oloan Pasaribu,M,Th., Bishop GKPI dalam khotbah mengajak seluruh umat Kristiani agar lebih dahulu mencari Kerajaan Allah dan selalu mensyukuri apapun yang diberiNya. Merayakan Natal berarti menerima hidup baharu dan kekal. Natal dapat membawa perubahan dalam kehidupan sehari-hari dan umat Kristiani diharapkan dapat menjadi terang dan saling mengasihi antar sesama.

“ Tema Lukas 2:11 adalah prooklamasi, pengumuman Tuhan, bahwa tiadak kuasa lain, tiada keselamatan lain selain dari firman Tuhan. Tidak ada keselamatan di pusuk buhit, pohon besar, danau toba. Kuasa atau jabatan apapun tidak ada yang dapat menyelamatkan manusia selain dalam diri Kristus” kata Pdt.Oloan Pasaribu.

Selanjutnya Bishop GKPI ini menyatakan bahwa sejak zaman Perjanjian Lama, Allah telah memproklamirkan akan lahir AnakNya yang tunggal-Yesus Kristus sebagai jalan keselamatan dan terang hidup. Yesus adalah roti hidup, Yesus adalah satu-satunya Juru Selamat-Immanuel, maka yang dirayakan tiap tahun bukan lagi kelahiranNya tetapi perbuatanNya. “Karena itulah dalam perayaan Natal ini ada 3 hal yang harus kita rayakan dan maknai dalam kehidupan kita yakni, merayakan kasih Allah (Joh 3:16); merayakan mujizat Allah dan menerima keselamatan dan hidup yang kekal” sebutnya.

Di akhir kotbahnya, Pdt.Oloan Pasaribu meminta kepada umat Kristen di Samosir agar menerima Yesus dan Firman Allah untuk menjadi orang yang berbuah dan bersyukur, tidak mendua hati, menjadi pelaku kebenaran Allah hingga sukacita, bahagia, damai ada dalam diri setiap orang. “Jalanilah hidup seperti air mengalir, bersyukur, berdamai dengan diri sendiri dan orang lain” tegasnya mengakhiri kotbah.
 
Catatan Pewarta KabarIndonesia, Acara ibadah/kebaktian berlangsung lancar, hidmat dan berakhir sukses pada pukul 21.00 wib. Usai Kebaktian Natal, Panitia menggelar pemberian hadiah (lucky draw) dan hiburan artis, sekaligus mempersiapkan acara pembukaan (launching) Christmas Season yang sudah dipersiapkan sejak pagi hari.
 
Bupati Samosir Rapidin Simbolon didampingi Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga, Ketua DPRD Rismawaty Simarmata, Dip Hotlier, Kapolres Samosir AKBP Donald Simanjuntak, membuka secara resmi pelaksanaan Christmas Season Tahun 2016 di tempat acara Perayaan.

Ketua Umum Christmas Season AKBP Donald Simanjuntak, dalam laporannya mengatakan event Christmas Season tahun 2016 adalah kegiatan pertama sekali dilakukan di Kabupaten Samosir. Kegiatan akan berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 27-30 Desember 2016.

“Christmas Season dilaksanakan untuk memeriahkan sekaligus merayakan suasana Natal yang damai serta dapat memberi hiburan bagi masyarakat Samosir dan pengunjung. Saya berharap kegiatan Christmas Season dapat berkelanjutan tahun depan” sebut Kapolres.

Bupati Samosir dalam arahannya sangat mengapresiasi kegiatan Christmas Season dan berharap dapat memberi manfaat bagi masyarakat Samosir. Untuk itu, Bupati mengimbau seluruh masyarakat Samosir mendukung, menyukseskan kegiatan tersebut serta berharap masyarakat datang berbondong-bondong untuk melihat dan mengikuti seluruh kegiatan penjualan kuliner, hasil kerajinan tangan, tenunan, perlombaan Christmas Song, vocal group dan kegiatan lainnya.

Sementara itu, berdasarkan catatan Pewarta KabarIndonesia, hampir di setiap Kecamatan dan Desa serta komunitas masyarakat menyelenggarakan perayaan Natal sejak awal bulan Desember 2016 dan diperkirakan masih berlangsung hingga awal Januari 2017.

Salah satu komunitas masyarakat di kawasan Ambarita, ibu kota Kecamatan Simanindo, juga menyelenggarakan Perayaan Natal Punguan Saroha Ambarita pada Rabu (28/12) dengan tema perayaan: Kemuliaan bagi Allah di tempat yang Maha Tinggi, damailah di bumi, bagi orang-orang yang diperkenankanNya (Lukas 2:11).

Komunitas Punguan Saroha adalah perkumpulan orang-orang muda yang bergerak di bidang Olah raga (khususnya sepakbola), sosial budaya dan kerohanian. Komunitas ini dibentuk tahun 2014 dan telah menyelenggarakan 2 kali turnamen sepakbola di Kabupaten Samosir.*)

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Buffalo Painting Toraja National Art Festival 2016oleh : Eliyah A M S
08-Jan-2017, 13:46 WIB


 
  Buffalo Painting Toraja National Art Festival 2016 Seekor Kerbau yang badannya dilukis pada Toraja National Art Festival 2016. Kegiatan Toraja National Art Festival ini dilaksanakan pada tanggal 23 Desember 2016 hingga 3 Januari 2017.
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 
 

 

 

 

 

 
 
 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia