KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA ROHANI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

Kami Masih Punya Rasa Malu 31 Mei 2020 11:30 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
LOVE STORY BIBI LUNG & YOKO 27 Jun 2020 05:00 WIB


 
YUUK DEMO NGEPUNG SURGA! 27 Jun 2020 06:33 WIB


 
 
ROHANI

KENAPA ORANG KRISTEN MENYANYI?
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 09-Jun-2020, 14:42:14 WIB

KabarIndonesia - "Tuhan orang Kristen adalah Tuhan yang budeg!"  Demikianlah komentar dari seorang pembaca. Kenapa demikian?

Dikatakannya#, rumah dia bersebelahan dengan satu Gereja satu sekte. Katanya kalau  jemaat mereka menyanyi, suaranya begitu keras sehingga ia tidak bisa konsentrasi untuk melakukan pekerjaan apapun juga, disamping itu ia punya bayi yang masih kecil.

Kalau orang Kristen menyanyi selalu harus keras dan full power belum lagi band nya, bahkan ini bukannya hanya sekedar beberapa menit saja melainkan minimum satu jam penuh!. Kalau pendetanya khotbah, udah kaya dalang wayang saja, selain keras suaranya banyak humor dan gelak tawanya maupun tepuk tangan.

Lain lagi komentar istri saya, dia bilang bahwa saya tidak akan bisa masuk surga, masalahnya suaranya jelek dan tidak mempunyai bakat musik sama sekali. Woou?!

Banyak orang menilai bahwa tugas orang Kristen nanti di surga selain berdoa harus menyanyi sepanjang hari sampai mulut jadi dower githu. 

Dahulu memang saya hobby ke Nite club dan sekarang sudah berubah hobby ke gereja.
Maklum ada sedikit persamaannya, di kedua tempat itu ada band bahkan ada artisnya juga. Sering bertepuk tangan wah pokoknya everybody hepi lah.

So, saya ini ke gereja mau dengarin band atau mau beribadah? . Anda ke gereja mau karaokean atau mau berdoa?. Pasti ada pembaca yang menduga se-akan saya ingin merendahkan nilai gereja?. Tidak, tetapi  saya ingin tahu berapa jauh hal ini dibenarkan oleh Alkitab!

Apakah semua orang Kristen menyanyi?. Apakah di semua gereja ada band nya?
Apakah semua orang Kristen menyanyi sambil bertepuk tangan?

Pertama, tidak semua orang Kristen menyanyi, bahkan ada aliran gereja yang tidak menyanyi sama sekali, jadi benar-benar tenang dan hikmat sekali. Mereka adalah orang Kristen aliran Quacker, karena menurut penilaian mereka kita akan bisa lebih dekat dengan Sang Pencipta dalam keadaan tenang.

Musik dan menyanyi memegang peranan penting dalam hidup sosial orang Yahudi.
Musik, menyanyi dan menari adalah biasa dalam pesta mereka. Rajaraja mempunyai para penyanyi dan para pemusik di istananya. Gembala juga mempunyai kecapi. Para teruna bermain musik di pintu gerbang. Bahkan perempuan sundal pun meningkatkan daya godaannya dengan nyanyian (Yes 23:16).

Musik dan nyanyian bukan hanya digunakan pada saat bergembira saja, tetapi juga pada saat mereka berkabung. Nyanyian ratapan dinyanyikan oleh Daud pada saat Saul dan Yonathan meninggal (2 Sam 1:18-27). Bahkan sudah menjadi kebiasaan mereka menggaji para ahli peratap dan meratap pada saat2 berkabung termasuk para peniup suling (Mat 9:23).

Berdasarkan Alkitab, manusia sudah mengenal alat musik pada generasi kelima setelah manusia pertama (Adam). Yubal anak Lamekh "dialah menjadi bapak semua orang yang memainkan kecapi dan suling" (Kej 4:21), dialah penemu musik. Di kemudian hari musik digunakan dalam ibadah Bait Suci, karena sebelumnya terbatas di gunakan dalam kehidupan sekular mereka.

Nyanyian dalam bahasa Yunani = humnos, dipakai oleh para penulis klasik untuk memuji para dewa atau para pahlawan mereka. Sedangkan Rasul Paulus dan Silas bernyanyi di dalam penjara (Kis 16:25),

Jadi jelas menyanyikan lagu-lagu pujian adalah gejala kehidupan gereja rasuli. Semua itu dipakai sebagai pengungkapan spontan dari kesukaan Kristen, sebagai cara mengajar iman (Kol 3:16). Dan sama seperti kebiasaan orang Yahudi di sinagoge. Ini adalah bagian integral dari kebaktian gereja.

Apakah ada aturan dan kewajiban bagi orang Kristen untuk menyanyi?
Kebaktian formal dan pujian tidak diatur dan diuraikan secara khusus, sebab hal ini dianggap berjalan dgn sendirinya.

Dapat dipastikan bahwa Mazmur dipakai dalam pujian gereja kuno, bahkan Tuhan Yesus sendiri ber-sama-sama dengan muridnya sering bernyanyi. Matius 26:30, sesudah menyanyikan nyanyian pujian, pergilah Yesus dan murid-murid-Nya ke Bukit Zaitun.

Pada awal mulanya kebanyakan gereja hanya menyanyi dalam bahasa Latin ataupun bahasa Yunani, bahkan teks (lyric) yang digunakan pun harus ayat-ayat dari Alkitab, karena itu adalah keputusan konsil dari Laodikia.

Baru pada abad ke 18 mereka mulai menyanyikan lagu-lagu seperti yang kita nyanyikan di gereja pada saat sekarang ini. Buku nyanyian gereja tertua yg kita ketahui adalah satu buku nyanyian dari th 650, tetapi tanpa notasi, jadi hanya textnya saja.

Fanny Crosby seorang komponis buta; dikenal sebagai penulis himne terbanyak di sepanjang sejarah. Ia telah menulis lebih dari 8.000 himne dan yang paling mengesankan adalah, Fanny dapat menulis himmne kurang lebih tujuh himne atau puisi dalam sehari.

Menurut saya, menyanyi dan memuji mencakup persekutuan umat Kristen yang paling erat dengan Sang Pencipta. Pujian bukan hanya mengungkapkan tapi juga melengkapkan kegirangan, pujian adalah kesempurnaan kegirangan yang memang menjadi tujuannya.
"Pada saat Tuhan memerintahkan manusia untuk memuliakan Dia, Allah mengundang manusia untuk bisa turut menikmati-Nya.". Amin. So, apakah Anda sendiri hobby menyanyi? (MU)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia