KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
 
KabarIndonesia - Jakarta,  Saat ini Indonesia dalam keadaan darurat ekologis yang mengancam kelangsungan kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Karena itu Walhi bersama rakyat pengelola sumber daya alam, organisasi masyarakat sipil, dan unsur lainnya mendesak pemerintah kini dan ke depan menjalankan dan
selengkapnya....


 


 
BERITA ROHANI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Jatuh Cinta Kepada Telaga 26 Nov 2017 11:31 WIB

Dunia Imitasi 23 Nov 2017 15:40 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Hutang Malapetaka yang Mengintai

 
ROHANI

Hutang Malapetaka yang Mengintai
Oleh : Jamiel Loellail Rora | 06-Okt-2017, 02:17:04 WIB

KabarIndonesia - Tak ada seorang dewasa pun yang tak pernah berhutang dalam hidupnya. Sepertinya, hutang memang sudah menjadi bagian dari kehidupan. Ada orang yang berhutang untuk investasi usaha dan sebagian keuntungannya dipergunakan untuk membayar hutang, ini kategori hutang yang baik. Tak sedikit pula yang hutang untuk keperluan konsumtif atau untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang melahirkan istilah ‘gali lobang tutup lobang', dan ini termasuk kategori hutang yang buruk.  

Hutang bukanlah aib jika kita memiliki kemampuan untuk membayarnya, walau utang disebut Rasulullah SAW sebagai penyebab beban pikiran di malam hari dan rendah diri di siang hari. Karena bukan aib, Islam tak mengharamkan pemeluknya untuk berhutang kepada sesamanya. Kalau pun dalam masalah hutang piutang mengalami hal yang pelik, janganlah berputus asa karena Allah SWT telah menjanjikan ada dua kemudahan dibalik satu kesulitan. Dan Allah SWT takkan pernah dusta akan janjinya.

Jika kita punya hutang dan kesulitan membayarnya tetapi punya tekad kuat untuk membayarnya, yakinlah kekuatan tekad itu akan menjadi sebab bagi Allah SWT untuk menurunkan kemudahan bagi kita untuk melunasi hutang tersebut.  

Hal ini telah dijaminkan Rasulullah SAW dalam sabdanya; "Barang siapa yang berhutang uang kepada orang lain, lantas berkehendak untuk membayarnya maka Allah akan mempermudah jalannya untuk melunasinya. Barang siapa yang berhutang dengan tujuan tidak membayar maka Allah akan membinasakannya."  

Jadi, selama punya niat baik dalam berusaha dan perlu berhutang untuk tambahan modal usaha janganlah ragu merealisasikan niat baik tersebut. Namun, jika berhutang hanya untuk keperluan konsumtif sebaiknya dihindari sebisa mungkin. Karena keburukan hutang semacam itu dapat melahirkan rentetan malapetaka dalam hidup kita.  

Sebagaimana Rasulullah SAW selalu berlindung kepala Allah SWT dari lilitan hutang karena sabdanya: "Sesungguhnya apabila seseorang terlilit hutang, maka bila berbicara ia akan berdusta dan bila berjanji ia akan pungkiri." (*)    

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017oleh : Rohmah Sugiarti
16-Des-2017, 22:18 WIB


 
  Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama main dealer di 36 kota Indonesia gelar kembali Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki (KAWIR). KAWIR pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya diadakan pada tahun 2014 dan 2015 lalu. Kali ini
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Mengenang Hari Juang Kartika 13 Des 2017 11:39 WIB

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia