KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahOperasional Pelabuhan Simanindo Kembali Dibuka dengan Pengoperasian Kapal Ferry dan Kapal Kayu oleh : Danny Melani Butarbutar
07-Jul-2018, 14:45 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Sejak peristiwa tenggelamnya kapal kayu KM. Sinar Bangun di perairan Tigaras pada Senin (18/6) Pemerintah telah menghentikan operasional transportasi kapal trayek Simanindo (Samosir) - Tigaras (Simalungun). Hal ini sangat berdampak luas kepada roda perekonomian masyarakat.

Namun,
selengkapnya....


 


 
BERITA ROHANI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Ruang dan Cinta Penyatu Segalanya 27 Jun 2018 05:55 WIB

Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Hutang Malapetaka yang Mengintai

 
ROHANI

Hutang Malapetaka yang Mengintai
Oleh : Jamiel Loellail Rora | 06-Okt-2017, 02:17:04 WIB

KabarIndonesia - Tak ada seorang dewasa pun yang tak pernah berhutang dalam hidupnya. Sepertinya, hutang memang sudah menjadi bagian dari kehidupan. Ada orang yang berhutang untuk investasi usaha dan sebagian keuntungannya dipergunakan untuk membayar hutang, ini kategori hutang yang baik. Tak sedikit pula yang hutang untuk keperluan konsumtif atau untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang melahirkan istilah ‘gali lobang tutup lobang', dan ini termasuk kategori hutang yang buruk.  

Hutang bukanlah aib jika kita memiliki kemampuan untuk membayarnya, walau utang disebut Rasulullah SAW sebagai penyebab beban pikiran di malam hari dan rendah diri di siang hari. Karena bukan aib, Islam tak mengharamkan pemeluknya untuk berhutang kepada sesamanya. Kalau pun dalam masalah hutang piutang mengalami hal yang pelik, janganlah berputus asa karena Allah SWT telah menjanjikan ada dua kemudahan dibalik satu kesulitan. Dan Allah SWT takkan pernah dusta akan janjinya.

Jika kita punya hutang dan kesulitan membayarnya tetapi punya tekad kuat untuk membayarnya, yakinlah kekuatan tekad itu akan menjadi sebab bagi Allah SWT untuk menurunkan kemudahan bagi kita untuk melunasi hutang tersebut.  

Hal ini telah dijaminkan Rasulullah SAW dalam sabdanya; "Barang siapa yang berhutang uang kepada orang lain, lantas berkehendak untuk membayarnya maka Allah akan mempermudah jalannya untuk melunasinya. Barang siapa yang berhutang dengan tujuan tidak membayar maka Allah akan membinasakannya."  

Jadi, selama punya niat baik dalam berusaha dan perlu berhutang untuk tambahan modal usaha janganlah ragu merealisasikan niat baik tersebut. Namun, jika berhutang hanya untuk keperluan konsumtif sebaiknya dihindari sebisa mungkin. Karena keburukan hutang semacam itu dapat melahirkan rentetan malapetaka dalam hidup kita.  

Sebagaimana Rasulullah SAW selalu berlindung kepala Allah SWT dari lilitan hutang karena sabdanya: "Sesungguhnya apabila seseorang terlilit hutang, maka bila berbicara ia akan berdusta dan bila berjanji ia akan pungkiri." (*)    

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  FWD Life Gandeng Special Olympics Indonesia untuk Program Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Intelektual di Semarang – PT FWD Life Indonesia (FWD Life), pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, telah meresmikan kerja sama dengan Special Olympics Indonesia (SOIna) pada 18 April 2018 lalu. Setelah peluncuran kerja sama, FWD Life kemudian menggelar roadshow perdana di Bandung pada
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia