KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalWUPID - 2017 Ajang Debat Menantang! oleh : Johanes Krisnomo
20-Okt-2017, 16:38 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, 20 Oktober 2017 - Gaduhnya para mahasiswa saat istirahat makan siang, mengikuti ajang debat WUPID - 2017, tak sejalan dengan keseriusannya berkompetisi. Mereka berdebat mempertahankan argumentasinya, baik pro dan kontra, berdasarkan data akurat dan pola pikir kritis.
selengkapnya....


 


 
BERITA ROHANI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sabar dan Syukur 12 Okt 2017 01:07 WIB

Di Padepokan Om Jin 12 Okt 2017 01:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
"Tangisan" Ridho Irama 12 Okt 2017 10:00 WIB


 

 

Hutang Malapetaka yang Mengintai

 
ROHANI

Hutang Malapetaka yang Mengintai
Oleh : Jamiel Loellail Rora | 06-Okt-2017, 02:17:04 WIB

KabarIndonesia - Tak ada seorang dewasa pun yang tak pernah berhutang dalam hidupnya. Sepertinya, hutang memang sudah menjadi bagian dari kehidupan. Ada orang yang berhutang untuk investasi usaha dan sebagian keuntungannya dipergunakan untuk membayar hutang, ini kategori hutang yang baik. Tak sedikit pula yang hutang untuk keperluan konsumtif atau untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang melahirkan istilah ‘gali lobang tutup lobang', dan ini termasuk kategori hutang yang buruk.  

Hutang bukanlah aib jika kita memiliki kemampuan untuk membayarnya, walau utang disebut Rasulullah SAW sebagai penyebab beban pikiran di malam hari dan rendah diri di siang hari. Karena bukan aib, Islam tak mengharamkan pemeluknya untuk berhutang kepada sesamanya. Kalau pun dalam masalah hutang piutang mengalami hal yang pelik, janganlah berputus asa karena Allah SWT telah menjanjikan ada dua kemudahan dibalik satu kesulitan. Dan Allah SWT takkan pernah dusta akan janjinya.

Jika kita punya hutang dan kesulitan membayarnya tetapi punya tekad kuat untuk membayarnya, yakinlah kekuatan tekad itu akan menjadi sebab bagi Allah SWT untuk menurunkan kemudahan bagi kita untuk melunasi hutang tersebut.  

Hal ini telah dijaminkan Rasulullah SAW dalam sabdanya; "Barang siapa yang berhutang uang kepada orang lain, lantas berkehendak untuk membayarnya maka Allah akan mempermudah jalannya untuk melunasinya. Barang siapa yang berhutang dengan tujuan tidak membayar maka Allah akan membinasakannya."  

Jadi, selama punya niat baik dalam berusaha dan perlu berhutang untuk tambahan modal usaha janganlah ragu merealisasikan niat baik tersebut. Namun, jika berhutang hanya untuk keperluan konsumtif sebaiknya dihindari sebisa mungkin. Karena keburukan hutang semacam itu dapat melahirkan rentetan malapetaka dalam hidup kita.  

Sebagaimana Rasulullah SAW selalu berlindung kepala Allah SWT dari lilitan hutang karena sabdanya: "Sesungguhnya apabila seseorang terlilit hutang, maka bila berbicara ia akan berdusta dan bila berjanji ia akan pungkiri." (*)    

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
WUPID - 2017 Berfoto Bersamaoleh : Johanes Krisnomo
20-Okt-2017, 00:06 WIB


 
  WUPID - 2017 Berfoto Bersama Para peserta, juri dan panitia WUPID Indonesia 2017, Jakarta (14-15/10/17), berfoto bersama di akhir acara. Dua dari 30 tim (berhak mewakili Indonesia di QUIP WUPID (World Universities Peace Invitational Debate) Global 2017, Malaysia (8-12/12/17). Aldwin & Ibrahim - Universitas
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Ekspedisi NKRI Gelar Nikah Massal 20 Okt 2017 05:37 WIB

Skenario Menjatuhkan TNI 19 Okt 2017 00:54 WIB

 
Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi JK 20 Okt 2017 15:13 WIB


 

 

 

 

 
Pimpinan Redaksi HOKI 2017 09 Okt 2017 20:02 WIB


 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia