KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Lingkungan HidupHARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA 5 JUNI 2019: Bersama Kita Lawan Polusi Udara oleh : Danny Melani Butarbutar
06-Jun-2019, 03:45 WIB


 
 
KabarIndonesia - Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day diperingati setiap tahunnya pada tanggal 5 Juni. Pada tahun ini mengambil tema melawan polusi udara #BeatAirPollution. Peringatan ini bertujuan untuk membangkitkan kesadaran global untuk melakukan aksi positif bagi perlindungan pada
selengkapnya....


 


 
BERITA ROHANI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Kejagung Tunggu SPDP Kasus Makar 24 Mei 2019 17:39 WIB

 
Puisi-Puisi Silivester Kiik 17 Jun 2019 15:16 WIB

Sayap Muratara 17 Jun 2019 15:14 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
ROHANI

GERKINDO Latih Masyarakat Tangkal Hoax
Oleh : Argopandoyo Tri Hanggono | 02-Jun-2018, 00:07:50 WIB

KabarIndonesia - Untuk tujuan memberikan kemampuan menanggulangi arus berita-berita hoax yang terus menerus mengalir ke tengah-tengah masyarakat, Gerakan Kasih Indonesia atau GERKINDO menyelenggarakan acara yang mengarahkan para pesertanya berkemampuan menulis. Ketua Umum GERKINDO, Yerry Tawalujan mengatakan bahwa acara yang bertema "Jurus Jitu Menjadi Penulis Artikel yang Hebat" ini memang untuk membekali peserta dalam menghadapi maraknya hoax atau berita bohong.

Menurutnya pada jaman era digital, masyarakat banyak memenuhi kebutuhannya dengan menggunakan gadget telepon genggam. "Apalagi sekarang membaca berita lansung melalui berita oline mudah," begitu ungkapnya.

Dan menurutnya berita-berita hoax itu harus bisa ditangkal. Mengingat kemampuan masyarakat dalam mengidentifikasikan berita benar dan berita bohong sangat beragam, maka GERKINDO merasa terbeban untuk mendidik dan melahirkan citizen jurnalisme, atau pewarta warga. "Berita hoax ini memelintir atau sering memutar balikan berita baik," demikian tambah Tawalujan.

Tawalujan mencontohkan berita hoax sebagai berita benar dibuat tidak benar, "lalu ada berita tidak benar menjadi benar," lanjut Tawalujan lagi kemudian. "Sehingga masyarakat dibuat bingun dan kurang memahami berita sebenarnya," jelasnya lagi menambahkan.

Kondisi yang membingungkan ini pada akhirnya membawa kondisi masyarakat kian membahayakan bagi bangsa. Terlebih lagi di dalam berita hoax itu terkandung muatan politik, Sara dan sebagainya. Tawalujan pun mengungkapkan bahwa sudah saatnya semua pihak mau memerangi berita-berita bohong tersebut.

Berpijak pada masalah tersebut, GERKINDO membuat pelatihan menulis di media sosial dengan baik agar masyarakat dapat mengerti cara menulis yg baik, membuat isu yg baik dan benar, serta bisa mengabarkan berita kemasyarakat dengan baik juga.

Dengan demikian maka masyarakat memiliki kemampuan pribadi untuk menangkal hoax di media sosial. Pelatihan yang berkala dan berkesinambungan ini telah bergulir pada hari Rabu tanggal 30 Mei 2018 yang lalu di kantor DPP Partai Perindo, jalan Diponegoro Jakarta Pusat. Acara yang dihadiri 250 orang itu, 30% mampu menjadi penulis aktif.

Peserta yang hadir hari itu didominasi warga gereja. Lalu ada juga para relawan lintas agama dan masyarakat luas lainnya. GERKINDO merupakan organisasi Kristen sayap Partai Perindo.

GERKINDO memiliki program perjuangan menjaga NKRI serta nilai-nilai kebangsaan, nasionalisme dan Pancasia. Gerakan GERKINDO juga ingin menangkal gerakan dan paham radikal dan terorisme, melalui media sosial. Tawalujan berharap perjuangan GERKINDO menjadi perjuangan bersama. Sebab itu ia berharap para pengguna media sosial bisa lebih selektif dalam membaca berita di media sosial.

"Agar bermanfaat buat diri sendiri, dan juga masyarakat," demikian Tawalujan menyarankan. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Cara Asik Menikmati Mudik 23 Mei 2019 13:11 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia