KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA ROHANI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

Tentang Dia 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB

 

290  Frater Ritapiret Live In di Keuskupan Larantuka Flores

 
ROHANI

290 Frater Ritapiret Live In di Keuskupan Larantuka Flores
Oleh : Mansetus Balawala | 18-Jan-2018, 07:52:28 WIB

Kabarindonesia - Larantuka,  Sebanyak 290 Frater dari Seminari Tinggi Ritapiret melakukan kegiatan 'Live In' di Keuskupan Larantuka, Kabupaten Flores Timur. Kegiatan 'live in' ini dipusatkan di dua Paroki yakni Paroki San Juan Lebao dan Paroki St. Maria Pembantu Abadi Weri. Selama kegiatan, para Frater diterima dan menetap langsung bersama umat di setiap KBG dan melakukan sejumlah kegiatan rutin dari pagi hingga malam hari.

Berbagai kegiatan yang dilakukan selama live in dari tanggal 9 – 14 Januari itu antara lain, doa bersama di setiap KBG, sharing panggilan, bakti sosial, home visit, pertandingan persahabatan, pendataan umat di setiap KBG, tanggungan koor pada misa minggu di gereja, mengikuti misa lingkungan serta konser musik dan teater yang digelar di Aula Gedung Multi Event OMK Larantuka.

Dalam 'sharing' panggilan yang dilakukan bersama umat KBG Mater Dolorosa III, Lingkungan Tabali misalnya, para Frater mengharapkan agar orang tua harus selalu memotivasi anak-anak untuk memenuhi panggilan sebagai pelayan di ladang Tuhan. Mereka menyampaikan, bila dibandingkan dengan ke-empat keuskupan lainnya, saat ini tahbisan imam projo dari Keuskupan Larantuka terus menurun. Bahkan tahun ini hanya ada satu orang calon imam dari keuskupan Larantuka yang akan ditahbiskan. Hal ini tidak sebanding dengan jumlah imam di keuskupan Larantuka yang memasuki purna tugas setiap tahun.

Konser Musik yang Memukau
Mengakhiri kegiatan Live in di Keuskupan Larantuka, para Frater menggelar konser musik dan teater yang berhasil memukau ratusan penonton yang memadati gedung Multi Even OMK Larantuka. Lagu-lagu yang disuguhkan mengundang decak kagum sekitar 500 penonton yang hadir. Hujan lebat yang mengguyur Larantuka dari pukul 16.00–21.00 Wita, tak sedikit pun membuat umat mengurungkan niat untuk datang menyaksikan konser yang bertajuk Ritapiret in Harmoni itu.

Konser dimulai pukul 20.30 Wita dengan lagu pembuka mars Ritapiret, langsung memukau penonton yang memadati ruangan. Lagu-lagu yang dibawakan dikemas dalam empat paket. Setiap paket terdiri dari 4-5 lagu. Lagu yang dinyanyikan di dominasi tembang rohani dalam beberapa bahasa, Inggris, Latin, Indonesia serta lagu-lagu daerah dalam lima bahasa se-daratan Flores, mulai dari Flores Barat hingga Flores Timur.

Konser ini juga diisi dengan teater bertema "Air" yang dibawakan Teater Tanya Ritapiret yang mengisahkan tentang pencipataan manusia. Suasana langsung hening disaat dua orang Frater yang membawakan kisah menaiki panggung pentas. Mereka terus memberikan air sebagai sumber kehidupan. tubuh yang basah kuyup dengan nada bicara yang halus dan seketika mengeras mengundang tawa sebagain penonton yang hadir.

Mengakhiri konser,   para Frater mempersembahkan lagu 'Yesus teramat manis dan happy day' sebelum ditutup dengan acara lelang lagu. Dua lagu yang dilelang yakni lagu Lui e dari Flores Timur dan Gemu fa mire dari Kabupaten Sikka terjual hingga 70 juta rupiah lebih termasuk sumbangan yang diberikan melalui kotak yang diedarkan kepada para penonton.

Romo Ansel Dore, Pr dalam sambutannya mewakili Seminari Tinggi Ritapiret menyampaikan bahwa kegiatan live in ini tidak melibatkan semua cicvitas akademika Seminari Tinggi Ritapiret. “Yang hadir saat ini berjumlah 290 dari 370 orang yang berasal dari lima keuskupan di daerah Flores yakni Keuskupan Ruteng, Keuskupan agung Ende, Keuskupan Maumere dan Keuskupan Larantuka.

Sementara Uskup Larantuka, Mgr. Fransiskus Kopong Kung, Pr dalam sambutannya menyampaikan terimaksih kepada umat meski hujan terus mengguyur Larantuka sejak jam 16.00 Wita. "Kehadiran umat', demikian uskup Kopong, 'sebagai bentuk dukungan tidak saja untuk pendidikan para Frater dari seminari Tinggi Ritapiret tapi juga kepada gereja lokal dan universal". Uskup Kopong berharap musik harus selalu ada dan terus dikembangkan untuk memuji Tuhan. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB


 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia