KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
ProfilSang Perancang Mode Batik oleh : Redaksi HOKI
14-Apr-2018, 18:54 WIB


 
 
KabarIndonesia - Anthony Bachtiar memang dikenal dengan rancangannya yang mengeksplorasi kain-kain tradisional Indonesia seperti batik dan tenun ikat. Bahkan ia sering sekali merancang batik sebagai gaun pesta. Ini adalah kreativitas di luar pakem, karena batik sebelumnya hanya dimanfatkan sebatas kain untuk
selengkapnya....


 


 
BERITA PARIWISATA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pemimpin 01 Mar 2018 12:42 WIB

Penghianat 22 Feb 2018 12:07 WIB


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
PARIWISATA

Ribuan Wisatawan Tumpah Ruah Saksikan Festival Pasir Putih Samosir
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 31-Mar-2018, 14:59:22 WIB

KabarIndonesia - Dari duabelas rangkaian kegiatan Horas Samosir Fiesta tahun 2018 diawali dengan even Festival Pasir Putih dengan acara pembukaan dan pelaksanaannya hari ini Sabtu (31/3) di pantai Indah Pasir Putih Situngkir (PIS) desa Situngkir kecamatan Pangururan Samosir, Sumatera Utara.

Festival Pasir Putih yang akan berlangsung satu hari ini mengetengahkan kirab budaya (pawai), tari kolosal partutu aek (mengambil air), panggung hiburan rakyat dan lomba tradisional air dan ritual "manguras tao".

Pantauan kabarindonesia.com, pembukaan Festival Pasir Putih kali ini cukup meriah dan sukses. Ribuan orang pengunjung, memadati lokasi acara di pantai Danau Toba. Pantai Indah Situngkir berdampingan dengan pantai Pasir Putih Parbaba, di bagian Barat Laut pulau Samosir, yang dibenahi sekitar 4 tahun lalu.

Libur akhir pekan ini tampaknya menjadi momen yang tepat untuk wisatawan berkunjung ke Samosir, Danau Toba. Acara tahunan ini dihadiri oleh wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara yang terlihat begitu antusias melihat dan mengabadikan acara dan ritual dengan kamera atau telepon genggam.

Sebelum acara dimulai, Panitia penyelenggara festival Dinas Pariwisata terlebih dahulu menggelar pawai (jalan kaki) menyusuri jalan mulai dari Huta Gurgur menuju pantai pasir putih Situngkir bersama para undangan serta masyarakat Samosir serta wisatawan. Panitia penyelenggara menyediakan kain putih sebagai ikat kepala kepada para peserta pawai sebagai pertanda akan dimulainya acara festival.

Setibanya di lokasi seluruh peserta pawai dipersilahkan untuk mengambil tempat duduk untuk kemudian mengikuti acara pembukaan, sementara di lokasi sudah banyak pengunjung yang hadir.

Bupati Samosir, Drs Rapidin Simbolon MM, dalam sambutannya menyampaikan terimah kasih kepada seluruh yang hadir, baik para undangan, wisatawan dan warga masyarakat lokal. Terlihat hadir undangan yakni Kepala LIPI Jakarta Prof. DR Bambang Subianto, Sekjend Kemen PU-PERA Ibu Anita Firmanti, Kepala Biro Perencanaan Kemenko Maritim RI beserta rombongan, Direktur Utama Badan Pengembangan Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo, Direktur Pemasaran BPODT Basar Simanjuntak, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Sumut/mewakili. Juga hadir Runner-Up 5 Putri Indonesia sebagai Duta Pariwisata Danau Toba, Putri Mentari Sitanggang.

"Saya menyampaikan ribuan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada bapak, ibu saudar yang berkenan hadir pada festival ini. Dengan event ini, kami menunjukan bahwa Samosir komit melestarikan budaya suku Batak. Dan kami akan tetap pertunjukan seni budaya Batak, yang diciptakan para leluhur kami, untuk tetap menjaga kultur atau budaya, seiring kelestarian Danau Toba," sebut Rapidin Simbolon.

Selanjutnya, Bupati menyampaikan pesan dan himbauan bahwa pelestarian adat budaya Batak adalah tugas bersama masyarakat. "Jaga budaya warisan leluhur kita, jaga kebersihan serta kelangsungan Danau Toba, jaga tata krama, tetap berlaku sopan dan etika serta menghormati sesama. Mari kita jaga Danau Toba ini menjadi destinasi pariwisata prioritas yang dikembangkan pemerintah pusat." ujarnya seraya menyampaikan rasa bangga dan terimakasihnya kepada Presiden RI.

"Terimakasih kepada bapak Presiden Republik Indonesia, bapak Joko Widodo yang telah memberikan perhatian ke kawasan Danau Toba sebagai destinasil pariwisata Nasional”.

Di akhir sambutannya Rapidin Simbolon menyampaikan harapannya kepada pengunjung, turut serta mendukung pengembangan pariwisata di Samosir.

"Kepada para pengunjung yang hadir, kalian yang hadir dan datang ke Samosir adalah duta wisata, beritakanlah melalui handphone kalian atau share yang baik-baik, bahwa Samosir adalah tempat yang sejuk, bersih dan berbudaya. Jika ada yang tidak baik beritau kepada kami, agar kami bisa berbenah untuk Samosir lebih baik lagi, Samosir negeri indah kepingan surga, Samosir untuk Indonesia, dan Samosir untuk Dunia”, pungkasnya.

Sementara itu Dirut BPODT Arie Prasetyo yang hadir menyambut baik gelaran festival ini. "Kami sangat mengapresiasi masyarakat yang berpartisipasi dan datang ke acara ini, juga penyelenggara kabupaten Samosir yang sudah lebih siap melaksanakan event tahunan ini.” demikian sambutan langsung Arie Prasetyo

“Beragamnya event tahunan Kabupaten-kabupaten di Toba menjadi bukti nyata bahwa pariwisata Indonesia memiliki banyak warna yang menarik untuk wisatawan baik lokal maupun internasional”, katanya.

Hal ini tentu saja sejalan dengan target mendatangkan 1 juta wisatawan mancanegara sampai akhir tahun 2019 di kawasan Toba, sehingga kabupaten di kawasan ini seharusnya memperbanyak even yang dapat dinikmati wisatawan.

“Saat wisatawan datang ke suatu tempat dan memiliki banyak agenda pariwisata, maka itu menjadi cara untuk membuat wisatawan semakin betah dan ingin balik lagi. Kekuatan ini harus dilakukan dengan memberikan promosi sebanyak-banyaknya,” ungkapnya.

"Kita berharap, aspek budaya lokal yang khas dan unik dari masyarakat Batak khususnya Batak Toba harus tetap dilestarikan. Ditengah globalisasi saat ini, kegiatan adat seperti ini menjadi bentuk atraksi yang dapat dikembangkan sebagai daya tarik wisata. Badan Pelaksana Otorita Danau Toba hadir bukan bekerja sendirian tapi kami turut bekerja bersama pemerintah daerah dan juga pemerintah pusat untuk mensukseskan pariwisata di Kawasan Danau Toba”, tutupnya.

Dikabarkan, acara yang tidak kalah menarik pada Festival ini adalah iring-iringan tokoh Adat menuju pantai Danau Toba dan acara "Manguras Tao” (membersihkan Danau). Kegiatan ini merupakan sebuah praktek ritual budaya untuk pembersihan dan re-purifikasi secara simbolik untuk menghormati lingkungan Danau Toba. Ritual "manguras tao" lazim digelar pada setiap acara yang memanfaatkan Danau Toba sebagai media dan lokasi kegiatan, sekaligus memohon izin kelangsungan acara pesta Festival Pasir Putih kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Acara "manguras tao" menjadi satu kegiatan yang mengundang perhatian turis, namun sering menuai polemik kecil di masyarakat, terutama dari tokoh agama Kristen. Namun menurut budayawan yang menjadi Kurator Horas Samosir Fiesta 2017, Thompson HS, bahwa ritual manguras tao awal­nya adalah ritual tertutup masyarakat di huta/kampung (gabungan huta di bawah bius).

Dikatakannya, ritual dilakukan untuk menolak bala dari para penghuni danau yakni Saneang Nagalaut dan pemilik kekuatan lain yang disebut Partambak Simonang-monang, Partao Nabolak, Partao Sitio-tio. Bala muncul karena kelakuan manusia yang dianggap telah mengotori danau. Dalam pengertian fisik maupun simbolik. Untuk memulihkan harmoni antara manu­sia dengan penjaga danau, harus diadakan ritual persembahan agar pemilik kekuatan di danau tidak marah.

"Ritual itu sudah lama tak lagi dilakukan karena dianggap sebagai bagian dari penyembahan berhala. "Karena itu saat kita rekonstruksi sebagai paket wisata budaya, kita namakan seni Manguras Tao, bukan ritual." tambah Thompson.

Dimaksudkannya, acara manguras tao, bukan lagi ritual religi sebagai­mana dihayati masyarakat Batak sebelum masuknya agama Kristen, maka atraksinya tak dibuat sama seperti ritual aslinya. "Doa persembahan kepada Saneang Nagalaut diganti dengan doa kepada Tuhan untuk keselamatan wisata di Danau Toba, masya­rakat, dan turis." jelasnya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Anthony Bachtiar, Designer Batik Terbaikoleh : Munir Werlin
17-Apr-2018, 06:58 WIB


 
  Anthony Bachtiar, Designer Batik Terbaik Anthony Bachtiar, Designer Batik Terbaik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Pengabdian Tentara di Pojok Desa 10 Apr 2018 14:27 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia