KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
 
KabarIndonesia - Jakarta,  Saat ini Indonesia dalam keadaan darurat ekologis yang mengancam kelangsungan kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Karena itu Walhi bersama rakyat pengelola sumber daya alam, organisasi masyarakat sipil, dan unsur lainnya mendesak pemerintah kini dan ke depan menjalankan dan
selengkapnya....


 


 
BERITA PARIWISATA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Jatuh Cinta Kepada Telaga 26 Nov 2017 11:31 WIB

Dunia Imitasi 23 Nov 2017 15:40 WIB


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Potensi Wisata Agro Jawa Barat

 
PARIWISATA

Potensi Wisata Agro Jawa Barat
Oleh : Dr Rochajat Harun Med. | 19-Des-2008, 09:32:12 WIB

KabarIndonesia - Letak geografis Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan ibukota negara Indonesia, DKI Jakarta, menjadikan Jawa Barat memiliki potensi yang strategis bagi pengembangan pariwisata. Selain merupakan pintu gerbang utama Indonesia, DKI Jakarta juga merupakan sumber pasar wisatawan. Disamping itu, keragaman daya tarik wisata yang dimiliki kabupaten/kota di Jawa Barat memberikan alternatif pilihan berwisata yang lebih bervariasi bagi wisatawan.

Pariwisata merupakan salah satu sektor pembangunan yang dapat memanfaatkan potensi sektor lain, terutama sektor vang "ramah lingkungari", di Jawa Barat. Sektor "ramah lingkungan" penyumbang cukup besar pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Jawa Barat adalah sektor pertanian. Misalnya pada tahun 2004, kontribusi sektor pertanian terhadap PDRB Provinsi Jawa Barat mencapai 36,2 milyar rupiah atau sekitar 12,8%. Dilihat dari penggunaan lahan di Jawa Barat, penggunaan lahan untuk pertanian mencapai lebih dari 60%. Kondisi ini semakin memperkuat posisi sektor pertanian sebagai salah satu sektor yang diunggulkan oleh ]awa Barat.

Potensi pertanian, termasuk didalamnya tanaman pangan, perkebunan, peternakan, dan perikanan, dapat dikembangkan menjadi daya tarik wisata agro di Jawa Barat sangat besar. Saat ini, beberapa potensi pertanian sudah dikembangkan ke arah wisata agro, seperti perkebunan teh Gunung Mas, Kawasan Agropolitan Cianjur, Taman Buah Mekarsari, Taman Bunga Nusantara, Kawasan Gunung Salak Endah, dan beberapa perkebunan teh lainnya di Cianjur, Subang, Bandung Selatan, Kawasan Jaring Terapung Jangari, dan Balai Inseminasi Buatan di Lembang. Berdasarkan potensi yang dimilikinya, wisata agro dapat menjadi tujuan wisata utama di Jawa Barat pada masa yang akan datang.

Kegiatan agro - pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan- merupakan bagian tidak terlepaskan dari sejarah perkembangan budaya di Jawa Barat. Selain dikembangkan dengan cara tradisional, pengembangan budi daya agro di Jawa Barat juga mengadopsi teknologi masa kini untuk menghasilkan produk agro unggulan. Oleh karena itu, wisata agro menjadi suatu wahana untuk memperkenalkan Jawa Barat sebagai provinsi pertanian.

Kawasan wisata yang meliputi wilayah Kabupaten Purwakarta dan Subang, kondisi dan keanekaragaman alamnya yang mendukung, termasuk komoditas pertanian, memberikan potensi besar bagi kawasan ini untuk menjadikan tema wisata agro sebagai unggulannya. Kawasan wisata agro Purwakarta-Subang memiliki daya tarik wisata alam berupa perkebunan teh, perkebunan nanas, sayuran dan buah-buahan, maupun komoditas pertanian lainnva. Kondisi geografis dan geomorfologisnya sebagai kawasan pegunungan memberikan potensi bagi pengembangan komoditas pertanian dataran tinggi untuk juga menjadi daya tarik wisata. Sedikitnya terdapat dua perkebunan teh, diantaranya adalah perkebunan teh Tambaksari.

Kesuburan tanah di kawasan ini tidak dapat dilepaskan dari karakter alam yang berada di daerah gunung berapi. Sebagai bagian dari Gunung (kuno) Sunda, tanah di kawasan ini banyak mengandung unsur vulkanik. Proses alam vulkanik juga telah menjadi daya tarik wisata yang sangat pantas menjadi komponen tema pendukung wisata alam pegunungan (api), seperti air panas Ciater dan Gracia Spa, Air Terjun Cijalu dan Air Panas Ciracas. Sejarah pengembangan kawasan ini, seperti Museum Daerah Subang dan Rumah Sejarah Kalijati, juga menjadi suatu daya tarik pendukung yang relevan dengan tema utama wisata agro.

Pengembangan pasar wisatawan kawasan ini diarahkan pada wisatawan lokal dan regional sekitar kawasan, termasuk wisatawan yang transit atau melalui kawasan ini, khususnya dari DKI Jakarta dan Bandung. Wisnus dan wisman di kawasan wisata unggulan lainnya, terutama yang telah berkembang juga dapat dijadikan sasaran pasar berikutnya melalui pengembangan program pemasaran dan promosi terpadu antar wilayah Provinsi Jawa Barat. Wisatawan rekreasi yang menjadi sasaran utama saat ini dikembangkan untuk juga menjaring wisatawan minat khusus, misalnya untuk kegiatan agro, kesehatan/spa, dan wisatawan yang memiliki ketertarikan dengan sejarah kawasan.

Dalam rangka pengembangan wisata agro tersebut diatas di beberapa daerahpun telah dan sedang terus dikembangkan. Misalnya saja di Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor telah mengembangkan daerah baru di Kawasan Gunung Salak Endah di sebelah barat Bogor sebagai salah satu unggulan daerah sekaligus untuk memeratakan pembangunan ke wilayah-wilayah lainnya. Wisata alam agro yang bernuansa rekreatif, seperti Taman Buah Mekarsari, merupakan jenis wisata yang menjadi unggulan daerah ini. Daya tarik wisata lainnya yang juga menjadi unggulan Kabupaten Bogor adalah Pemandian Air Panas Ciseeng, Penangkaran Rusa, Situs Ciaruteun, Desa Wisata Cimande, Sirkuit Sentul, clan Taman Rekreasi Lido.

Daya tarik alam pegunungan merupakan andalan Kabupaten Cianjur, selain juga potensi perkebunan holtikultura yang dikembangkan sebagai wisata agro. Walaupun jenis wisata yang berkembang di kabupaten ini hampir sama dengan yang berkembang di Kabupaten Bogor, yaitu wisata agro. Tetapi daya tarik wisata agro yang dimiliki Kabupaten Cianjur lebih bernuansa ekowisata. Kawasan Agropolitan Cianjur, Taman Nasional Gunung Gede ­Pangrango, Kebun Raya Cibodas, dan sebagian Kawasan Puncak merupakan daya tarik wisata unggulan di kabupaten ini. Taman Bunga Nusantara yang bernuansa rekreatif juga memiliki keunggulan Kabupaten Cianjur begitu pula dengan Taman Rekreasi Taman Bunga.

Selain wisata agro, Kabupaten Cianjur juga terkenal dengan Kesenian Cianjuran yang menjadi daya tarik seni khas yang potensial untuk dikembangkan. Wisata budaya lainnya yang juga diunggulkan kabupaten ini adalah Istana Kepresidenan Cipanas, situs Gunung Padang, situs Megalith, Makam Dalem Cikundul, dan Kontes Ayam Pelung.

Pariwisata Kota Sukabumi menawarkan daya tarik alam rekreasi, agro, maupun budaya dan sejarah. Daya tarik alam terkait dengan lokasinya di kaki gunung dengan kegiatan pertanian yang banyak terdapat di sekeliling daerah ini. Sementara itu, bangunan peninggalan sejarah yang banyak terdapat di Kota Sukabumi merupakan peninggalan Belanda yang didirikan pada tahun 1815. Rumah tahanan Hatta-Sjahrir merupakan bangunan sejarah

Prioritas pengembangan kawasan pariwisata dalam Kabupatenn Bandung antara lain kawasan budaya Kampung Cikondang, serta kawasan wisata agro Ciwidey yang memanfaatkan potensi pertanian, pemandangan alam, kegiatan penduduk setempat dan budaya pertanian masyarakat.

Sektor pariwisata saat ini merupakan andalan perekonomian Kabupaten Garut, selain pertanian yang berfokus pada agroindustri dan agrobisnis. Objek wisata alam unggulan Kabupaten Garut beragam, terdiri dari alam pegunungan, seperti Kawasan Cipanas, Gunung Guntur, Kawah Papandayan, Kawah Darajat dan Kawah Talaga Bodas; dan alam pantai, seperti Pantai Pameungpeuk, Pantai Santolo, Pantai Gunung Geder, Pantai Cijeruk Indah, Pantai Manalusu, Pantai Cijayana dan Pantai Rancabuaya. Wisata agro dan arung jeram Cikidang merupakan daya tarik wisata minat khusus.

Kondisi alam Kabupaten Majalengka yang didominasi pegunungan dan perbukitan, serta kondisi tanah yang subur merupakan potensi bagi pengembangan pariwisata, terutama yang terkait dengan alam dan kegiatan pertanian. Pemerintah Kabupaten Majalengka saat ini sedang mengembangkan wisata agro sebagai daya tarik wisata utama. Daya tarik wisata alam yang menjadi unggulan daerah adalah wisata agro Lemah Sugih; Curug Muara Jaya yang terletak di Desa Argamukti; Hutan Prabu Siliwangi yang selain menawarkan pemandangan alam, yang sekaligus memiliki daya tarik sejarah; Situ Sangiang yang selain memiliki danau alami juga terdapat makam keramat yang banyak dikunjungi orang untuk berziarah.

Kota Tasikmalaya, yang berpredikat kota dagang ini terkenal dengan industri kerajinan rakyat berupa bordir, tikar, anyaman, payung dan kelom geulis. Sektor pariwisata saat ini belum menjadi unggulan, namun perkembangannya terus berjalan seiring dengan industri kerajinan yang teiah maju. Objek dan dava tarik wisata unggulan Kota Tasikmalaya antara lain sentra industri bordir, wisata agro di Kawasan Urug, wisata alam di Situ Gede dan Situ Lingga Yoni.

Kabupaten Ciamis yang terkenal dengan Pantai Pangandarannya terletak di ujung timur Jawa Barat. Sektor pariwisata merupakan andalan kabupaten ini yang menawarkan pemandangan alam dan kegiatan rekreasi, seperti pantai Pangandaran, pantai Krapyak, pantai Lembah Putri, pantai Batu Hiu dan Green Canyon (Cukang Taneuh). Kegiatan pariwisata di Kabupaten Ciamis mampu menggerakan lapangan usaha lainnya seperti pertanian, perikanan, industri dan perdagangan. Walaupun didominasi oleh pantai, Kabupaten Cimais memiliki potensi budaya yang menjadi unggulan daerah, seperti Kampung Kuta, Situ Lengkong, Karang Kamulyan, Situs Gunung Susuru, Astana Gede Kawali, dan Ronggeng Gunung. Wisata agro Lembah Putri, juga menjadi unggulan kabupaten ini.

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com



_____________________________

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017oleh : Rohmah Sugiarti
16-Des-2017, 22:18 WIB


 
  Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama main dealer di 36 kota Indonesia gelar kembali Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki (KAWIR). KAWIR pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya diadakan pada tahun 2014 dan 2015 lalu. Kali ini
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Mengenang Hari Juang Kartika 13 Des 2017 11:39 WIB

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia