KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
HukumRUU Omnibus Law Inskonstitusional Buruh Minta Stop Pembahasan Sidang Paripurna DPR RI oleh :
05-Okt-2020, 04:26 WIB


 
 
KabarIndonesia - Berbagai serikat pekerja yang merupakan afiliasi global unions federations menyatakan kekecewaannya terhadap hasil pembahasan Omnibus Law RUU Cipta Kerja tingkat pertama pada Sabtu malam (3/10). Mayoritas fraksi di DPR RI dan pemerintah sepakat untuk melanjutkan pembahasan ke tingkat
selengkapnya....


 


 
BERITA PARIWISATA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
PARIWISATA

Peluncuran Horas Samosir Fiesta (HSF) ke 12 Tahun 2020 Di Jakarta Untuk Peningkatan Kunjungan Wisata Danau Toba
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 02-Mar-2020, 12:42:41 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, Pasca penyebaran virus corona (COVID-19) terutama di China ditengarai telah mengganggu sektor pariwisata Indonesia. Karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan agar kegiatan Meeting, Incentives, Convention, dan Exhibition (MICE) didorong di daerah pariwisata, sebagai salah satu upaya untuk menyelamatkan pariwisata Indonesia yang terancam lesu akibat wabah corona.

“Saya juga minta agar memaksimalkan kegiatan konferensi dalam negeri, MICE,” ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, Selasa (25/2).

Kegiatan MICE harus didorong di daerah pariwisata yang terjadi penurunan pariwisata. Beberapa di antaranya Bali, Sulawesi Utara dan Kepulauan Riau.
Jokowi menegaskan kembali untuk mengambil ceruk pasar pariwisata. Hal itu mengingat sejumlah negara terkena dampak besar oleh virus corona seperti China, Korea Selatan, dan Jepang.

“Menyasar ceruk pasar wisatawan mancanegara yang sedang mencari alternatif destinasi wisata karena batal mengunjungi China, Korsel dan Jepang,” terang Jokowi.

Sebelumnya para menteri juga telah menyiapkan sejumlah insentif untuk mendorong daerah pariwisata. Insentif diberikan untuk mampu menekan harga tiket pesawat hingga perhotelan. Insentif tersebut didorong hanya untuk daerah yang menjadi prioritas pariwisata. Asal tahu saja sebelumnya terdapat 10 daerah yang menjadi prioritas pemerintah untik dikembangkan sebagai daerah pariwisata.

Sementara itu, Kabupaten Samosir di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, menjadi salah satu daerah otonom yang sejak awal pembentukannya menetapkan bidang pariwisata dan pertanian sebagai visi misi pembangunannya.

Dalam kaitan itu sejak tahun 2009, pemerintah kabupaten Samosir telah mencanangkan sebuah even wisata bertajuk Horas Samosir Fiesta (HSF), yakni sebuah program pengembangan pemasaran pariwisata dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke kabupaten Samosir. Setiap tahunnya HSF digelar dengan isi berbagai even, yakni Event Budaya, Event Sport Tourism dan Event Seni Musik. Event HSF dirancang mulai dari skala lokal, nasional hingga berskala Internasional.

Peluncuran Horas Samosir Fiesta (HSF) ke 12 Tahun 2020 Di Jakarta

Dikabarkan bahwa sepanjang tahun 2020 ini Kabupaten Samosir akan menggelar sebanyak 11 event Horas Samosir Fiesta. Rangkaian even tersebut yakni Festival Gondang Naposo (17-18 April 2020), Samosir Band Festival (29-30 Mei 2020), Sigale-Gale Carnival (6 Juni 2020), Samosir Harvest (27 Juni 2020), Horja Bius (31 Juli -1 Agustus 2020), Samosir Music International (7-8 Agustus 2020), Samosir Like Toba Ultra Marathon (26-27 September 2020), Festival Ulos (15-17 Oktober 2020), Festival Solu Bolon (12-14 November 2020), Christmas Season (19-20 Desember 2020), dan Festival Sipinggan (27 Desember 2020).

Informasi kegiatan ini diperoleh saat Pemerintah kabupaten Samosir menggelar peluncuran Horas Samosir Fiesta (HSF) 2020 di Balairung Soesilo Soediarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Jumat (21/2/2020).

Rapidin Simbolon didampingi Direktur Wisata Alam, Budaya, dan Buatan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Alexander Reyaan menjelaskan, HSF yang di dalamnya terdapat Samosir Music International (SMI) menjadi event andalan yang dimiliki kabupaten Samosir dalam mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Danau Toba.

“Event SMI akan kami gelar di Open stage Tutuk Siadong, Kecamatan Simanindo selama 2 hari pada 7-8 Agustus 2020. Hari pertama kita tampilkan 1.000 penari tor-tor dan musik kolaborasi. Hari kedua kita gelar festival musik dengan menampilkan artis musik dari dalam negeri dan mancanegara,” kata Rapidin Simbolon disela-sela berlangsungnya acara.

Dikatakan Rapidin, rangkaian acara berupa festival budaya, musik, serta olahraga wisata (sport tourism) antara lain Samosir Like Toba Ultra Marathon. Ajang itu diharapkan akan mendongkrak kunjungan wisatawan ke Samosir yang pada 2019 sebanyak 418.000 wisatawan atau naik 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya, sedangkan tahun ini diproyeksikan sebanyak 500.000 wisatawan.

“Kunjungan wisatawan ke Samosir 35 persen-nya adalah wisman sebagian dari Eropa di antaranya dari Belanda dan Austria,” kata Rapidin Simbolon.

Direktur Wisata Alam, Budaya, dan Buatan, Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Alexander Reyaan menjelaskan, Kabupaten Samosir menjadi fokus perhatian pemerintah karena berada di kawasan Destinasi Super Prioritas (DSP) Danau Toba.

“Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan 5 DSP yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuhan Bajo, dan Likupang yang tahun ini siap dipromosikan,” kata Alexander Reyaan.

Pembangunan infrastruktur berupa jalan, pelabuhan, dan Bandara Silangit, serta fasilitas akomodasi berupa hotel dan homestay tumbuh di Samosir. “Fokus kita mulai tahun ini adalah promosi. Peluncuran event Horas Samosir Fiesta (HSF) 2020 hari ini sebagai upaya mempromosikan Danau Toba agar mendunia,” kata Alexander Reyaan.

Sementara itu seorang warga Samosir yang menjadi pemerhati perkembangan wisata di kawasan Danau Toba, menyampaikan rasa syukur dan bangga atas pelaksanaan event HSF ini secara berkelanjutan dan menjadi kalender even wisata.

"Kita sangat bersyukur dan apresiasi pada pemkab, ternyata even HSF berlanjut setiap tahun seiring dengan kemampuan dana Daerah. Kita berharap, kiranya even seni budaya tradisional Batak yang menjadi basis sejak pertama HSF diinisiasi tahun 2008, jangan ditinggalkan atau dilupakan, sebab inilah salah satu ajang menggali dan melestarikan budaya Batak," pungkasnya. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembalioleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
10-Jun-2020, 09:39 WIB


 
  Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembali Obyek wisata rohani Salib Kasih di pegunungan Siatas Barita, Tapanuli Utara dibuka kembali sejak Jumat (5/6), setelah dua bulan lebih ditutup akibat wabah Covid-19. Lokasi wisata ini salah satu destinasi unggulan yang dibangun bupati Lundu Panjaitan tahun 1993. Puluhan ribu
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
MENJAGA INTEGRITAS INTELEKTUAL. 19 Okt 2020 01:59 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia