KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Top Reporter oleh : Admin
17-Aug-2019, 16:50 WIB


 
 
" width="" height="" border="0" align="left" />
selengkapnya....


 


 
BERITA PARIWISATA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
AMOR 16 Aug 2019 10:58 WIB



 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Nuansa Islami pada Festival Ramadhan 2019 di Banda Aceh

 
PARIWISATA

Nuansa Islami pada Festival Ramadhan 2019 di Banda Aceh
Oleh : Bang Rachmad | 18-Mei-2019, 04:35:58 WIB

KabarIndonesia - Banda Aceh, Selamat datang bulan suci Ramadhan 1440 H, yang jatuh pada hari Senin, 6 Mei 2019. Segenap elemen masyarakat menyambut bulan Ramadhan 1440 H dengan suka cita. Disbudpar (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata)  Aceh untuk pertama kalinya menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1440 H dengan sajian khusus yaitu Festival Ramadhan 2019.

Nuansa Islami dapat disaksikan di area Taman Budaya Banda Aceh sejak tanggal 7-21 Mei 2019. Festival Ramadhan 2019, tidak hanya untuk memperkenalkan Aceh sebagai destinasi wisata halal dengan sebutan "Serambi Mekkah" yang sarat dengan budaya Islami. Tapi juga mengajak wisatawan muslim nusantara dan mancanegara untuk melaksanakan ibadah puasa di Aceh dengan penuh khidmat dan berkah.Wisatawan dapat menikmati pesona dan keunikan wisata Ramadhan saat berada di Aceh dan memperkuat posisi Aceh sebagai destinasi wisata halal unggulan di Indonesia dan internasional.

Harapan utama dari Jamaluddin, kepala Disbudpar Aceh bahwa kegiatan ini merupakan bagian promosi wisata halal khususnya dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Aceh dan terkenal dengan tagline "Wonderful Ramadhan in Aceh."

Festival yang diselenggarakan oleh dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh dan dibuka oleh Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT pada hari Selasa sore, 7 Mei 2019.
Tarian sufi menjadi pesona pembukaan Festival Ramadhan 2019, termasuk juga shalawat nabi Muhammad dan tabuhan beduk oleh Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT  dan tamu VIP lainnya.

Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani M Bus, memaparkan bahwa ada beberapa kegiatan yaitu Opening Ceremony, Bazar & kuliner, jajanan berbuka puasa, Pentas dan Lomba Seni Budya Islami, Pemutaran Film Islami, Tausyiah, Pameran Budaya Islami, Buka Puasa dan Santunan Anak Yatim, Takjil Gratis, Shalat Tarawih.

Di Aceh Ramadhan berkaitan dengan sejumlah kebiasaan, tradisi dan suasana yang berbeda. Ramadhan itu bukan hanya soal ritual keagamaan umat Islam.
Sehingga kondisi itu dilihat oleh Pemerintah Aceh sebagai sebuah potensi untuk menjadikan Ramadhan di Aceh sebagai atraksi wisata.Beragam kuliner tersaji di area Taman Budaya Aceh, terlihat ada 24 stan menjajakan kuliner serta 16 stan khusus bazar.
Sajian berbuka puasa dapat Anda pilih sendiri sesuai selera, ada sajian coklat, kebab Turki, kue bolu Aceh, kerang bakar, kelapa muda dan banyak lagi sajian berbuka lainnya.
Untuk keamanan makanan yang dikonsumsi masyarakat, MUI Aceh membuka stan informasi halal. Bagi pengusaha makanan dan minuman yang ada di Aceh bisa mendaftarkan produknya agar bisa dikeluarkan sertifikat Halal.

Pengunjung bisa datang ke Taman Budaya Aceh 16:30-20:00 WIB, istirahat dan dilanjutkan pada jam 21:30 WIB, sampai acara selesai.Pihak Disbudpar Aceh juga menyediakan musala yang bisa dipakai untuk shalat tarawih secara berjamaah.
Pasca acara pembukaan Festival Ramadhan 2019, Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT bersama rombongan melihat aneka stan yang ada di area Taman Budaya Aceh.
Diruang utama Taman Budaya Aceh, Anda juga dapat menyaksikan beragam pameran budaya Islami.

Pembukaan Festival Ramadhan 2019 dilanjutkan dengan buka puasa bersama dengan aneka sajian seperti bubur kanji rumbi, aneka kue, masakan khas Aceh seperti kuah belanga, ayam tangkap, kari aceh, kari udang, daging balado dan aneka buah-buahan.
Disela-sela acara Festival Ramadhan 2019 juga diadakan tausyiah Ramadhan bersama ustad Solmed pada hari Kamis, 16 Mei 2019. Pengunjung dapat hadir di area teater terbuka Taman Budaya Aceh.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 
KETAKUTAN ADALAH DASAR AGAMA? 17 Aug 2019 14:18 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Apakah (Cukup) Anda Senang? 16 Aug 2019 11:04 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia