KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
ProfilSang Perancang Mode Batik oleh : Redaksi HOKI
14-Apr-2018, 18:54 WIB


 
 
KabarIndonesia - Anthony Bachtiar memang dikenal dengan rancangannya yang mengeksplorasi kain-kain tradisional Indonesia seperti batik dan tenun ikat. Bahkan ia sering sekali merancang batik sebagai gaun pesta. Ini adalah kreativitas di luar pakem, karena batik sebelumnya hanya dimanfatkan sebatas kain untuk
selengkapnya....


 


 
BERITA PARIWISATA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pemimpin 01 Mar 2018 12:42 WIB

Penghianat 22 Feb 2018 12:07 WIB


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Menjelajah Kekayaan Wisata Banyumas (5): Menyisir Sejarah, Mengisi Ketenangan Hati

 
PARIWISATA

Menjelajah Kekayaan Wisata Banyumas (5): Menyisir Sejarah, Mengisi Ketenangan Hati
Oleh : Rohmah S | 31-Mar-2017, 22:25:32 WIB

KabarIndonesia – Kata orang bijak, sejarah adalah ilmu yang penting, tanpa sejarah kita akan menjalani kehidupan dengan buta. Berbekal sejarah kita bisa berguru pada tokoh hebat yang hidup dimasa lampau.

Selain sejarah kita juga membutuhkan religi. Dengan religi kita akan mampu mengisi kekosongan nurani untuk mendapatkan ketenangan hati.   Salah satu cara untuk memperkaya pengetahuan dalam belajar sejarah maupun memperkuat kemantapan religi adalah melalui wisata sejarah dan religi. Ternyata Banyumas juga banyak memiliki lokasi wisata sejarah dan religi.  

Untuk situs sejarah ada Museum BRI. Museum yang terletak di jalan R.A. Wiriaatmadja ini merupakan satu-satunya museum perbankan di Indonesia. Didirikan oleh Raden Aria Wiriaatmadja pada tahun 1895 lampau.  

Untuk mengobarkan semangat nasionalisme dan belajar tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia, Banyumas juga memiliki Museum Jenderal Soedirman. Museum ini secara lengkap berisi foto-foto dan relief yang menggambarkan sejarah perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman dan bangsa Indonesia pada perang kemerdekaan 1945.  

Sedangkan untuk wisata  religi, Banyumas memiliki  Masjid Saka Tunggal  dan Taman Kera Wangon. Mesjid bersejarah yang dibangun pada tahun 1871 M/ 1288 H ini terletak di Kecamatan Wangon atau 30 km arah barat daya Kota Purwokerto. Selain unik karena hanya memiliki satu pilar utama saja, di lokasi masjid tersebut juga dihuni oleh kera-kera yang jinak dan bisa diajak bercengkerama.  

Bagi pemeluk agama Katolik, jugab terdapat Goa Maria di Desa Kaliori Kecamatan Kalibagor atau 13 km arah tenggara Kota Purwokerto. Prakarsa dan pembangunan tempat ziarah ini bermula dari beberapa aktivitas Umat Katolik Banyumas.  

Tentu saja cerita tentang kekayaan wisata Banyumas tidak habis pada jelajah wisata sejarah dan religi ini. Masih ada wisata belanja batik dan suvenir khas lainnya, atau pun wisata hiburan atau taman rekreasi seperti Andhang Pangrenan, Balai Kemambangm Dreamland Ajibarang dan lain sebagainya.    

Dan yang lebih menggembirakan di Banyumas telah tersedia sarana akomodasi hotel berbintang dan trasnportasi pendukung yang memadai. Tunggu apa lagi. Hentikan hanya sekedar membaca dan mari kita mulai petualangan yang sejati. (*)  

Sumber Foto: Masjid Saka Tunggal Cilongok | http://dinporabudpar.banyumaskab.go.id    

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Anthony Bachtiar, Designer Batik Terbaikoleh : Munir Werlin
17-Apr-2018, 06:58 WIB


 
  Anthony Bachtiar, Designer Batik Terbaik Anthony Bachtiar, Designer Batik Terbaik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Pengabdian Tentara di Pojok Desa 10 Apr 2018 14:27 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia