KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalRudiantara: 4,6 Juta UMKM Sudah Online oleh : Sesmon Toberius Butarbutar
15-Nov-2017, 21:01 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan berdasarkan data terdapat 4,6 juta UMKM dari target delapan juta UKM hingga 2019 telah masuk akses online.

"Kami punya target mengonlinekan delapan juta UMKM hingga tahun 2019, namun sekarang baru
selengkapnya....


 


 
BERITA PARIWISATA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Hujan Tak Pernah Sendiri 13 Nov 2017 20:13 WIB

Ada Saat 08 Nov 2017 13:32 WIB


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Menjelajah Kekayaan Wisata Banyumas (3): Kelezatan Kuliner yang Tak Sekedar “Maknyusss” Tetapi Lebih “Nyampleng”

 
PARIWISATA

Menjelajah Kekayaan Wisata Banyumas (3): Kelezatan Kuliner yang Tak Sekedar “Maknyusss” Tetapi Lebih “Nyampleng”
Oleh : Rohmah Sugiarti | 31-Mar-2017, 06:44:44 WIB

KabarIndonesia - Berwisata belum terasa sempurna dan lengkap jika kita tidak sempat mencicipi berbagai macam kuliner khas yang ada di lokasi yang kita kunjungi. Kuliner lokal yang khas, unik, eksotis dan lezat akan melengkapi kebahagiaan yang kita dapatkan dan memperkaya memori dari kenangan perjalanan yang kita lakukan.

Terkait dengan kuliner khas yang unik, menarik sekaligus kaya citarasa dan lezat di lidah, Banyumas memiliki beraneka kuliner lokal yang menggoda. Baik untuk mengobati lapar dan dahaga kita saat berwisata maupun untuk oleh-oleh istimewa bagi keluarga dan teman-teman di rumah nanti. Sebut saja diantaranya seperti Soto Sokaraja, Sate Bebek Sumpiuh, Tempe Mendoan, Gethuk Goremg Sokaraja, Keripik Tempe, Jenang Jaket, Nopia dan lain-lainnya. Soto Sokaraja adalah salah satu jenis soto yang memperkaya keanekaragaman soto Indonesia dengan bumbunya yang sangat khas. Dengan ramuan bumbunya yang khas, sambal kacang yang unik maka konon kelezatannya hanya bisa ditemui dan dirasakan kenikmatannya di daerah Sokaraja Banyumas saja. Walaupun sekarang di beberapa daerah juga ada soto sokaraja, namun tetap saja tak bisa menandingi kelezatan soto asli sokaraja Banyumas ini apalagi jika disantap di tempatnya yang asli.

Kalau untuk makanan besar ada Soto Sokaraja, maka sebagai cemilan maupun lauk Mendoan merupakan salah satu primadona makanan di Banyumas. Dimasak dari tempe yang lain dari tempe pada umumnya. Itu dikarenakan bentuknya yang lebar dan lebih tipis dan saat proses memasaknya tidak dimatangkan sampai kering. Namun justru yang membuat lezat. Apalagi ditambah sambalnya yang rasanya merupakan gabungan antara manis, asin dan pedas yang tercipta saat dicocol dengan mendoan.  Selain dengan sambal, Mendoan juga bisa disantap dengan cabe rawit, tapi tetap tidak mengurangi kelezatannya malah memiliki cita rasa berbeda ketika menyantap dengan cabe rawit.

Nah kalau Soto Sokaraja dan Mendoan enak disantap di tempat, maka untuk oleh-oleh masih ada Nopia, Gethuk Goreng Sokaraja, Keripik Tempe, Jenang Jaket, Klanting/Lanting dan lain-lainnya.

Nopia adalah makanan kecil yang memiliki bentuk unik dan cara pembuatan yang unik pula. Kekhasan cara pembuatan Nopia ini karena proses pematangan nopia bukan dengan digoreng atau dikukus, tapi di panggang di tungku khusus dengan cara ditempel di dinding tungku yang dipanasi dengan bara api. Bahan utamanya adalah tepung terigu yang diisi dengan gula jawa/ kacang/ coklat. Tinggal pilih sesuai dengan selera.

Gethuk Goreng Sokaraja juga merupakan makanan yang berbeda dengan gethuk-gethuk pada umumnya. Pasalnya gethuk goreng ini membutuhkan dua kali. Pertama mengukus bahan-bahan utama berupa singkong pilihan. Lalu dilumatkan bersama dengan gula jawa, tepung terigu dan tepung beras . Kemudian dibentuk menjadi kotak-kotak kecil dan digoreng hingga aromanya harum dan berubah warna. Gethuk goreng ini memiliki cita rasa yang khas pada paduan manis gula jawa dan singkongnya.

Kuliner khas Banyumas juga tak kalah dengan Jakarta. Jika di Jakarta ada roti buaya untuk acara kawinan, di Banyumas  ada Jenang Jaket sebagai salah satu kuliner wajib ada di acara nikahan. Daerah Mersi adalah satu lokasi yang terkenal dengan jenang jaketnya. Di sana pengunjung bisa menemukan jenang yang baru matang sekaligus melihat bagaimana cara membuatnya. Selain bisa mencicipi enaknya paduan rasa antara kekenyalan dan manis gula jawa asli, kita juga bisa menyelami proses produksinya yang masih tradisional.

Tentu saja kalau dijelajahi masih banyak kuliner-kuliner khas Banyumas yang tidak hanya “Maknyuss” seperti kata Bondan Winarno tetapi boleh dikatakan “Nyampleng” alias top markotop sesuai bahasa Banyumas atau bahasa jawa. Silahkan jelajahi, cicipi dan buktikan sendiri kelezatannya. (*)

 

Sumber Foto: http://resepjuna.blogspot.com  

       

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Mendes PDTT Ajak Astra Lanjutkan Membangun Indonesia dari Wilayah Terluar Mendes PDTT Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo melakukan pemeriksaan darah di booth pengobatan gratis yang disediakan dalam acara Festival Kesehatan Inspirasi 60 Tahun Astra di Hotel Rinra Makassar hari ini (18/11). Acara Festival Kesehatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Menjadi Guru Yang Baik 15 Nov 2017 07:00 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Beriman dan Bijaksana 12 Nov 2017 06:45 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia