KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahBupati Sergai Menerima Penghargaan dari USAID PRIORITAS oleh : Agus Suriadi
30-Mei-2017, 06:35 WIB


 
 
KabarIndonesia - Serdang Bedagai, Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman menerima piagam penghargaan dari USAID PRIORITAS yang diserahkan oleh Koordinator USAID PRIORITAS Provinsi Sumatera Utara Agus Marwan bertempat di rumah dinas Bupati,  Jalan Negara No.300 di Sei Rampah, Sabtu (27/5)
selengkapnya....


 


 
BERITA PARIWISATA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Nantikanlah Kedatanganku 25 Apr 2017 23:06 WIB


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Menjelajah Kekayaan Wisata Banyumas (2):  Menyelami Kesegaran Tanpa Ujung “Negeri 1001 Curug

 
PARIWISATA

Menjelajah Kekayaan Wisata Banyumas (2): Menyelami Kesegaran Tanpa Ujung “Negeri 1001 Curug"
Oleh : Rohmah Sugiarti | 28-Mar-2017, 11:59:14 WIB

KabarIndonesia - Berada di wilayah geografis antara dataran dan pegunungan, membuat Banyumas memiliki anugerah kekayaan alam yang luar biasa indah dan mempesona. Salah satunya adalah banyaknya curug (air terjun) yang dimilikinya. Diperkirakan ada ratusan curug yang ada di Banyumas sehingga Banyumas dijuluki “Negeri 1001 Curug”.

Beberapa curug yang terkenal diantara ada Curug Gumawang, Curug Cipendok, Curug Ceheng, Curug Nangga, Curug Bayan, Ciangin, Belot, Pete, Naga, Curug Penganten, Curug Gede, Celiling, Curug Telu, Cidadap, Gomblang, Lawang, Sendang Bidadari, Klapa, Carang, Jumeneng, Curug Abang dan masih banyak lainnya.

Curug Gumawang karena terletak di dalam kawasan wisata Baturaden maka curug ini sering juga disebut sebagai Curug Baturraden.  Memiliki ketinggian sekitar 25-an meter air Curug Gumawang selalu mengalir jernih.  Uniknya di sana selalu ada anak-anak yang menawarkan atraksi terjun bebas dari puncak curug.  Mereka akan berlomba terjun dan menyelam ke dalam curug jika ada pengunjung yang melempar uang koin ke lubuk di bawah curug.

Air terjun yang cukup terkenal lainnya adalah Curug Cipendok yang secara geografis berada di sebelah barat-laut kota Purwokerto atau tepatnya di desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Air terjun dengan ketinggian 92 meter tersebut sekarang dikelola oleh Perum Perhutani KBM WJL Wilayah I. Dikelilingi oleh hutan tropis yang indah dan terkadang berkabut, Curug ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis dan menyegarkan.

Curug lainnya yang nyaman untuk menghilangkan kepenatan dan bersantai adalah Curug Ceheng. Meskipun terletak di tengah hutan atau perkebunan namun untungnya curug ini tidak jauh dari jalan umum yang sudah teraspal mulus di desa Gandatapa kecamatan Sumbang.

Karena berada di ketinggian 600 meter diatas permukaan laut (DPL) maka suasana sekitarnya terasa sangat sejuk, nyaman dan asri alami. Keindahan Curug Ceheng ini terutama karena memiliki ceruk dengan bentuk seperti setengah lingkaran dengan berlatar belakang Gunung Slamet yang sangat mempesona bagaikan sebuah lukisan alam.

Tentunya bagaikan mengupas cerita yang tak ada habisnya jika kita terus berusaha mengupas semua curug yang ada di Banyumas. Namun sebelum kita akhiri tentunya kita bisa menyempatkan sedikit energi untuk melihat Curug Telu yang terletak di Karangsalam Baturraden.

Curug Telu artinya Air Terjun Tiga, dan sesuai dengan nama yang disandangnya, memang di lokasi tersebut secara kasat mata terlihat ada 3 air terjun yang indah. Hebatnya ketika kita berniat mengunjuni curug ini, kita sudah disuguhkan dengan hadiah berupa 2 curug sebagai bonus. Bonus tersebut adalah curug lawang atau sendang bidadari dan curug pete. Curug lawang atau sendang bidadari ini menarik , karena konturnya yang diapit dinding tebing dan ada tebing berlubang yang tembus ke curug utamanya menjadikan curug ini seperti  berada didalam goa. Sedangkan curug pete merupakan tempat favorit tuk bermain locat-loncatan dan terjun kedalamnya.

Menjelajahi curug-curug yang dimiliki “Negeri 1001 Curug” ini, niscaya kita selalu dimanja dengan kesegaran petualangan yang selalu bersambung seperti halnya dongeng yang disajikan pada legenada Negeri 1001 Malam. (*)


Sumber Foto: Curug Sendang Bidadari http://www.purwokertoguidance.com



 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babeloleh : Rohmah Sugiarti
17-Mei-2017, 12:26 WIB


 
  Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babel Gubernur Babel Erzaldi Rosman (berdiri) menyemangati peserta Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2017 didampingi Dosen Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana UI Emil Salim (kedua kiri) dan Wamen Diknas RI 2010-2012 Fasli Jalal (ketiga kanan), Penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2013 Hardinisa
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia