KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKota Pintar akan Ciptakan Peluang Besar, Bagaimana dengan Indonesia? oleh : Rohmah Sugiarti
20-Mei-2017, 05:04 WIB


 
 
KabarIndonesia - Sejumlah negara di dunia, menerapkan kemajuan teknologi informasi pada proses adaptasi untuk melahirkan model pendekatan pembangunan yang relatif baru yang disebut Kota Pintar (Smart City).

Kota Pintar didesain mampu meningkatkan produktivitas manusia yang tinggal di dalamnya,
selengkapnya....


 


 
BERITA PARIWISATA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Nantikanlah Kedatanganku 25 Apr 2017 23:06 WIB


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Manual Brew Community Gelar Bandung Brewers Cup 2016

 
PARIWISATA

Manual Brew Community Gelar Bandung Brewers Cup 2016
Oleh : Stanley Teguh | 11-Des-2016, 18:20:46 WIB

KabarIndonesia - Bandung, Noah's Barn Jl Dayang Sumbi kota Bandung akan menjadi ajang arena penyelenggaraan kompetisi Bandung Brewers Cup (BBrC) tahun 2016 yang digagas oleh Manual Brew Community selama dua hari dari tanggal 8-9 Desember 2016. 
BBrC adalah sebuah kompetisi seduh kopi menggunakan alat manual (manual brew) yang pesertanya hadir dari kalangan umum, baik barista yang merupakan delegasi dari coffee shop atau kedai kopi maupun home barista.
 
"Dipilihnya kota Bandung sebagai tuan rumah BBrC 2016 karena kota Bandung merupakan salah satu daerah yang tingkat pertumbuhan produksi dan konsumsi kopinya dinilai signifikan", ungkap Humas BBrC 2016, Sylvie.
 
Dalam keterangannya kepada awak media pada hari, Senin (5/11), di Noah's Barn, Sylvie mengatakan bahwa dalam dua hari gelaran BBrC ini akan diisi selain kompetisi juga akan ada bincang-bincang kopi bersama farmer dan roaster pada hari pertama. Hari kedua ada sesi sharing bersama Ahmad Hidayat (penggiat kopi dari Singapura) dan Ryan Wibawa (pemenang brews cup Indonesia).

Acara hiburan juga akan ikut meramaikan ajang kompetisi ini dengan menampilkan musisi Sarah & Soul, Cozy Street Corner, Star Syndrome, Fire Dance, dan menghadirkan Eddi Brokoli sebagai host.  
Pada kesempatan itu Eri Wibowo sebagai ketua MBC ikut menjelaskan "penyelenggaraan kompetisi BBrC bertujuan untuk mengukur kemampuan para peserta dalam mengikuti lomba, meningkatkan teknik seduh serta sebagai ajang silaturahmi bagi barista, dan peserta paling jauh pada BBrC kali ini datang dari Yogyakarta", ujarnya 

Menurut Ketua Dewan Juri pada ajang kompetisi BBrC 2016 ini, Adi Taroepratjeka, kopi yang dipilih oleh panitia pada gelaran BBrC 2016 adalah kopi yang berasal dari Lembang, jenis red caturra yang memiliki karakteristik khusus, "Sehubungan dengan waktu persiapan yang hanya sekitar tujuh minggu, kami putuskan untuk menggunakan jenis kopi dari Lembang", ujar Adi.
 
Jumlah peserta pada kompetisi ini sebanyak 64 orang yang akan di bagi menjadi 16 rounde, "Sebetulnya masih ada 150 calon peserta lagi yang masuk dalam daftar waiting list, saat pembukaan pendaftaran pada tanggal 10 November kuota jumlah peserta terpenuhi hanya dalam waktu 34 menit", lanjut Adi.
 
Kompetisi ini hakekatnya adalah dari barista untuk barista, mengenai penilaiannya merupakan hasil kalibrasi dari para juri dengan menggunakan scoring sheet, "Barista dituntut tidak hanya mampu menyajikan kopi yang enak, namun harus juga bisa bercerita tentang kopi yang dibuatnya",  tutur Adi membuka sisi penilaian kompetisi BBrC ini.
  
Panitia BBrC 2016 menyediakan hadiah uang dan trophy untuk para pemenang, juara I mendapatkan uang sebesar Rp. 3.000.000, juara II Rp. 2.000.000, dan Juara III Rp. 1.000.000, Selain itu pemenang akan diberi bingkisan dari sponsor, yang pertama mendapat trip dan menginap 3 hari 2 malam ke Bali serta bingkisan produk-produk sponsor barista yang nilainya Rp 9 juta untuk juara pertama, Rp 5 juta untuk juara kedua dan Rp 4 juta untuk juara ketiga. 

"Harapan kami di gelaran tahun selanjutnya ada piala bergilir dari walikota, karena gelaran ini akan rutin dilaksanakan", pungkas Sylvie kepada Kabar Indonesia.

Gelaran BBrC ini juga mendapat tanggapan positif dari masyarakat, diantaranya datang dari pebisnis sekaligus penikmat kopi asal Arcamanik, Bagus Susatyo (43),"Ini langkah maju untuk melengkapi wisata kuliner kota Bandung, tentunya kopi Jawa Barat bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat melalui kompetisi barista ini", ucap Bagus saat bertemu pewarta Kabar Indonesia di workshop-nya di Jl.Gatot Subroto kota Bandung.*)

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babeloleh : Rohmah Sugiarti
17-Mei-2017, 12:26 WIB


 
  Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babel Gubernur Babel Erzaldi Rosman (berdiri) menyemangati peserta Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2017 didampingi Dosen Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana UI Emil Salim (kedua kiri) dan Wamen Diknas RI 2010-2012 Fasli Jalal (ketiga kanan), Penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2013 Hardinisa
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia