KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiIkuti Program-Program Istimewa Selama Masa Pendaftaran PMOH oleh : Redaksi-kabarindonesia
21-Jan-2018, 03:19 WIB


 
 
KabarIndonesia - Selamat Tahun Baru! "Tahun Baru, Aktifitas Baru" adalah suatu pernyataan yang umum dan sering kita dengar. Di tahun baru 2018 ini, adakah aktifitas baru yang akan Anda lakukan? Bila Anda menyukai dunia tulis-menulis atau ingin belajar menulis, bergabunglah bersama
selengkapnya....


 


 
BERITA PARIWISATA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sekeping hati 06 Jan 2018 16:05 WIB


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Festival Pasir Putih pada Horas Samosir Fiesta, Harus Dikemas Lebih Baik Lagi

 
PARIWISATA

Festival Pasir Putih pada Horas Samosir Fiesta, Harus Dikemas Lebih Baik Lagi
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 26-Mar-2017, 21:28:16 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Festival Pasir Putih yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir di objek wisata Pasir Putih Situngkir, Sabtu (25/3) lalu, sepi dari kunjungan turis mancanegara.

Informasi yang dihimpun, acara yang dihelat di bibir pantai Pasir Putih hanya diramaikan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), beberapa pejabat SKPD, masyarakat sekitar, para pelajar dan beberapa masyarakat dari luar Pulau Samosir (Simalungun, Siantar, Tobasa).

Kegiatan Festival yang diawali dengan ritual seperti manortor (menari) hingga memberikan “persembahan” ke danau, kemudian menggelar beberapa kegiatan seni budaya seperti, melukis di atas pasir, mematung pasir, lomba solu (sampan), lomba kegiatan air seperti mangungkor (menyelam), marhonong (diam dalam air), lomba mewarnai.

Kawasan pasir putih ini dijadikan lokasi karena setelah musim kemarau tahun lalu, permukaan Danau Toba menjadi turun dan pantai berpasir itupun kering hingga lebih dari 100 meter dari bibir pantai semula.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon dalam sambutannya menyinggung soal beredarnya berita mengenai lintah di Danau Toba yang seolah-olah memperburuk image lingkungan Danau Toba khususnya kepariwisataan Samosir. "Anda lihat sendiri bahwa air Danau Toba sangat bersih dan bening, pertanda lintah tidak mewabah di Danau Toba," ucapnya kepada Franjul Sianturi wartawan harian Analisa dan rekan media yang hadir.


Rapidin juga berharap sebagai bagian dari rangkaian Horas Samosir Fiesta (HSF), pelaksanaan kegiatan festival pasir putih yang baru kali pertama dilaksanakan ini, agar dikemas lebih baik lagi pada tahun tahun berikutnya dengan memperbanyak personil panortor (penari) supaya bisa masuk Museum Republik Indonesia (MURI). "Untuk tahun depan dengan acara yang sama agar lebih dikembangkan dan lebih bervariasi. Jangan terlambat mempromosikan sehingga pengunjung semakin banyak sehingga dan dapat memecahkan rekor," tambahnya.

Sementara itu, Ombang Siboro Kepala Dinas Pariwisata Samosir mengatakan, kegiatan ini melibatkan lima desa di kenegerian Parbaba dengan harapan mampu merevitalisasi budaya yang dapat dinikmati oleh wisatawan serta menghidupkan kembali beberapa pola budaya tradisional seperti upacara ritual adat dan pakaian dan pernak-pernik budaya lainnya.

Diperoleh informasi, bahwa pada acara malam penutupan di lokasi tampak hadir Mangindar Simbolon, mantan Bupati Samosir 2 periode. Kehadirannya bersama 30 orang Panitia pelaksana dan peserta Samosir Geopark Rides (SGR) 2017 dalam rangka menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada Bupati Samosir atas dukungannya dalam pelaksanaan SGR 2017 sejak tgl. 24-26 Maret 2017.

Samosir Geopark Rides 2017 adalah kegiatan bersepeda yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Magister Manajemen Universitas Sumatera Utara (IKA MM USU) yang diketuai Gus Irawan Pasaribu SE,Ak, Anggota DPR-RI. Mangindar Simbolon selaku Ketua Panitia SGR 2017 mendampingi Sekretaris IKA MM USU, Tarman Hartono menyerahkan plakat cendera mata kepada Bupati Samosir Rapidin Simbolon.

Saat penyerahan cinderamata plakat, Mangindar Simbolon mengatakan dukungan IKA MM USU untuk mengembangkan kepariwisataan di kawasan Danau Toba khususnya Samosir yang sejak awal menetapkan visinya dalam bidang pariwisata. “Itu makanya kami merancang bersepeda mengelilingi pusuk buhit lebih kurang 24 km pada pagi hari dan pada sore hari melintasi Kecamatan Harian di desa Sihotang, dengan ferry kecil menyeberang ke pulau Samosir menuju kota Pangururan, dan finish di hotel Sitiotio,” jelasnya.

“ Terimakasih kepada abang/kakak, teman-teman IKA MM USU yang memberi kepercayaan kepada Samosir sebagai tuan rumah SGR 2017, walaupun kami hanya 3 orang yang tinggal dan kerja di Samosir,” sebutnya pada pengurus yang datang dari Medan dan Jakarta. Selain Mangindar, alumni MM USU yang tinggal di Samosir adalah Melani Butarbutar, mantan Staf Ahli dan Kadis Dukcapil Samosir dan Mangihut Sinaga, masih aktif sebagai Asisten I Setdakab Samosir.

Kegiatan festival pasir putih ini berlangsung sehari penuh (25/3) dan pada malam harinya ditutup dengan resmi setelah mengumumkan hasil lomba dan pertandingan yang digelar sekaligus pemberian hadiah uang pembinaan. Pada acara pembukaan dan penutupan tampak hadir Ketua DPRD Samosir, Rismawati Simarmata dan Kapolres Samosir, AKBP Donald Simanjuntak.*)

Text FOTO. Acara manortor di bibir pantai Pasir Putih dalam perhelatan Festival Pasir Putih. foto/ist

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017oleh : Rohmah Sugiarti
16-Des-2017, 22:18 WIB


 
  Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama main dealer di 36 kota Indonesia gelar kembali Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki (KAWIR). KAWIR pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya diadakan pada tahun 2014 dan 2015 lalu. Kali ini
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 
KTP-El Tetap Berlaku Seumur Hidup 20 Jan 2018 07:58 WIB


 
 

 

 

 

 

 

 
 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia