KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA PARIWISATA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

Tentang Dia 21 Okt 2018 11:53 WIB


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB

 
 
PARIWISATA

Festival Danau Toba (FDT) 2017 Akan Berlangsung 4 Hari di Humbanghas
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 06-Des-2017, 17:04:55 WIB

KabarIndonesia - Festival Danau Toba (FDT) 2017 akan digelar selama 5 hari yakni tgl. 6 - 9 Desember 2017 di tiga lokasi yakni Sipinsur, Bakkara dan Doloksanggul, kabupaten Humbang Hasundutan. Kegiatan ini akan dibuka oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya dan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, ditargetkan mendatangkan 5.000 pengunjung wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Demikian diisampaikan rekan jurnalis Bernad Lumbangaol, wartatapanuli.com.

Tidak jauh beda dengan festival di tahun-tahun sebelumnya, berbagai kegiatan dan perlombaan juga mengisi FDT 2017 ini seperti seminar kebudayaan dan pariwisata dengan tema Danau Toba menjadi Pariwisata Taraf Internasional berbasis Geopark hingga lomba vocal grup, lomba lari lintas alam, lomba renang, lomba Dragon Boat dan lomba Ucok-Butet. Selain itu pada FDT 2017 ini juga akan dilaksanakan pameran tentang potensi-potensi daerah Provinsi Sumatera Utara, khususnya bidang kebudayaan dan kepariwisataan.

“FDT 2017 ini direncanakan akan dibuka oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya pada 7 Desember 2017 lusa,” terang Dosmar Banjarnahor, Bupati Humbang Hasundutan selaku tuan/nyonya rumah FDT 2017. Dijelaskannya bahwa, lokasi FDT tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kawasan Sipinsur dipilih karena pengunjung dapat melihat view Danau Toba dari sisi yang lain.

“Kelebihan lainnya, kawasan itu termasuk salah satu geosite dari geoarea Kaldera Toba. Sehingga penyelenggaraan FDT kali ini akan berbasis geopark,” ucapnya. "Tiga lokasi yang menjadi tempat perhelatan pariwisata ini menawarkan panorama alam yang sangat indah dan menakjubkan, dua diantaranya menawarkan view danau toba nan indah dan sejuk.

Informasi Panitia, bahwa di Bakkara nanti ada 3 kegiatan seperti lomba dragon boat dan lomba lari lintas alam, sedang di Sipinsur di puncak bukit pinggiran Danau Toba bakal disetting menjadi tempat acara pembukaan dan penutupan.

Selain itu, ada 10 kegiatan lainnya seperti tempat Finish Geopark Kaldera Toba, pameran ulos sepanjang 500 meter, defile kecamatan se-Kabupaten Humbang Hasundutan, defile Kabupaten dan Provinsi peserta FDT, parade gondang batak, kolaborasi musik etnik dan modern, paduan suara massal, pameran kuliner dan UMKM, lomba vokal group, penampilan artis ibukota dan pagelaran seni budaya Kabupaten/Provinsi.

Di Doloksanggul sebagai ibukota kabupaten akan menyelenggarakan kegiatan lainnya, seperti menjadi tempat host dinner, lomba paduan suara, pemilihan Ucok Butet Geopark dan lomba seruling. "Semuanya sudah dikemas dengan sangat menarik dan siap digelar,” tandas Dosmar pada pekerja media.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Humbahas Hotmaida Butarbutar menjelaskan detail berbagai kegiatan selama perhelatan FDT 2017.

Pada hari pertama Rabu (6/12) akan digelar Seminar Festival Danau Toba yang berlokasi di Pendopo Kantor Bupati Humbahas dengan peserta 100 orang. Gelar lomba vocal grup bertempat di open stage Sipinsur, kecamatan Paranginan dengan peserta berasal dari utusan Kabupaten/Kota se kawasan Danau Toba dan Sumut. Sedang pada malam harinya akan diisi dengan pentas seni budaya.

Pada hari kedua Kamis (7/12) akan digelar acara pembukaan di kompleks wisata Sipinsur. Dalam acara pembukaan ini akan digelar parade kontingen, pagelaran ‘Manghunti Tandok’ (seribuan ibu-ibu membawa tandok berisi beras di atas kepala). Kaum ibu yang ada di Kabupaten Humbahas berparade menuju lokasi acara pembukaan. Dilanjutkan dengan tarian massal 5 puak di Sumut.

”Sebelum acara pembukaan ada penyambutan tamu menuju Sipinsur dengan ulos terpanjang yang telah mendapatkan rekor MURI dan dikenakan oleh siswa siswi, dengan tujuan untuk menyosialisasikan penggunaan ulos,” terang Hotmaida, seraya menambahkan "Pada acara pembukaan akan dimeriahkan artis nasional".

Pada malam harinya, diselenggarakan host dinner di pendopo rumah dinas Bupati Humbahas. Sementara di lokasi Sipinsur (lokasi pembukaan) akan digelar band local dari Humbahas, dan pentas seni dari Kabupaten Karo, Labura, Sibolga, Samosir dan Humbahas.

Di hari ketiga Jumat (8/12), akan digelar berbagai lomba, seperti

Hari ketiga Jumat (8/12), akan digelar berbagai lomba, seperti lomba paduan suara yang bertempat di aula kantor Bupati Humbahas. Lomba seruling digelar di lokasi wisata Sipinsur tempat acara pembukaan, lomba renang yang digelar di perairan Danau Toba dan lomba Dragon Boat yang digelar di pantai bebas Bakkara, kecamatan Baktiraja.

Pada malam harinya, akan digelar hiburan rakyat yang menampilkan band dari Medan dan Jakarta, serta dimeriahkan dengan penampilan budaya dari Dairi, Samosir, Deli Serdang, Langkat dan Humbahas.

Pada hari terakhir (Sabtu 9/12), berlangsung penutupan dan penyerahan hadiah kepada pemenang dan hiburan artis. Penutupan ini direncanakan akan dilakukan oleh Gubernur Sumut Dr.H.T.Erry Nuradi, MSi. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB


 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia