KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalLowongan Kerja PT.Indomaret 2021 oleh : Danny Melani Butarbutar
12-Feb-2021, 00:57 WIB


 
  KabarIndonesia – Jakarta, 💳 Lowongan Kerja PT.Indomaret Resmi Dibuka. Dapatkan pekerjaan dari PT.Indomaret lewat program COVID19. Segera mendaftar pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Bantuan akan dikirimkan setiap
selengkapnya....


 


 
BERITA PARIWISATA LAINNYA



 
BERITA LAINNYA
 

 

 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB


 
BERITA LAINNYA
 

 
 
 
PARIWISATA

Enam Rekomendasi Unesco Atas Keanggotaan Kaldera Toba Menjadi Tugas Utama Badan Pengelola Toba Caldera UGGp (BP-TC UGGp)
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 01-Feb-2021, 06:48:26 WIB

KabarIndonesia - Parapat, Geopark Kaldera Toba (GKT) lazim dikenal sebagai kawasan Danau Toba, telah ditetapkan sebagai bagian dari UGG dalam sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris pada 7 Juli 2020 yang lalu.

Merespon ditetapkannya GKT sebagai anggota Unesco Global Geopark (UGGp) maka Pemerintah Indonesia khususnya pemerintah provinsi Sumatera Utara berkewajiban dan harus siap menjalankan enam rekomendasi UNESCO.

"Dengan masuknya danau vulkanik terbesar di dunia itu ( red. Danau Toba) menjadi bagian dari UGGp maka akan menjadi pintu baru pengembangan Danau Toba. Jadi enam rekomendasi UNESCO itu harus dijalankan," ujar General Manager BP GKT Hidayati di Medan, Kamis (9/7/2020).

Adapun enam rekomendasi Unesco dalam penetapan GKT sebagai Global Geopark selama empat tahun, yakni sebagai berikut:

1. Mengembangkan hubungan antara warisan geologis dan warisan teritorial lainnya seperti biotik alami, budaya, tidak berwujud melalui interpretasi, pendidikan dan wisata. Termasuk melatih pemandu lokal, pariwisata, operator dan masyarakat setempat, dan lainnya. Kemudian tentang tautan/keterpaduan antara geologi dan ekologi untuk diaktifkan buat berbagi pengetahuan dengan pengunjung.
2. Mengembangkan strategi kemitraan yang mencakup metodologi dan kriteria yang jelas untuk menjadi mitra. Hal itu berlaku untuk akomodasi, katering, penyedia transportasi, penyedia aktivitas dan produsen produk lokal.
3. Memperkuat keterlibatan dalam aktivitas Global Geoparks Network dan Asia Pasifik Jaringan Geoparks untuk mempromosikan nilai internasional wilayah melalui kemitraan dengan Global Geoparks di bawah payung Global Geoparks UNESCO.
4. Mengembangkan strategi pendidikan dengan bekerja dalam kemitraan dengan UNESCO Global Geopark lainnya.
5. Meningkatkan strategi dan kegiatan pendidikan untuk memfasilitasi mitigasi bahaya alam dan perubahan iklim di sekolah-sekolah dan untuk populasi lokal.
6. Memperkuat keterlibatan UNESCO Global Geopark dalam studi penelitian, konservasi dan promosi penduduk asli setempat dan budaya serta bahasa mereka.

"Enam rekomendasi inilah yang akan kita pedomani dalam merancang program dan kegiatan pengelolaan Caldera Toba Unesco Global Geopark (CT UGGp) selama empat tahun ke depan. Dalam hal ini di Sumatera Utara, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menjadi leading sector (red. Pariwisata berbasis Geopark)," kata Ketua Badan Pengelola CT UGGp Ria Novida Telaumbanua didampingi Ketua Harian Mangindar Simbolon pada dua hari rapat kerja Badan Pengelola (BP TC UGGp) di Parapat, pada 28-29 Januari 2021.

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2009 tentang Pengembangan Taman Bum (Geopark), pada Bagian Kelima, Pasal 13 disebutkan bahwa Pengelola Geopark ditetapkan oleh Pemerintah Daerah (Provinsi/Kabupaten/Kota).

Dengan demikian, karena Geopark Kaldera Toba atau Kawasan Danau Toba berada di 8 Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara, maka Gubernur Sumatera Utara telah membentuk Badan Pengelola Caldera Toba Unesco Global Geopark (BP-CT UGGp) melalui Peraturan Gubernur Nomor 48 Tahun 2020 dan Penetapan Personil Badan Pengelola dengan SK Gubernur Sumatera Utara Nomor 188.44/630KPTS/2020.

Struktur Badan Pengelola CT UGGp ini diisi dengan Dewan Penasehat,Dewan Pengarah, Ketua dan Ketua Harian, Sekretariat, Koordinator Bidang dan 16 Pengelola Geosita, artinya terjadi perubahan dalam struktur badan sebelumnya yang menggunakan nomenklatur General Manajer, Manajer Geoarea dan seterusnya.

Pada struktur baru ini Pengelola Geosite diharapkan menjadi ujung tombak pelaksana pengembangan dan pembangunan di kawasan geosite secara terpadu dan sinergis terutama membangun kerjasama dengan pemangku kepentingan. (Penulis Melani Butarbutar, Pengelola Geosite Ambarita-Tuktuk-Tomok)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Hacker ClanX12 15 Jan 2021 06:38 WIB

 

 
Kenaikan Cukai Rokok Ditunda 04 Nov 2020 00:50 WIB

 

 

 
 
 

 
 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia