KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalWUPID - 2017 Ajang Debat Menantang! oleh : Johanes Krisnomo
20-Okt-2017, 16:38 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, 20 Oktober 2017 - Gaduhnya para mahasiswa saat istirahat makan siang, mengikuti ajang debat WUPID - 2017, tak sejalan dengan keseriusannya berkompetisi. Mereka berdebat mempertahankan argumentasinya, baik pro dan kontra, berdasarkan data akurat dan pola pikir kritis.
selengkapnya....


 


 
BERITA PARIWISATA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sabar dan Syukur 12 Okt 2017 01:07 WIB

Di Padepokan Om Jin 12 Okt 2017 01:06 WIB


 
BERITA LAINNYA
 
"Tangisan" Ridho Irama 12 Okt 2017 10:00 WIB


 

 
 
PARIWISATA

Balige Siapkan Pesona Danau Toba Untuk Dinikmati Peserta Toba Cross Run 2017
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 08-Okt-2017, 14:47:41 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Pelaksanaan kompetisi lari skala internasional dalam even Toba Cross Run tinggal beberapa hari lagi. Seperti diberitakan berbagai media dan relis Kemenbudpar, event sport tourism Toba Cross Run (TCR) akan digelar Sabtu, 28 Oktober 2017. Para peserta akan melintasi 3 kabupaten di pinggiran Danau Toba, sambil menikmati pesona keindahan danau kaldera terbesar di dunia.

Kompetisi lari berskala internasional ini memiliki tiga kategori lari dengan start yang berbeda dengan garis finish yang sama, yaitu di Taman Sipinsur. TCR 2017 melibatkan tiga kabupaten sebagai jalur lintasannya yakni Toba Samosir, Tapanuli Utara dan Humbang Hasundutan.
Kota Balige di kabupaten Tobasa menjadi salah satu titik start peserta untuk rute terpanjang 55K Toba Cross Run 2017. "Titik start di kota Balige berada di salah satu gereja tertua yang semua material bangunannnya terbuat dari kayu. Bentuk bangunan gereja yang unik dan klasik bisa menjadi spot berfoto yang indah untuk peserta sambil menikmati pengalaman bermalam di camping ground (berkemah) di kawasan halaman gereja seluas 1,5 hektar menghadap langsung ke perbukitan kawasan Balige," jelas Lexi Rohi selaku Ketua Pelaksana Toba Cross Run 2017, Jumat (29/9).

Kecamatan Balige terletak di tepi danau Toba dan berada sekitar 905-1.200 meter di atas permukaan laut. Balige sendiri merupakan kota yang mempunyai banyak nilai sejarah bagi masyarakat di pesisir danau Toba. Selain itu di Balige juga terdapat museum Batak T.B Silalahi yang memiliki banyak koleksi budaya Batak yang terawat hingga saat ini. Lexi mengatakan, peserta dan keluarga bisa mampir di pasar tradisional Balige dan membeli oleh-oleh kain tenun Ulos khas Sumatera Utara dengan harga terjangkau.

“Kami telah merancang Toba Cross Run 2017 sebaik mungkin agar peserta lari dapat merasakan keindahan perbukitan Toba dengan aman dan nyaman. Peserta akan mendapatkan pengalaman berlari bernuansa alam yang bersih dan sejuk, tentu saja dengan latar belakang keindahan Danau Toba. Selain itu juga bisa berbelanja kerajinan khas Sumatera Utara seperti kain ulos dan sebagainya,” kata Lexi.

Sementara itu Bupati kabupaten Toba Samosir Darwin Siagian mengungkapkan, perbukitan kawasan Balige selama ini sering dilewatkan begitu saja oleh wisatawan yang ingin menikmati Danau Toba dari ketinggian. Padahal, hamparan sawah yang membentang hijau di Balige tampak seperti pemandangan di Ubud, Bali. "Kami berharap, melalui Toba Cross Run ini, perbukitan kawasan Balige jadi dikenal dan menjadi destinasi wisata tersendiri mendukung Danau Toba," ujar Darwin.

Melalui event internasional Toba Cross Run, lanjut Darwin, peserta tidak hanya bisa berolahraga lintas alam saja namun, kekayaan budaya dan kuliner khas Balige menjadi salah satu edukasi pariwisata baru untuk wisatawan khususnya para peserta Toba Cross Run 2017. Sambil menikmati pemandangan Danau Toba dari sisi lain di kota Balige, tidak ada salahnya menikmati kuliner khas daerah Balige. "Salah satu yang menjadi andalan adalah 'mie gomak' yang juga bisa dibeli di pasar Balige. Para peserta bisa menikmati beberapa olahan macam ikan air tawar yang berasal dari danau Toba dengan bumbu khas kota Balige," tutur Darwin Siagian.
Dia menambahkan, akses untuk dapat sampai di Balige sekarang bisa dilakukan dengan cepat. Bandara Silangit yang sudah beroperasi penuh memudahkan peserta Toba Cross Run dan wisatawan dalam maupun luar negeri, untuk mencapai Balige. "Tidak perlu ragu untuk mengunjungi Danau Toba maupun ikut serta dalam Toba Cross Run, karena akses menuju Danau Toba jalanan sudah diaspal dan penerbangan bisa langsung ke Bandara Silangit, penginapan di daerah Balige juga tersedia lengkap dengan fasilitasnya," pungkas Darwin. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
WUPID - 2017 Berfoto Bersamaoleh : Johanes Krisnomo
20-Okt-2017, 00:06 WIB


 
  WUPID - 2017 Berfoto Bersama Para peserta, juri dan panitia WUPID Indonesia 2017, Jakarta (14-15/10/17), berfoto bersama di akhir acara. Dua dari 30 tim (berhak mewakili Indonesia di QUIP WUPID (World Universities Peace Invitational Debate) Global 2017, Malaysia (8-12/12/17). Aldwin & Ibrahim - Universitas
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Ekspedisi NKRI Gelar Nikah Massal 20 Okt 2017 05:37 WIB

Skenario Menjatuhkan TNI 19 Okt 2017 00:54 WIB

 
Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi JK 20 Okt 2017 15:13 WIB


 

 

 

 

 
Pimpinan Redaksi HOKI 2017 09 Okt 2017 20:02 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia